Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Museum Kebangkitan Nasional

  • Adriella Victory Tanuwijaya Universitas Bunda Mulia
  • Prayogo Susanto Universitas Bunda Mulia

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Museum Kebangkitan Nasional. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian asosiatif kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung yang berkunjung di Museum Kebangkitan Nasional. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling kepada 100 orang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan menggunakan perangkat lunak IBM SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan secara simultan bauran pemasaran berpengaruh terhadap keputusan berkunjung. Secara parsial produk tidak berpengaruh terhadap keputusan berkunjung, harga tidak berpengaruh terhadap keputusan berkunjung, tempat berpengaruh negatif signifikan terhadap keputusan berkunjung, promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan berkunjung, orang berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung, proses berpengaruh negatif signifikan terhadap keputusan berkunjung, bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung. Bauran pemasaran memiliki peran penting dan harus diperhatikan oleh pengelola untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan di Museum Kebangkitan Nasional. Oleh karena itu pengelola museum harus memperhatikan kualitas produk serta kebersihan museum agar menarik minat kunjungan wisatawan. Kesimpulan bahwa bauran pemasaran memiliki pengaruh yang bervariasi terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Museum Kebangkitan Nasional. Product dan promotion tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung, sementara price, place, dan process berpengaruh negatif dan signifikan, menunjukkan bahwa harga, lokasi, dan proses operasional museum memerlukan perbaikan. Di sisi lain, people dan physical evidence memberikan pengaruh positif dan signifikan, yang berarti pelayanan dan fasilitas museum berkontribusi positif dalam menarik pengunjung. Secara keseluruhan, bauran pemasaran berpengaruh positif secara simultan terhadap keputusan berkunjung.

Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Keputusan Berkunjung, Museum Kebangkitan Nasional.

References

Akbar, M. R., Magdalena, D., Septina, N., Sari, A. C., Susanti, O. I., Rohmah, Z., & Fajri, A. S. N. (2023). Analisis Deskriptif Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Belajar Kombinasi Pada Pandemi Covid-19. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 2(5), 946–951. https://doi.org/10.56799/peshum.v2i5.2244

Arifin, M., Rosyidah, I., & Bisari, N. (2022). Analisis Pengaruh Marketing Mix 7P terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada CV. Karya Apik MAN 3 Jombang). Jurnal Inovasi Penelitian, 3(2). 4873-4886 https://media.neliti.com/media/publications/470224-none-4984b2da.pdf

Djesika, D., Suardi, S., & Nirwan, N. (2019). Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Berkunjung Pada Objek Wisata Pantai Tanjung Karang. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 5(2), 11. https://doi.org/10.22487/jimut.v5i2.145

Dwi, S., & Ismayanti, I. (2023). Analisis Produk, Promosi, Dan Bukti Fisik Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Museum Wayang. Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 37–43. https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.99

Falaq, M., Sjukriana, J., & Pariama, D. T. L. (2023). Pengaruh Promosi dan Lokasi terhadap Keputusan Berkunjung di Museum Siwalima Ambon. Global Research on Tourism Development and Advancement, 5(2), 107–122. https://doi.org/10.21632/garuda.5.2.107-122

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9 (9th ed.). Universitas Diponegoro. Semarang

Hamidah, N. S., & Hakim, R. J. (2023). Peran Sosial Media Atas Perilaku Konsumtif Belanja Bagi Ibu Rumah Tangga Di Desa Lebaksari Kec.Parakansalak. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(3), 682–686. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i3.618

Hapsara, O., & Ahmadi, A. (2022). Analisis Keputusan Berkunjung Melalui Minat Berkunjung: Citra Destinasi Dan Aksesibilitas Pada Geopark Merangin Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 11(01), 64–76. https://doi.org/10.22437/jmk.v11i01.14802

Haryono, H., Amin, F. M., & Ulinnuha, N. (2023). The E-Government Factors of Smart Mobility Success using DeLone McLean and E-Government Adoption Models: Factors of Smart Mobility Success using DeLone McLean and E-Government Adoption Models. Insect (Informatics and Security): Jurnal Teknik Informatika, 8(2), 87–99. https://doi.org/10.33506/insect.v8i2.2210

Hidayah, N. (2019). Pemasaran Destinasi Pariwisata (cet. 1). Alfabeta. Bandung

Ibrahim, Y. A., Ramelan, W. D., Ghutama, G., & Patmiarsih, S. (2020). Pedoman Standardisasi Museum. Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 54. https://museum.kemdikbud.go.id/admin/file/download/1

Imam, M., & Mursidah, N. (2021). Analisis Pengaruh Price Earning Ratio dan Earning Per Share terhadap Return Saham pada Sub Sektor Property and Real Estate yang Terdaftar di BEI. Borneo Student Research, 2(2), 1460–1468. https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/1959

International Council of Museums. (2022). No Title. International Council of Museums. https://icom.museum/en/resources/standards-guidelines/museum-definition/

Kiyatno, M. D. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Pemandian Air Panas Cangar Kota Batu. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. 8(2). https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/6410/0

Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasaran (13th ed.). Erlangga. Jakarta

Listyawati, I., & Kristiana, I. (2021). Pengaruh Return on Equity, Current Ratio, Size Company dan Debt to Equity Ratio Terhadap Nilai Perusahaan. Maksimum, 10(2), 47. https://doi.org/10.26714/mki.10.2.2020.47-57

Monalisa, M., & Rahmidani, R. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Objek Wisata Rumah Gadang Mande Rubiah Pesisir Selatan. Jurnal Ecogen. 2(3). http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v2i3.7376

Paramulia, O. C., Mandey, S. L., & Roring, F. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Obyek Wisata Rumah Alam Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajmen, Bisnis dan Akuntansi. 7(3), 2661–2670. https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.23717

Prasodjo, T. (2017). Pengembangan Pariwisata Budaya dalam Perspektif Pelayanan Publik. Jurnal Office, 3(1), 7. https://doi.org/10.26858/jo.v3i1.3448

Ristiani. (2021). Pengaruh harga dan daya tarik wisata terhadap keputusan berkunjung. Forum Ekonomi, 23(2), 310–317. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/forumekonomi

Santi, D. K. P. (2018). Analisis Faktor yang Berpengaruh terhadap Pilihan Kunjungan Pariwisata Pasar Terapung di Kota Banjarmasin. JIEP : Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Pembangunan, 1(2). https://doi.org/10.20527/jiep.v1i2.1147

Santoso, R., Shintawati, R. A., & Aliffianto, A. Y. (2020). Pengaruh Marketing Mix Produk Jasa Terhadap Keputusan Berkunjung Wisata Bahari Jawa Timur. 17(1). http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/kinerja

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Manajemen (Setiyawami (ed.); 6th ed.). Alfabeta. Bandung

Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). Alfabeta. Bandung

Yosandri, B. J., & Eviana, N. (2022). Peningkatan Keputusan Berkunjung Wisatawan Melalui Pengembangan Citra Destinasi dan Aksesibilitas di Lembah Tepus Bogor. EduTurisma: Journal of Social Science. 7(1). https://ejournal.asaindo.ac.id/index.php/eduturisma/article/view/1269
Published
2024-10-18
Abstract viewed = 5 times
PDF downloaded = 2 times