Pengaruh Amenities, dan Responsiveness Museum sebagai Destinasi Wisata dan Edukasi terhadap Kepuasan Pengunjung pada Museum Tekstil
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur amenities dan juga responsiveness yang dimiliki oleh Museum Tekstil dapat berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengunjung terutama pada pengunjung yang berada di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan penyebaran kuesioner. Jumlah responden sebesar 100 responden yang mengunjungi dan membeli tiket Museum Tekstil. Hasil penelitian menunjukkan pada data amenities dan resposiveness dikatakan normal, dan adapun kepuasan pengunjung saat berkunjung ke Museum Tekstil dipengaruhi oleh amenities dan resposiveness yaitu sebesar 73,7%, dan sisanya yaitu 26,3% dipengaruhi oleh variabel lain. Terdapat pula pada hasil uji T parsial yang dimana pada variabel amenities memiliki nilai sebesar 8.071 > 1.985 dan sig 0.000 < 0.05 dan pada variabel resposiveness memiliki nilai sebesar 9.317 > 1.985 dan sig 0.000 < 0.05, sehingga dinyatakan variabel amenities dan resposiveness berpengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan pengunjung, serta hasil uji F simultan yang dimana memiliki nilai sebesar 137.172 > 3.939 dan sig 0.000 < 0.05 yang berarti secara bersamaan atau simultan bahwa variabel amenities dan resposiveness berpengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Simpulan penelitian bahwa Museum Tekstil adalah objek wisata yang berlokasi di DKI Jakarta, menawarkan berbagai jenis wisata, termasuk wisata rekreasi, wisata budaya, wisata olahraga, wisata bisnis, dan wisata konvensi. Museum Tekstil menyediakan amenitas dan daya tanggap bagi pengunjung, sehingga mereka dapat menikmati kunjungan mereka.
Kata Kunci: Amenities, Kepuasan Pengunjung, Resposiveness.
References
Amruddin, A., Priyanda , R., Agustina, T. S., Ariantini, N. S., Rsumayani, N. G. A. L., Aslindar, D. A., Ningsih, K. P., Wulandari, S., Putranto, P.,Yuniati, I., Untari, I., Mujiani, S, Wicaksiono, D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Pradina Pustaka. Sukoharjo.
Andany, M. M., Puspadewi, R. N. M. S. (2023). Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Museum Tekstil Jakarta. Jurnal Salome: Multidisipliner Keilmuan, 1(4), 255–263. https://salome.joln.org/index.php/4/article/view/31
Angelica, G., & Imam Ardiansyah. (2023). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Revisit Intention di Museum Wayang Kawasan Kota Tua Jakarta. Jurnal Pariwisata Indonesia, 5(2). https://journal.uib.ac.id/index.php/altasia/article/view/7855
Apriliana, A., & Sukaris, S. (2022). Analisa Kualitas Layanan Pada CV. Singoyudho Nusantara. Jurnal Maneksi (Manajemen Ekonomi dan Akuntansi, 11(2). https://doi.org/10.31959/jm.v11i2.1246
Auliani, V., Suhartono, S. (2022) Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Reputasi Kantor Akuntan Publik (KAP) Terhadap Audit Delay Pada Perusahaan Properti dan Real Estat Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta. http://eprints.kwikkiangie.ac.id/3958/
Bagus Gede Udiyana, I., & Kepramareni, P. (2018). Pendekatan Dimensi Kualitas Pelayanan, Daya Tarik Wisata, Fasilitas, Biaya Perjalanan Dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kunjungan Wisatawan Pada Obyek Wisata Pantai Plengkung Di Kabupaten Banyuwangi Propinsi Jawa Timur (Upaya Pemberdayaan Pengusaha Lokal Sektor Pariwisata). Jurnal Krisna: Kumpulan Riset Akuntansi, 10(1), 1–13. https://doi.org/10.22225/kr.10.1.844.96-102
Bothy, D., Rahmadi, A. N., & Nunung, S. (2021). Pengaruh Attraction, Accesibility, Amenity Dan Ancillary Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Kawasan Wisata Besuki Kediri. Conference on Economic and Business Innovation (CEBI), 1(1), 498–508. Retrieved from https://jurnal.widyagama.ac.id/index.php/cebi/article/view/130
BPS. (2022). Jumlah Pengunjung Museum Menurut Jenis Museum di Provinsi DKI Jakarta 2019-2021. https://jakarta.bps.go.id/id/statistics-table/2/NjUxIzI=/jumlah-pengunjung-museum-menurut-jenis-museum-di-provinsi-dki-jakarta.html
Darojat, I., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2021). Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Citra Raya Water World). Dynamic Management Journal. 5(1). http://dx.doi.org/10.31000/dmj.v5i1.4101
Dayrobi, A., & Raharjo, S. T. (2020). Pengaruh Citra, Daya Tarik, Kualitas Pelayanan Obyek Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung dan Kepuasan Wisatawan Eling Bening Kabupaten Semarang. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 19(2), 92-106. https://doi.org/10.14710/jspi.v19i2.92-106
