Strategi Komunikasi Budaya melalui Video Profil Sobokartti Semarang Berbasis Animasi 2 Dimensi
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi budaya melalui video profil Sobokartti Semarang berbasis animasi 2 dimensi. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif dan tahap perancangan animasi menggunakan multimedia development life cycle Luther, teori difusi inovasi, strategi komunikasi, dan budaya partisipasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Menggunakan triangulasi data untuk memperoleh hasil penelitian dari sumber-sumber kredibel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya mempertahankan eksistensi yang dilakukan Sobokartti dengan menggunakan video profil berbasis animasi 2 dimensi mampu mencapai target generasi muda. Sehingga berdampak pada sistem manajemen Sobokartti secara digital dapat terkelola dengan baik sekaligus melakukan adaptasi teknologi yang erat kaitannya dengan generasi Z, yakni pada rentang usia 12 hingga 26 tahun. Simpulan penelitian ini bahwa Sobokartti memiliki spirit sumber daya yang mendukung, namun terdapat faktor penghambat seperti kurangnya pemahaman teknologi, dukungan Pemerintah, dan pendanaan. Oleh sebab itu, perlunya strategi komunikasi yang efektif dalam upaya mempertahankan pelestarian seni-budaya dengan melakukan adaptasi teknologi.
Kata Kunci: Adaptasi Teknologi, Budaya Partisipasi, Sobokartti Semarang, Strategi Komunikasi, Video Profil Animasi 2 Dimensi.
References
Adriana, T. (2016). Persepsi Masyarakat terhadap Perilaku Mahasiswa Papua di Daerah Istimewa Yogyakarta (Suatu Penelitian Deskriptif Kualitatif di Kelurahan Muja Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta). Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD". Yogyakarta. http://repo.apmd.ac.id/78/2/172-IS-X-2016-ADRIANA%20TOPRIP-11510069%20B.pdf
Ali, F. & I. H. (2020). Peningkatan Eksistensi Sanggar Seni Gong Si Bolong Pusaka Jaya melalui Media Promosi Interaktif. Magenta: Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Media, 4(01). https://doi.org/10.61344/magenta.v4i01.72
Arifin, Z., Budi Wahono, B., Prihatmoko, D., & Riyoko, S. (2020). Inovasi Peningkatan Hasil Tangkapan Ikan Produk Unggulan Daerah oleh Nelayan Purse Seine Menggunakan Teknologi GPS. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(1), 54–62. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jipemas/article/view/4779
Cangara, H. (2013). Pengantar Ilmu Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Hariguna, T. & Adi. W. (2017). Dongeng Ayam Dan Kelinci Bersaudara Berbasis Animasi 2 Dimensi. Telematika, 10(1). https://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/telematika/article/view/481/408
Juditha, C. (2018). Penggunaan Media Digital Dan Partisipasi Politik Generasi Milenial. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 22(2), 94–109. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jpkop/article/download/1628/1027/6479
Kartikasari, N. (2017). Viral: Gebrakan Kekinian Public Relations di Era Digital. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Karunianingtyas, I. N., & Putra, B. H. (2021). Pelestarian Seni Di Sanggar Sobokarti Kota Semarang. Jurnal Seni Tari, 10(1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jst
Laksamana, A. (2018). Public Relations in the Age of Disruption. PT Bentang Pustaka. Jakarta
Nasrullah, R. (2017). Etnogravi Virtual. Simbiosa Rekata Media. Jakarta
Nooryan, B. (2014). Kritik Seni (Wacana Apresiasi dan Kreasi). Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Prasanti, D. & I. F. (2017). Strategi Komunikasi Dalam Kesiapan Menghadapi Bencana Longsor Bagi Masyarakat Di Bandung Barat (Studi Tentang Strategi Komunikasi Dalam Kesiapan Menghadapi Bencana Longsor Bagi Masyarakat Kawasan Pertanian Di Kaki Gunung Burangrang, Kab. Bandung Barat). Komunikasi, 11(02), 135–148. https://journal.trunojoyo.ac.id/komunikasi
Rezananda, Aditiya, dan A. P. (2019). Manajemen Komunikasi di Call Center Telkom 147 Kota Semarang. Jurnal Manajemen Komunikasi, 2(1), 1–9. http://jurnal.unpad.ac.id/manajemen-komunikasi/article/view/11816
Santoso, W. M. (2016). Ilmu Sosial di Indonesia: Perkembangan dan Tantangan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Jakarta
Saud, M. dkk. (2020). Media Sosial dan Digitalisasi Partisipasi Politik pada Generasi Muda: Perspektif Indonesia. Society, 8(1), 87–97. https://society.fisip.ubb.ac.id/index.php/society
Supariadi & Warto. (2015). Regenerasi Seniman Reog Ponorogo untuk Mendukung Revitalisasi Seni Pertunjukan Tradisional dan Menunjang Pembangunan Industri Kreatif. Cakra Wisata: Jurnal Pariwisata dan Budaya. 16(1). https://jurnal.uns.ac.id/cakra-wisata/article/view/34468/22623
Tiberius, V., & Hirth, S. (2019). Impacts of digitization on auditing: A Deplhi Study for Germany. Journal of International Accounting, Auditing, and Taxation, 1–14. https://doi.org/10.1016/j.intaccaudtax.2019.100288
Wardani, Kusuma. (2018). Budaya Partisipasi (Participatory Culture) di Kalangan Vlogger [Universitas Airlangga]. https://repository.unair.ac.id/75031/
Yoyok, A. & Bermansyah, B. (2016). Digitalisasi Naskah Kuno Dalam Upaya Pelestarian Dan Menarik Minat Generasi Muda. GaneÇ Swara, 10(1). http://unmasmataram.ac.id/wp/wp-content/uploads/19.Bermansyah-dan-Yoyok-Antoni.pdf
Copyright (c) 2024 Afinada Aulia Agani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.