Pengaruh Daya Tarik Wisata terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Mancanegara di Museum Katedral
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh keputusan pengunjung untuk kembali berkunjung ke museum Katedral. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian menggunakan data kunjungan Museum Katedral Jakarta tahun 2023 sejumlah 3,769 wisatawan mancanegara yang baru pertama kali berkunjung ataupun yang sudah pernah berkunjung ke Museum Katedral Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Attraction, Amenities, Ancillary Services, dan Activity memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap keputusan berkunjung wisatawan mancanegara di Museum Katedral Jakarta. Selanjutnya, hasil penelitian terhadap Accommodation dan Accessibility tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan mancanegara di Museum Katedral Jakarta. Lalu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Daya Tarik Wisata secara simultan, memiliki pengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan mancanegara di Museum Katedral Jakarta. Terakhir, saran untuk Museum Katedral Jakarta bisa meningkatkan kualitas amenities, menambah Bahasa pada penjelasan koleksi yang dimiliki, dan digitalisasi pintu masuk.
Kata Kunci: Daya Tarik Wisata, Keputusan Berkunjung, Wisatawan Mancanegara.
References
Anwani, A. (2021). Analisis Obyek Daya Tarik Wisata Dan Aksesbilitas Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Pantai Baru Yogyakarta. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 57–64. http://dx.doi.org/10.31294/khi.v12i1.10182
Asmoro, A. Y., Bachri, T. B. ., & Detmuliati, A. (2021). Analisis Potensi Wisata Desa dengan Kerangka 6A: Studi Kasus Desa Ngajum, Malang. Media Wisata, 18(2), 231–250. https://doi.org/10.36276/mws.v18i2.103
Bulan, T. P. L., Junaida, E., & Maitama, M. H. (2021). Daya Tarik Wisata, Motivasi dan Keputusan Berkunjung di Objek Wisata Pantai Berawe. Jurnal Akuntansi Audit Dan Perpajakan Indonesia (Jaapi), 2(1), 115–123. https://doi.org/10.32696/jaapi.v2i1.733
Chaerunissa, S. F., & Yuniningsih, T. (2020). Analisis Komponen Pengembangan Pariwisata Desa Wisata Wonolopo Kota Semarang. Journal Of Public Policy And Management Review, 9(4), 159–175. https://doi.org/10.14710/jppmr.v9i4.28998
Dewi, M. K., Rivandi, M., & Meirina, E. (2020). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Fasilitas Dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Berkunjung di Objek Wisata Pantai Air Manis Kota Padang. Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 15(2). https://doi.org/10.37301/jmubh.v15i2.16895
Flynn, J. (2023). Average Global Income [2023]: What Is The Median Income Worldwide? https://www.zippia.com/advice/average-income-worldwide/
Hayati, R., Achmadi, N. S., & Adelia, S. (2021). Implementasi Konsep 6A di Wisata Alam Rammang-Rammang Kabupaten Maros. Home Journal. 3(2), 153–170. https://doi.org/10.61141/home.v3i2.186
Hidayah, W. A. (2021). Pengaruh Religiusitas, Fasilitas, Aksesibilitas dan Kelembagaan Terhadap Keputusan Berkunjung Dengan Citra Destinasi Sebagai Variabel Intervening Pada Wisata Morosari Kabupaten Demak. Masters thesis, IAIN Kudus. http://repository.iainkudus.ac.id/5781/
Ismail, F. F., & Iriani, S. S. (2021). Pengaruh Event Pariwisata dan Physical Evidence terhadap Keputusan Berkunjung. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(4), 1360–1368. https://doi.org/10.26740/jim.v9n4.p1360-1368
Junaida, E. (2019). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Wisata Berkunjung ke Taman Hutan Kota di Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 146-155. https://doi.org/10.33059/jseb.v10i2.1317
Kemenparekraf RI. (2021). Tren Pariwisata Indonesia di Tengah Pandemi. Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif. https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Tren-Pariwisata-Indonesia-di-Tengah-Pandemi
Krisnayani, N. K. ., Liestiandre, H. K., & Pranjaya, I. G. P. A. . (2021). Pengaruh Media Sosial Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik Di Pantai Melasti, Bali. Jurnal Kepariwisataan, 20(2), 134–143. https://doi.org/10.52352/jpar.v20i2.496
Lebu, C. F. K., Mandey, S. L., & Wenas, R. S. (2019). Pengaruh Lokasi, Persepsi Harga Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Objek Wisata Danau Linow. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4). https://doi.org/10.35794/emba.v7i4.26329
