Daya Tarik Festival Buku di Beberapa Kota di Indonesia (The Big Bad Wolf Books): Analisis Studi Literasi

  • Durroh Nafisah Universitas Airlangga
  • Bambang Suharto Universitas Airlangga

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meninjau literatur tentang praktik festival berkelanjutan dan mendiskusikan daya tarik sebuah festival literasi, yang dalam bab ini membahas festival Big Bad Wolf Books yang sering diselenggarakan di beberapa kota besar di Indonesia, juga menganalisis dampak dari festival literasi, khususnya festival BBW. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa festival literasi Big Bad Wolf (BBW) yang diselenggarakan di Indonesia memiliki daya tarik dalam hal apa yang bisa dilihat, apa yang bisa dilakukan, apa yang bisa dibeli, bagaimana cara datang, dan cara menginap. Festival BBW juga memiliki dampak terhadap lingkungan, sosial, dan ekonomi di setiap daerah. Ini membuktikan bahwa festival BBW diklasifikasikan sebagai festival yang berkelanjutan karena memenuhi tiga aspek dari festival yang berkelanjutan. Interpretasi terpilih tentang keberlanjutan dalam konteks ini dikutip, dan arahan untuk penelitian masa depan juga direkomendasikan. Kesimpulan menunjukkan peningkatan kualitas layanan yang signifikan melalui konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Hasil uji servqual menunjukkan keberhasilan penerapan ini, meskipun pengurangan penggunaan listrik di lobi masih perlu ditingkatkan menurut analisis IPA. Responsivitas staf dalam menangani keluhan tamu dinilai sangat baik dan perlu dipertahankan. Beberapa praktik, seperti penggunaan sedotan stainless steel dan iPad untuk mengurangi kertas, dinilai baik namun dianggap berlebihan oleh responden. Secara keseluruhan, penerapan praktik ramah lingkungan memberikan dampak positif terhadap kualitas layanan.

Kata Kunci: Atraksi Festival, Festival Lestari, Festival Literasi.

 

References

Bhagabati, D. S. (2021). Dancing by the Juniper: Notes from the performative space of the Brokpa’s cultural enactment. Asian Journal of Social Science, 49(2), 109–119. https://doi.org/10.1016/j.ajss.2021.01.002

Hendro, F., Setiawan, T., & Setiawati, D. (2021). Mempertahankan Eksistensi Tradisi Tungguk Tembakau melalui Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 19(1), 78. https://doi.org/10.31315/jik.v19i1.3918

Lopes, R., & Hiray, A. (2024). Impacts Of Cultural Events And Festivals On Cultural Tourism. Special Issue For "Recent Trends In Computer Science and Applications, Commerce and Management". 45(S4). https://doi.org/10.53555/jaz.v45iS4.4177

Mony, R., & Prasetyo, H. (2024). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Media Sosial Dan Nilai Terhadap Minat Berkunjung Ke Desa Wisata Hutan Mangrove Kulon Progo Yogyakarta. Journal of Economics, Business, Accounting and Management, 2(1), 51–79. https://doi.org/10.61476/spvxg605

Pardede, D. W., Sitepu, Y. K. S., Juni, R., Sitio, T., Silalahi, M., & Simbolon, R. (2023). Partisipasi Kelompok Sadar Wisata Dalam Pengembangan Desa Wisata Meat Kecamatan Tampahan Kabupaten Toba. Jurnal Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 1(4), 159–171. https://doi.org/10.59581/jmpp-widyakarya.v1i4.1469

Suharto, B., & Jamali, M. (2023). Sustainable Festival Practices: Addressing Community Issues And Promoting Wellbeing. Journal of Law and Sustainable Development, 11(12), e2316. https://doi.org/10.55908/sdgs.v11i12.2316

Jaelani, A. (2020). Sustainable Events And Festivals In Cirebon Indonesia In Islamic Marketing Perspective. Rosa dos Ventos Turismo e Hospitalidade. 12(4). 811-839 http://dx.doi.org/10.18226/21789061.v12i4p811

Monakhova, M. (2020). Sustainable Events And Festivals In Cirebon Indonesia In Islamic Marketing Perspective. Thesis. University Of Northern Iowa University Of Northern Iowa.

Richards, G. & Londoño, M.D.P.L. (2022). Festival Cities and Tourism: Challenges and Prospects. Journal of Policy Research In Tourism, Leisure And Events. 14(3). 219–228. https://doi.org/10.1080/19407963.2022.2087664

Rossetti, G. & Quinn, B. (2019). Learning at Literary Festivals Learning at Literary Festivals. Technological University Dublin.

Sari, D. K. (2019). Kampanye Sosial Red Readerhood 2019 Untuk Meningkatkan Minat Baca Anak. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 18(1), 81-103. https://doi.org/10.14710/jspi.v18i1.81-103
Published
2024-10-06
Abstract viewed = 3 times
PDF downloaded = 3 times