Pengaruh Daya Tarik Wisata terhadap Minat Wisatawan untuk Berkunjung Kembali ke Taman Mini Indonesia Indah
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari daya tarik wisata terhadap minat wisatawan untuk berkunjung kembali ke Taman Mini Indonesia (TMII) Indah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada dimensi attraction dan amenity memberikan pengaruh signifikan terhadap minat wisatawan berkunjung kembali ke Taman Mini Indonesia Indah, sedangkan pada dimensi accessibility dan ancillary tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap minat berkunjung kembali ke Taman Mini Indonesia Indah. Pada hasil uji F atau simultan menunjukkan bahwa variabel daya tarik wisata memberikan pengaruh yang simultan terhadap minat berkunjung kembali ke Taman Mini Indonesia Indah. Kesimpulannya yaitu pada dimensi attraction dan amenity dalam variabel daya tarik wisata berpengaruh secara signifikan terhadap minat berkunjung kembali ke Taman Mini Indonesia Indah, namun dimensi accessibility dan ancillary tidak berpengaruh signifikan. Variabel daya tarik berpengaruh secara simultan terhadap minat berkunjung kembali ke Taman Mini Indonesia Indah, sehingga dapat disarankan kepada pengelola untuk lebih meningkatkan accessibility dan ancillary pada Taman Mini Indonesia Indah.
Kata Kunci: Daya Tarik Wisata, Minat Berkunjung Kembali, Taman Mini Indonesia Indah
References
Ariyani, R. M., Dhameria, V., & Suyitno, S. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Promosi Media Sosial terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan di Waduk Setu Patok Kabupaten Cirebon. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 6(2), 133–147. https://doi.org/10.26740/jpeka.v6n2.p133-147
Astuti, S. (2022). Pengaruh Harga, Lokasi Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Wisata Mepet Sawah di Desa Pematang Sikek Kec. Rimba Melintang Kab. Rokan Hilir Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. http://repository.uin-suska.ac.id/61836/2/SKRIPSI%20SINTIA%20ASTUTI.pdf
Damanik, A. G. (2023). Analisis Pengembangan Komponen 4A (Attraction, Amenities, Ancillary Dan Accessibility) Daya Tarik Wisata Green Bowl Beach Bali. Skripsi Universitas Pradita. https://repository.pradita.ac.id/198/1/Anggita%20Grace%20Damanik%20(PW).pdf
Dian, N., & Noersanti, L. (2020). Pengaruh Komunikasi, Disiplin, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi PT. Extrupack Bekasi Barat. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 3, 1–25. http://repository.stei.ac.id/1653/4/BAB 3.pdf
Ester, A., Syarifah, H., & ZA Zainurossalamia Saida. (2020). Pengaruh Daya Tarik Wisata Citra Destinasi dan Sarana Wisata terhadap Kepuasan Wisatawan Citra Niaga Sebagai Pusat Cerminan Budaya Khas Kota Samarinda. Jurnal Manajemen, 12(1), 145–153. Http://Journal.Feb.Unmul.Ac.Id/Index.Php/Jurnalmanajemen
Fitriani, M., Syaparuddin, S., & Kusuma Edy, J. (2021). Analisis faktor–Faktor yang Mempengaruhi Minat Kunjungan Ulang Wisatawan ke Kebun Binatang Taman Rimba Provinsi Jambi. E-Jurnal Perspektif Ekonomi Dan Pembangunan Daerah, 10(1), 19–28. https://doi.org/10.22437/pdpd.v10i1.12496
Gustina, L., Yasri, Y., & Engriani, Y. (2019). Pengaruh Experiential Marketing terhadap Minat Kunjung Ulang Wisatawan Pada Obyek Wisata Pantai Air Manis Di Kota Padang. Jurnal Praktik Bisnis, 8(1), 52–62. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/d3fe
Hadiningtyas, H. (2020). Daya Tarik Wisata Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Melalui Persepsi Wisata Kampung Heritage Kayutangan Malang. Undergraduate Thesis, STIE Malangkucecwara, 10, 8–12. http://repository.stie-mce.ac.id/id/eprint/1104
Hapsari, N. (2022). Pengaruh Daya Tarik terhadap Minat Berkunjung Wisatawan pada Masa Pandemi Covid-19 di Hutan Mangrove Kabupaten Rembang. IAIN Kudus. http://repository.iainkudus.ac.id/7027/
Hartati, Z. (2021). Faktor Pendorong Dan Penarik Wisatawan Yang Berkunjung Ke Objek Wisata Air Terjun Way Lalaan Di Desa Kampung Baru Kecamatan Kota Agung Timur Kabupaten Tanggamus Tahun 2020 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. http://digilib.unila.ac.id/62238/
Hasanah, M., & Satrianto, A. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kunjungan Ke Objek Wisata Komersial Di Sumatera Barat. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Pembangunan, 1(3), 931. https://doi.org/10.24036/jkep.v1i3.7720
Hudiono, R. (2022). Pengaruh Jenis Kelamin dan Usia Terhadap Kecenderungan Berwisata Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 5(2), 123–128. https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i2.50060
