Strategi Kendali Komunikasi pada Human Capital PT. Garudafood dalam Mengelola Konflik PHK Tanpa Pesangon
Abstract
Penelitian ini bertujuan pada strategi pengelolaan konflik terkait Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) tanpa pesangon di PT. Garudafood dengan fokus pada peran komunikasi dalam mengurangi dampak negatif konflik terhadap produktivitas dan hubungan di lingkungan kerja perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus untuk menggali pemahaman mendalam tentang konflik internal di PT. Garudafood. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi efektif dan strategi kendali yang tepat dapat membantu mengelola konflik dan menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan produktif. Dengan demikian, penelitian ini berkontribusi pada pemahaman kompleksitas hubungan antara komunikasi, konflik dan kendali dalam konteks organisasi. Kesimpulan PT. Garudafood berhasil mengelola perilaku karyawan dan mencegah pelanggaran melalui penerapan teori kendali Tompkins dan Cheney, komunikasi efektif, serta pengendalian birokrasi. Dengan budaya kerja produktif, teknologi, dan transparansi, perusahaan menciptakan lingkungan yang sehat dan adil, termasuk dalam menangani konflik PHK melalui program Whistle Blower dan pelibatan pihak eksternal.
Kata Kunci: Human Capital, Mengelola Konflik PHK Tanpa Pesangon, PT. Garudafood, Strategi Kendali Komunikasi.
References
Babys, S. A. M., & Prabowo, R. C. (2022). Strategi Kendali Organisasi Coffee Shop Dalam Meningkatkan Kinerja Tim Terhadap Pelanggan (Studi Kasus Team Kinerja “Talk Bogor”). Jurnal Oratio Directa, 3(2), 562–577. https://www.ejurnal.ubk.ac.id/index.php/oratio/article/download/172/128
Barns, K. D. (2020). Formal Communication Practices Among Students, Teachers And Administrators In Nkroful Agricultural Senior High School. University of Cape Coast Institutional Repository http://hdl.handle.net/123456789/6839
Huri, D., Ihtisyam, H., Izzah, P. N., Tsany, A. F., & Permatasaridewi, P. M. (2023). Problematika Proses Mediasi Ketenagakerjaan Ditinjau dari Aspek Keadilan (Studi pada Disnakertrans Jawa Timur). Maliyah : Jurnal Hukum Bisnis Islam, 13(2), 221–251. https://doi.org/10.15642/maliyah.2023.13.2.221-251
Kokeyo, C. A. (2019). Communication Strategies Utilised By Women Principals In Managing Workplace Conflict In The Kenyan School Context. Digital Repository. http://repository.rongovarsity.ac.ke/handle/123456789/2565
Listyono, Y. M. (2020). The Role Of Communication In Organizational Conflict Management At Pt. Sinar Makmur Nusa Tenggara. Mediator: Jurnal Komunikasi, 13(2), 156–166. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/view/6094
Mahawati, E. (2021). Analisis Beban Kerja dan Produktivitas Kerja (R. Watrianthos, Ed.; 1st ed., Vol. 1). Yayasan Kita Menulis. Medan
Manzilah, M., Rohmah, A., Komunikasi, P., Baik, Y., Efektif, D., Berorganisasi, D., Ippnu, I. /, Keboansikep, D. D., Rohmah, M. A., & Pujianto, W. E. (2023). The Role Of Good And Effective Communication In The IPNU/IPPNU Organization In Keboansikep Village. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 46–59. https://doi.org/10.55606/jpkm.v2i4.257
Munawaroh, A., & Ramadhan, Z. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Deviden Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Pertambangan. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 3(1), 43. https://doi.org/10.24853/jmmb.3.1.43-54
Riyadi, T. F. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu 4.0 Dalam Mempromosikan Rita Park Tegal Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Masa Pandemi COVID-19. Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41610
Sarjito1, A. (2023). Sinkronisasi Kebijakan Pertahanan dalam Operasi Militer dengan Hak Asasi Manusia. Journal of Governance and Policy Innovation (JGPI), 3(2), 17–41. https://journal.intelekmadani.org/index.php/jgpi/article/view/437/332
Simangunsong, W. S., & Movanita, A. N. K. (28 Juni 2023). Perusahaan Retail Disebut Paksa 23 Karyawan Berhenti Kerja Tanpa Pesangon. Kompas.Com. diakses dari: https://megapolitan.kompas.com/read/2023/06/28/20475991/perusahaan-retail-disebut-paksa-23-karyawan-berhenti-kerja-tanpa-pesangon#google_vignette
Tampubolon, P. M. (2020). Change Management: Manajemen Perubahan: Individu, Tim Kerja, Organisasi. Mitra Wacana Media, Jakarta
Wibowo, A., (2020). Perilaku Konsumen & Hubungan Masyarakat. Yayasan Prima Agus Teknik. Semarang
Widyanti, R. (2019). Perilaku Organisasi (Teori Dan Konsep) (Basuki, Ed.). Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin. Banjarmasin
Copyright (c) 2024 Daffa Yudhistira, Maulina Pia Wulandari, Bambang Dwi Prasetyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.