Maesaroh, R. (2019). Dampak citra destinasi, kualitas pelayanan dan harapan wisatawan wisata ziarah Banten Lama terhadap kepuasan wisatawan. Guepedia. Makasar
Meutuah, Z. N., Caisarina, I., & Dewi, C. (2023). Pemetaan Komponen Pariwisata (6A) Untuk Perencanaan Pengembangan Pariwisata (Studi Kasus: Gampong Naga Umbang, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Arsitektur Dan Perencanaan, 6(4), 118–124. https://doi.org/10.24815/jimap.v6i4.21489
Ngajow, M. T., Tawas, H. N., & Djemly, W. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Citra Objek Wisata Terhadap Minat Berkunjung Pada Objek Wisata Bukit Kasih Kanonang, Dengan Pandemi Covid 19 Sebagai Variabel Moderator. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(2). https://doi.org/10.35794/emba.9.2.2021.33280
Ningtiyas, E. A., & Alvianna, S. (2021). Analisis Pengaruh Attraction, Accessibility, Amenity, Ancillary terhadap Minat Berkunjung Wisatawan melalui Loyalitas Wisatawan sebagai Variabel Mediasi. Media Wisata, 19(1), 83–96. https://doi.org/10.36276/mws.v19i1.69
Nugraha, Y., & Feny M. A. Fallo. (2021). Pengaruh Kualitas Fasilitas Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Daya Tarik Wisata Taman Nostalgia Kota Kupang. Jurnal Pariwisata Indonesia, 17(2), 13–23. https://doi.org/10.53691/jpi.v17i2.244
Oktavia, H. C. (2021). Analisis Pengaruh Komponen Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Wisata Bahari. Jurnal Enggano, 6(2), 201–211. https://doi.org/10.31186/jenggano.6.2.201-211
Pradipta, M. P. Y. P. (2021). Analisis Daya Tarik Wisata Embung Manajar Di Kabupaten Boyolali Jawa Tengah. Sabbhata Yatra: Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 2(2), 134–145. https://doi.org/10.53565/sabbhatayatra.v2i2.357
Putri, D. C., & Sunaryanto, L. T. (2020). Pengaruh Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Berkunjung Di Kampoeng Banyumili Semarang Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 7(3), 579–590. http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v7i3.3781
Safitri, I., Ramdan, A. M., & Sunarya, E. (2020). Peran Produk Wisata dan Citra Destinasi terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 734–741. https://doi.org/10.26740/jim.v8n3.p734-741
Saputra, P. S., Pustiarini, N. P., Sudarmawan, I. K. A., Dwi Putra, I. M. J., Novitasari, I. A. D., Widanti, N. P. T., & Herlambang, P. G. (2024). Pengelolaan Berbasis Masyarakat untuk Pengembangan Wisata di Desa Sangeh: Pendekatan 6A dalam Meningkatkan Daya Tarik Pariwisata Penglukatan Pancoran Solas Tirta Taman Mumbul . Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 7339–7349. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8680
Saway, W. V., Alvianna, S., Estikowati, E., Lasarudin, A., & Hidayatullah, S. (2021). Dampak Atraksi, Amenitas dan Aksesibilitas Pantai Pasir Putih Kabupaten Manokwari Terhadap Kepuasan Wisatawan Berkunjung. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 6(1), 1–8. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PB/article/view/1937
Simangunsong, W. S., Prasetya, A. W. (05/12/2022).. Ratusan Koleksi Museum Katedral Jakarta, Ada Potongan Tulang. Kompas.Com. https://travel.kompas.com/read/2022/12/05/111350727/ratusan-koleksi-museum-katedral-jakarta-ada-potongan-tulang?page=all#google_vignette
Slamet, R., & Wahyuningsih, S. (2022). Validitas dan reliabilitas terhadap instrumen kepuasan kerja. Aliansi: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2). https://doi.org/10.46975/aliansi.v17i2.428
Stuono, S., & Meitasari, K. (2021). Sistem Informasi Objek Wisata Di Kabupaten Cianjur Berbasis Media Sosial. Media Jurnal Informatika, 13(1), 26–35. https://doi.org/10.35194/mji.v13i1.1394
Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D (2nd ed.). Alfabeta. Bandung
Sugiyono, S. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi 2). Alfabeta. Bandung
Susianto, B., Johannes Johannes, & Syahmardi Yacob. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Amenitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Desa Wisata Kabupaten Kerinci. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(6), 592–605. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i6.1094
Zuhriyah, H. I. N. (2023). Identifikasi Karakteristik Masjid Namira Sebagai Daya Tarik Wisata Religi Di Kabupaten Lamongan. JIEM : Journal Of International Entrepreneurship And Management, 2(02), 167–179. https://doi.org/10.62668/jiem.v2i02.915
Copyright (c) 2024 Hubertus Fernando Daryadi, Prayogo Susanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.