Ismayanti, I. (2020). Dasar-Dasar Pariwisata (Sebuah Pengantar). http://repository.usahid.ac.id/322/1/Draf Buku Dasar-dasar Pariwisata - Ismayanti %281%29.pdf
Kawatu, V. s., Mandey, silvya l., & Lintong, debry ch. a. (2020). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Niat Kunjungan Ulang Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Tempat Wisata Bukit Kasih Kanonang. Jurnal EMBA, 8(3), 400–410. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/30221
Kusuma, K. D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen dan Kualitas Produk Terhadap Minat Berkunjung Kembali pada UD. Suro Menggolo di Pisangan Lama 1. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta. http://repository.stei.ac.id/8921/
La Dimuru, A. H. (2023). Pengembangan Destinasi Pariwisata Pantai Di Pulau Hatta Kecamatan Banda Naira. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(7), 3005–3020. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i7.5286
Lestari, S., Yulita, I. K., & Prabowo, T. H. E. (2022). Pengaruh Citra Destinasi, Fasilitas Wisata terhadap Minat Berkunjung Ulang (Studi kasus Wisatawan Pantai Klayar Pacitan). EXERO : Journal of Research in Business and Economics, 5(1), 1–35. https://doi.org/10.24071/exero.v5i1.5037
Mardiana, M., Safitri, D., & Safitri, R. (2022). Pengembangan Pariwisata Melalui Pemberdayaan Masyarakat Dilihat Dari Perspektif Implementasi Kebijakan. Journal of Comprehensive Science (JCS), 1(4), 510–517. https://doi.org/10.59188/jcs.v1i4.79
Normalasari, N., Johannes, J., & Yacob, S. (2023). Minat Kunjungan Kembali Wisatawan Daya Tarik Wisata Yang Dimediasi Oleh Electronic Word Of Mouth. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 12(01), 156-169. https://doi.org/10.22437/jmk.v12i01.17918
Nurbaeti, N., Rahmanita, M., Amrullah, A., Ratnaningtyas, H., & Nurmalinda, E. (2022). Pengaruh Komponen 4A terhadap Minat Berkunjung Kembali dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening pada Telaga Biru Cisoka, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Jurnal Kawistara, 12(3), 354. https://doi.org/10.22146/kawistara.69846
Prasnanda, septriana F. (2019). Pengaruh Fasilitas, Pelayanan Dan Store Atmosphere Terhadap Minat Pengunjung Di Warung Kopi Condro Coffe 88 Sidoarjo. Journal of Chemical Information and Modeling, 15(2), 9–25. http://repository.stiemahardhika.ac.id/3293/6/JURNAL%20-%20SEPTRIAN%20FREDIKA%20PRASNANDA%20-%2018210188.pdf
Rahmat Fajrin, A., Wijayanto, G., & Kornita, S. E. (2021). Pengaruh Fasilitas dan Lokasi terhadap Kepuasan dan Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Candi Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Jurnal Ekonomi KIAT, 32(1), 40–47. https://doi.org/10.25299/kiat.2021.vol32(1).7406
Ramadhani, S. A., Setiawan, H., & Rini. (2021). Analysis of the Influence of Tourist Attractions, and Ancillary Service on Revisiting Interest in Bukit Siguntang Tourism. Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 1(3), 124–133. https://www.usahid.ac.id/conference/index.php/snpk/article/download/114/92/94
Riadi, D., Permadi, L. A., & Retnowati, W. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Ke Desa Wisata Hijau Bilebante Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Wisatawan. Jurnal Riset Pemasaran, 2(2), 38–49. https://doi.org/10.29303/jrp.v2i2.2678
Riani, N. (2021). Pariwisata Adalah Pisau Bermata 2. Jurnal Inobasi Penelitian, 2(5), 1469–1474. https://www.neliti.com/publications/469819/pariwisata-adalah-pisau-bermata-2
Suhartapa, S., & Sulistyo, A. (2021). Pengaruh Persepsi dan Motivasi Wisatawan Terhadap Minat Kunjung Ulang di Pantai Baru Yogyakarta. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(2), 115–122. https://doi.org/10.31294/khi.v12i2.10579
Susianto, B., Johannes Johannes, & Syahmardi Yacob. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Amenitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Desa Wisata Kabupaten Kerinci. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(6), 592–605. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i6.1094
Yandi, A., Mahaputra, M. R., & Mahaputra, M. R. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Minat Kunjungan Wisatawan (Literature Review). Jurnal Kewirausahaan Dan Multi Talenta, 1(1), 14–27. https://doi.org/10.38035/jkmt.v1i1.8
Copyright (c) 2024 Jessica Jessica, Prayogo Susanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.