Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata terhadap Kepuasan Pengunjung di Museum Hakka Indonesia TMII

  • Aldo Tumewu Universitas Bunda Mulia
  • Prayogo Susanto Universitas Bunda Mulia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Daya Tarik Wisata terhadap Kepuasan Pengunjung di Museum Hakka Indonesia TMII. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan secara kuantitatif. Total sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Google Form dan data tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil Uji F, diketahui bahwa variabel daya tarik wisata secara simultan memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Berdasarkan hasil Uji R2, diperoleh nilai sebesar 25% terhadap variabel Kepuasan Pengunjung (Y), sedangkan 75% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan bahwa daya tarik wisata di Museum Hakka Indonesia TMII, yang meliputi enam dimensi utama, memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Dimensi Attraction (36,7%), Accommodation (24,8%), Amenities (19,1%), Accessibility (23,6%), Activities (35,6%), dan Ancillary Services (41,3%) masing-masing berkontribusi terhadap kepuasan pengunjung. Secara simultan, variabel daya tarik wisata (Attraction, Accommodation, Amenities, Accessibility, Activities, dan Ancillary Services) berpengaruh positif terhadap kepuasan pengunjung di Museum Hakka Indonesia TMII.

Kata Kunci: Daya Tarik Wisata, Kepuasan Pengunjung, Museum Hakka Indonesia TMII, Pariwisata Budaya.

References

Abdou, A. H., Hassan, T. H., & Dief, M. M. El. (2020). A Description of Green Hotel Practices and Their Role in Achieving Sustainable Development. Sustainability (Switzerland), 12(22), 1–21. https://doi.org/10.3390/su12229624

Armansyah, A., Rahmanelli, R., & Hermon, D. (2019). Analisis Potensi Objek Wisata Taman Rekreasi Muko-Mukodi Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Jurnal Buana, 3(5):982 http://dx.doi.org/10.24036/student.v3i5.610

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2022). Hasil Sensus Penduduk 2020. demakkab.bps.go.id. Retrieved April 29, 2024, from https://demakkab.bps.go.id/news/2021/01/21/67/hasil-sensus-penduduk- 2020.html

Benty, D. D. N., Gunawan, I., Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., Sari, D. N., Pratiwi, F. D., Ningsih, S. O., & Hui, L. K. (2020). Validitas dan Reliabelitas Angket Gaya Kepemimpinan Mahasiswa. Jurnal Administrasi Dan Manajemen. 3(3). https://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/15516

Damanik, D., Nasrullah, Purba, B., SN, A., Abdillah, D., Raditya, Salim, M. N., Hamidah, S., Rusata, T., Faried, A. I. (2022). Ekonomi Pariwisata: Konsep, Pamasaran dan Pembangunan. Yayasan Kita Menulis. Jakarta.

Fitriana, R., & Sarmadi, K. A. (2019). Pengaruh Daya Tarik Taman Potret Terhadap Kepuasan Wisatawan. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 3(3). https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/687

Hardi, F., & Harjanti, D. (2021). Pengaruh Harga, Store Atmosphere, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Salon Mei-Mei Makassar. AGORA, 9(2). https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/11744

Hidayat, M. S. (2020). Bisman (Bisnis & Manajemen): The Journal Of Business and Management Pengaruh Harga dan Store Atmosphere terhadap Kepuasan Konsumen pada Café Dreamblack Coffee Mojokerto. Bisman: Bisnis dan Manajemen: The Journal of Business and Management. 3(2). https://doi.org/10.37112/bisman.v3i2.796

Hulukati, W., & Djibran, Moh. R. (2018). Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Bikotetik, 2(1), 73–114. http://dx.doi.org/10.26740/bikotetik.v2n1.p73-80

Intan, P. (2022, Desember 10). travel.detik.com. Wisata Jakarta Terus Dibenahi, Kini Dikembangkan Wisata Urban. https://travel.detik.com/travel-news/d-6454354/wisata-jakarta-terus-dibenahi-kini-dikembangkan-wisata-urban

Ismail, T., & Rohman, F. (2019). The Role of Attraction, Accessibility, Amenities, and Ancillary on Visitor Satisfaction and Visitor Attitudinal Loyalty of Gili Ketapang Beach. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 12(2). https://doi.org/10.20473/jmtt.v12i2.14423

Juliansyah, N. (2016). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah (7th ed.). Prenada Media. Jakarta

Karimah, S., & Hastuti, H. (2019). The Development Strategy Of Lake Kelimutu Tourist Attraction In Ende Regency. Geosfera Indonesia, 4(2), 188-200. doi:10.19184/geosi.v4i2.9222