Emilda, W., Dewi, Y. I. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Pengadilan Negeri Bale Bandung Kelas 1a. Skripsi (S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung. https://repository.unpas.ac.id/61294/
Ernandi, V. (2022) Pengaruh Kegiatan Public Relations Suara Merdeka Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Kota Semarang. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang. https://repository.unika.ac.id/30602/
Gunawan, I. (2019). Pengaruh Daya Tanggap Dan Kinerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Kecamatan Metro Kibang Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Simplex. 2(1). https://fe.ummetro.ac.id/ejournal/index.php/JS/article/view/329
Hamid, R., Radji, D. L., Ismail, Y. L., Manajemen, M. J., & Gorontalo, U. N. (2020). Pengaruh Empathy dan Responsiveness Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pelanggan. Oikos Nomos Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis. 13(1):27-38. http://dx.doi.org/10.37479/jkeb.v13i1.7105
Handayati, N. (2020) Pengaruh Citra Destinasi Dan Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Wisatawan Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pantai Mutun. Skripsi thesis, IIB Darmajaya. http://repo.darmajaya.ac.id/3188/
Ketut, I. S., & Widyatmaja, I. G. N. (2017). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Pustaka Larasan. Denpasar
Krisnadi, R, A., & Natalia, D. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Kunjungan Wisatawan Berdasarkan Komponen Destinasi Wisata di Kawasan Kuliner, Pasar Lama Tangerang. Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 2(1). https://ojs.stiami.ac.id/index.php/DESTINESIA/article/view/1069/582
Kurniasih, N. (2022). Analisis Daya Tarik Wisata Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka Di Nagari Sungai Batang Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam 17(1). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jhet
Kusnandar, K. S. (2023) Pengaruh Employer Branding Dan E-Recruitment Terhadap Minat Melamar Pekerjaan Mahasiswa Angkatan 2019 Program Studi Manajemen Universitas Katolik Soegijapranata. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang. https://repository.unika.ac.id/31952/
Lieana, V., Fuad, M. (2020) Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Dunkin’ Donuts di Wilayah Kelapa Gading Jakarta Utara. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta. http://eprints.kwikkiangie.ac.id/971/
Mauldy, I. (2020) Pengaruh Retailing Mix Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Alfamart Matraman Raya 3 Jakarta Timur). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta. http://repository.stei.ac.id/1667/
Pinky, R. K. (2018) Tinjauan Yuridis terhadap Pemenuhan Hak Hak Aksesibilitas dan Pelayanan Publik bagi Kaum Disabilitas Berdasarkan Undang Undang Nomor 8 Tahun 2016 di Kota Batam (Studi Kasus di Disdukcapil dan BPJS Batam). Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam. https://repository.uib.ac.id/1138/
Prisnandika, L. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Islam Banjarnegara (Studi Pada Pasien BPJS dan Non BPJS). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto. https://repository.ump.ac.id/9757/
Priyanto, P. (2021). DAYA TARIK DESTINASI PARIWISATA BUDAYA STUDI KASUS MUSEUM BAHARI JAKARTA. MEdia Bahasa, Sastra dan budaya. 27(1). https://doi.org/10.33751/wahana.v27i1.4124
Rahmadhani, A., Eka, S., S., and Purnomo, A,. Rochmat, R. (2021) Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan, Jumlah UMKM, Dan Atraksi Wisata Terhadap Pendapatan Pelaku Usaha Di Sekitar Obyek Wisata (Studi Pada Perayaan Larung Sesaji Telaga Sarangan Kabupaten Magetan). Skripsi (S1) Thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. http://eprints.umpo.ac.id/6916/
Riyadin. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Keluarga Berencana Di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur (Studi Kasus Pada Desa Pekalongan). Jurnal Simplex, 2(1), https://fe.ummetro.ac.id/ejournal/index.php/JS/article/view/330
Septiana, D. A., Sarjanti, E., & Sutomo. (2023). Pengaruh Daya Tarik, Pelayanan Dan Jarak Terhadap Kepuasan Wisatawan Pantai Tanjung Pakis Kabupaten Karawang. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(9), 4290–4300. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/13230
Copyright (c) 2024 Samantha Anggun Alexandria, Dewanta Facrureza
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.