Pengaruh Daya Tarik Wisata terhadap Minat Berkunjung di Bharata
Abstract
Tujuan penelitian untuk menganalisa daya tarik pengujung terhadap minat berkunjung. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitian ini ialah pengunjung Bharata Jakarta sedangkan objek penelitian yang digunakan Bharata Jakarta. Hasil penelitian terdapat pengaruh antara daya tarik wisata terhadap minat berkunjung. Berdasarkan hasil regresi linear sederhana, Y = 14,175 + 0,764X, di mana Y adalah minat berkunjung dan X adalah daya tarik wisata, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara daya tarik wisata terhadap minat berkunjung ke Bharata Jakarta. Artinya, jika tidak ada kenaikan pada variabel X, minat berkunjung akan berada pada angka 14,175, dan setiap peningkatan satu angka pada variabel X akan meningkatkan minat berkunjung sebesar 0,764. Kedua, hasil Uji Hipotesis atau Uji-T menunjukkan bahwa nilai signifikansi (Sig.) untuk variabel daya tarik wisata adalah 0,000, lebih kecil dari probabilitas 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara daya tarik wisata terhadap minat berkunjung ke Bharata Jakarta. Signifikan bahwa hipotesis yang telah terbukti pada 100 responden pengunjung Bharata Jakarta dapat digeneralisasikan pada seluruh pengunjung. Kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara daya tarik wisata terhadap minat berkunjung ke Bharata Jakarta.
Kata Kunci: Bharata Jakarta, Daya Tarik Wisata, Minat Berkunjung.
References
Apriliyanti, E., Hudayah, S., & Za, S. Z. (2020). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Citra Destinasi Dan Sarana Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Citra Niaga Sebagai Pusat Cerminan Budaya Khas Kota Samarinda. Jurnal Manajemen, 12(1), 145-153.
Cahyani, F. A., Al Lukman, L., Lestari, D. W., Janah, A. N., & Trimah, S. (2023). The Influence Of Tourist Attraction And Service Quality On The Interest Of Visiting Tourists On TKL Ecopark. Journal of humanities, social sciences and business, 2(2), 401–408. https://doi.org/10.55047/jhssb.v2i2.503
Darmawan, J., & Nurhidayati, H. (2019). The Strategy of Developing Village 99 Trees as an Educational Tourism Attraction in Depok City. Journal of Tourism Destination and Attraction , 7(1), 34-46. https://doi.org/10.35814/tourism.v7i1.784
Deborah, T., & Anggraeni, D. (2022). Pengaruh Terpaan Media Terhadap Minat Berkunjung pada Sial Interfood Expo Jakarta 2022. Jurnal Publish 1(2). 70-175. https://doi.org/10.35814/publish.v1i2.4204
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Jushendriawati, J. (2021) Pengaruh Atraksi Wisata, Citra Destinasi, dan Daya Tarik Wisata terhadap Minat Kunjung Pada Wisata Warung Terapung (Water) Amassangan Kecamatan Malangke Barat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. https://repositori.uin-alauddin.ac.id/18861/
Noviningtyas, I., Giovanni, A. Lionora, C. A. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berkunjung Wisatawan di Kawasan Balkondes Borobudur. Jurnal Pariwisata. 9(1). https://doi.org/10.31294/par.v9i1.12048
Nurtanio, T. L., Ginting, Y. T. (2022). Hubungan Daya Tarik Wisata Dengan Minat Berkunjung Wisatawan ke Museum Multatuli. Banten. Jurnal Pesona Hospitality. 15(1). https://jurnal.pertiwi.ac.id/index.php/pesonahospitality/article/view/23
Nurul, N., & Diana, R. P. (20222). Pengelolaan Museum Bahari Sebagai Daya Tarik Wisata Edukasi Di Jakarta. Jurnal Inovasi Penelitian, 6477-6486.
Rangga A. N. A. (2021). Statistika Seri Dasar Dengan SPSS. CV Media Sains Indonesia. Bandung
SAfitri, H., Kurniasyah, D. (2021). Analisis komponen Daya Tarik Desa Wisata Oleh Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Subang Jawa Barat. Kinerja. 18(4). 497-501. http://dx.doi.org/10.30872/jkin.v18i4.9803
Sappewali, A. E., Saleh, H., & Suriani, S. (2022). Analisis Daya Tarik Wisata Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Ulang Melalui Kepuasan Wisatawan: Studi Empiris Pada Beberapa Obyek Wisata Di Kabupaten Pasangkayu. Indonesian Journal of Business and Management, 5(1), 122–132. https://doi.org/10.35965/jbm.v5i1.1947
Susianto, B., Johannes Johannes, & Syahmardi Yacob. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Amenitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Desa Wisata Kabupaten Kerinci. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(6), 592–605. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i6.1094
Tiyani, I. (2023). Pengaruh Destination Image, Daya Tarik Wahana Wisata Dan Atraksi Wisata Terhadap Minat Berkunjung Ke Lokawisata Baturraden Banyumas. Universitas Islam Negeri Prof. Kh. Saifuddin Zuhri. https://repository.uinsaizu.ac.id/17976/1/IKE%20TIYANI%201817201063%20SKRIPSI%20.pdf\
Trisana, A. M., Hidayatullah, S., & Alvianna, S. (2021). The Influence of Tourist Destinations on Tourist Visiting Interest in Tutubhada Traditional Village Nagekeo Regency. Conference: International Conference on Hospitality and Tourism Studies (Iconhosts) 1 https://seminar.unmer.ac.id/index.php/iconhosts/iconhosts2021/paper/view/1022/613
Widjianto, Trisna (2019) Pengaruh Daya Tarik Wisata, Citra Wisata, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Di Objek Wisata Ketep Pass. S1 thesis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/66247/
Copyright (c) 2024 Stephanie Abigael, Vishnuvardhana S. Soeprapto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.