Kawatu, V. S., Mandey, S. L., & Lintong, D. C. A. (2020). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Niat Kunjungan Ulang dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Tempat Wisata Bukit Kasih Kanonang. Jurnal EMBA, 8(3), 400–410. https://doi.org/10.35794/emba.v8i3.30221

Kosho, P. P., Hehanussa, D. J. A., & Salamor, Y. B. (2021). Perlindungan Hukum Bagi Transgender Sebagai Warga Binaan Pemasyarakatan. TATOHI Jurnal Ilmu Hukum, 1(6), 609–617. https://doi.org/10.47268/tatohi.v1i6.644

Kotler, P., Keller, K. L., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2019). Marketing Management 4th European edition. www.pearson.com/uk

Natalia, C. Y., Karini, N., & Mahadewi, N. (2020). Pengaruh Aksesibilitas dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan ke Broken Beach dan Angel’s Billabong. Jurnal IPTA, 8(1). http://dx.doi.org/10.24843/IPTA.2020.v08.i01.p02

Nurtanio, T. L., & Ginting, Y. T. (2022). Hubungan Daya Tarik Wisata Dengan Minat Berkunjung Wisatawan Ke Museum Multatuli, Banten. Jurnal Pesona Hospitality, 15(1). https://jurnal.pertiwi.ac.id/index.php/pesonahospitality/article/download/23/13

Pitana, I. G., & Diarta, I. K. S. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata (1st ed.). Penerbit Andi Offset. Yogyakarta

Roflin, E., Liberty, I. A., & Pariyana. (2021). Populasi, Sampel, Variabel dalam Penelitian Kedokteran (Moh. Nasrudin, Ed.; 1st ed.). PT. Nasya Expanding Management. Pekalongan.

Rosita, R., Marhanah, S., & Wahadi, W. H. (2016). Pengaruh Fasilitas Wisata dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 13(1). https://doi.org/10.17509/jurel.v13i1.2134

Salasa, M. Y. F. (2018). Analisis Pengaruh Attraction, Accessibility, Amenities, dan Ancillary Terhadap Kepuasan Wisatawan Pantai Tiga Warna Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 7(1). https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/5321

Salim, M. N. M., Mulyani, I. D., & Khojin, N. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Pada Wisata Hutan Mangrove Kaliwingi Brebes. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 2(4), 113–126. https://doi.org/10.56910/gemilang.v2i4.156

Setyawan, A. D. (2019). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Harga Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawann Pada Objek Wisata Coban Rais. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. https://repository.ub.ac.id/id/eprint/174762/

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods) (10th ed.). Alfabeta. Bandung

Sunaryo, B. (2013). Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia (1st ed.). Gava Media. Yogyakarta

Tiara, D. P., & Vivaldy, I. (2023). Analisis Strategi Pengembangan Digital Tourism Sebagai Promosi Pariwisata. Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 19(1), 10–23. https://doi.org/10.56910/gemawisata.v19i1.262

Wicaksana, Y. D. B., & Prijati. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan Rolag Prapanca Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 9(6). https://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/3076
Widi, S. (2022, Desember 28). Pendapatan Devisa Pariwisata Indonesia Melejit pada 2022. Dataindonesia.id. diakses dari: https://dataindonesia.id/pariwisata/detail/pendapatan-devisa-pariwisata-indonesia-melejit-pada-2022

Wilda, N. (2021). The Influence of Price and Store Atmosphere on Cafe Customer Satisfaction in Bengkalis (Case Study at Bikin Betah Cafe). Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis. 1(2), 33–38. https://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/ibimk/article/view/2238

World Tourism Organization. (2023). Glossary of tourism terms. UNWTO. Retrieved April 5, 2024, from https://www.unwto.org/glossary-tourism-terms

Wulandari, C., & Efendi, D. (2022). Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 11(6). https://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/4649

Zheng, W., Ji, H., Lin, C., Wang, W., & Yu, B. (2020). Using a Heuristic Approach to Design Personalized Urban Tourism Itineraries with Hotel Selection. Tourism Management, 76, 103956. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2019.103956

Zulmi, B. N., & Listyani, R. H. (2017). Bias Gender Dalam Buku Tematik Siswa Kurikulum 2013 (Studi Semiotika Ketidaksetaraan Gender dalam Pendidikan). Paradigma, 5(3). https://www.neliti.com/id/publications/253229/bias-gender-dalam-buku-tematik-siswa-kurikulum-2013-studi-semiotika-ketidaksetar
Published
2024-10-19
Abstract viewed = 12 times
PDF downloaded = 2 times