Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Kepuasan Pelanggan di Nusantara Bistro & Bar Mercure Hotel Pantai Indah Kapuk (PIK)
Abstract
Tujuan penelitian ini membahas mengenai bagaimana proses pendekatan dalam mengelola hubungan dengan pelanggan di Nusantara Bistro & Bar Mercure Hotel Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Pendekatan penelitian ini adalah dengan metode kuantitatif dengan teknik mengumpulkan data yaitu melakukan observasi, wawancara dan kuesioner yang mendalam dengan narasumber yaitu pelanggan yang mengunjungi Nusantara Bistro & Bar. Hasil penelitian nilai t berdasarkan tingkat signifikansi pada variabel Customer Relationship Management dengan indikator komunikasi 0,014 lebih kecil (<) dari 0,05 dan indikator kualitas pelayanan 0,000 lebih kecil (<) dari 0,05, yang berarti adanya pengaruh secara signifikan antara indikator komunikasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan Nilai t berdasarkan tingkat signifikansi pada variabel Customer Relationship Management dengan indikator komitmen 0,062 lebih besar (>) dari 0,05, yang berarti tidak adanya pengaruh secara signifikan antara indikator komitmen terhadap kepuasan pelanggan. Kesimpulan bahwa Customer Relationship Management (CRM) memiliki peran penting, namun masih terdapat kekurangan yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Dengan metode kuantitatif deskriptif dan sampel 99 responden, hasil analisis menggunakan SPSS menunjukkan bahwa komunikasi dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan komitmen tidak memiliki pengaruh signifikan karena kurangnya profesionalisme karyawan.
Kata Kunci: Customer Relationship Management, Kepuasan Pelanggan, Nusantara Bistro & Bar.
References
Bintarto, A., Nurwati, E., & Kristiadi, A. A. (2021). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Hotel. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(1), 1322-1338. https://doi.org/10.31955/mea.v5i1.1026
Cessy Trifiya. (2019). Pengaruh Komitmen, Kepercayaan, Kualitas, Pelayanan dan Komunikasi Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT BPR Dana Nusantara Cabang Nagoya Di Kota Batam . Universitas Putera Batam. http://repository.upbatam.ac.id/5311/
Kharusma, D, Simatupang, S., Hutagalung, H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada UD. Restu Mulia Pandan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi Medan, 5(1). https://doi.org/10.47709/jumansi.v5i1.2210
Pratiwi, A. R., & Dermawan, D. A. (2021). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi Pelanggan ShopeePay pada Aplikasi Shopee di Kota Surabaya). Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 2(3), 87–93. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/41813
Setyaleksana, B. Y., Suharyono, S., Yulianto, E. (2017). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, 46(1). https://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1781
Siregar, D. N. P., Cahyani, ., Chaniago, A. U. (2020). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Loyalitas Pengguna Irian Card (I-Card) Pada Irian Dept Store & Supermarket Medan Marelan. Jurnal Sains Manajemen Informatika Dan Komputer, 19(1). https://doi.org/10.53513/jis.v19i1.221
Sudibyo, F. T., & Rachmawati, I. (2023). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Customer Loyalty Melalui Customer Satisfaction Pada Raindear Coffee & Kitchen Bogor. eProceedings of Management, 10(2). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/download/19768/19133
Widhi, M. K., Ngatno, N., & Farida, N. (2023). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Customer Loyalty dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening pada Jasa Service PT Nasmoco Siliwangi Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(2), 611-619. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/38341
Widyana, S. F., Firmansyah, H. (2021). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Sepatu Converse. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 11(1). https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/promark/article/view/1321a
Copyright (c) 2024 Finisya Norvina, Vishnuvardhana S. Soeprapto B.A., M.A.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.