Analisis Pengaruh Store Atmosphere dan Lokasi terhadap Minat Beli Konsumen di Kedai Seni Djakarte

  • Bernadetta Abigail Universitas Bunda Mulia
  • Vishnuvardhana S. Soeprapto Universitas Bunda Mulia

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengukur dan mengetahui bagaimana pengaruh Store Atmosphere, dan Lokasi terhadap minat beli di Kedai Seni Djakarte. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada studi ini adalah pelanggan yang pernah melakukan pembelian di Kedai Seni Djakarte dimana penetapan sampel menggunakan accidental sampling dengan membagikan kuesioner dalam bentuk Google form terhadap 100 responden. Berdasarkan hasil uji dan analisis yang dilakukan, Store Atmosphere berpengaruh terhadap minat beli, dan lokasi berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap minat beli konsumen di Kedai Seni Djakarte. Atmosfer toko yang menarik dan lokasi yang strategis terbukti meningkatkan kecenderungan konsumen untuk melakukan pembelian. Dengan demikian, menciptakan suasana toko yang nyaman dan memastikan lokasi yang mudah diakses akan berdampak signifikan dalam menarik lebih banyak konsumen dan mendorong kegiatan pembelian. Simpulan penelitian ini bahwa suasana toko di Seni Djakarte memberikan pengaruh positif terhadap perilaku konsumen, sebab pelanggan cenderung akan lebih tertarik pada toko apabila tokonya lebih menyenangkan dan berlokasi strategis, sehingga meningkatkan keinginan untuk melakukan pembelian.

Kata Kunci: Atmosfer Toko, Lokasi, Minat Beli.

 

References

Adrianus, V. (2020). Analisis Pengaruh Citra Toko Dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Supermarket Kaisar Cabang Siantan Di Pontianak. Bisma. 5(8). 1807-1818. https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/bisma/article/download/3741/4471/20053

Anhar, J., & Darmayanti, R. (2023). Pengaruh Kompetensi Guru Agama Islam Terhadap Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Di Madrasah Tsanawiyah. Assyfa Journal Of Islamic Studies, 1, 14–24. Https://Www.Journal.Assyfa.Com/Index.Php/Ajis/Index

Chandra, W. A., Nirgumirang, G. P., Solehah, I., & Purwantiasning, W. A. (2022). Tinjauan Ruang Kota Dan Makanan Pada Kawasan Zona Inti Kota Tua Jakarta Dengan Teori The Power Of Place (Studi Kasus: Kedai Seni Djakarte Dan Pedagang Kerak Telor). Jurnal Arsitektur Zonasi, 5(1), 189–197. https://ejournal.upi.edu/index.php/jaz/article/download/31451/18530

Dewi, L. K. C., Widagdo, S., Martini, L. K. B., & Suardana, I. B. R. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Keputusan Wisatawan Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi. Ekuitas (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 6(2). Https://Doi.Org/10.24034/J25485024.Y2022.V6.I2.5205

Haris, O. K., Handrawan, H., Tarta, A. F. (2021). Pendidikan Hukum Melalui Penguatan Nilai Budaya Lokal Dalam Rangka Mencegah Penyebaran Covid-19 Di Lokasi Wisata. Jurnal Ius Constituendum. 6(2). 461-470. http://dx.doi.org/10.26623/jic.v6i2.3983

Hidayat, R., Ismariati, R., & Apriliandini, Y. (2019). Connecting Identity And Image Of City Branding In Kota Tua (Old City) Jakarta. Ibima Business Review, 2019. Https://Doi.Org/10.5171/2019.217784

Ilmi, M. I. (2023). Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Yang Di Mediasi Oleh Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Flava Cafe Kota Malang). Skripsi. Universitas Islam Negeri (UIN). http://etheses.uin-malang.ac.id/60798/1/19510003.pdf
Kurniawan, D. A., & Fajri, F. S. (2019). Analisis Implementasi Islamic Store Attributes Dan Bauran Pemasaran Dalam Perspektif Islam (Survey Pada La-Tansa Gontor Departement Store Ponorogo). Jmk (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 4(2), 85. Https://Doi.Org/10.32503/Jmk.V4i2.404

Muhajir, A., Dorthy, H., Sinaga, E., Utami, E. Y., Karo-Karo, A. P., & Triadi, D. (2024). Pengaruh Kewirausahaan Dan Inovasi Bisnis Terhadap Penerimaan Pasar Pada Industri Makanan Dan Minuman Di Indonesia. Maret, 02(02), 103–114. Https://Doi.Org/10.58812/Smb.V2i02

Napu, D. M., Yamini, E. A., Nurhidayat, W., Salean, F. J., Prianka, W. G., Rifai, M. S. A., Baswarani, D. T., Novianto, U., Fadlina, S., Desmantyo, P. S., Darsana, I. M., Dirgantara, A. R., Sinaga, F., & Margarena, A. N. (2023). Pengantar Bisnis Pariwisata: Perhotelan, Food And Beverage Service, Dan Pengembangan Destinasi Wisata. CV Intelektual Manifes Media. Bali

Rahayu, L. P., & Susanti, A. (2022). Pengaruh Faktor Harga, Keamanan, Kemudahan, Dan Kepercayaan Terhadap Perilaku Belanja Online Dimasa Pandemi Covid-19. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (Ekuitas), 3(3), 538–544. Https://Doi.Org/10.47065/Ekuitas.V3i3.1279

Rasmikayati, E., Fauziah, Y. D., Trimo, L., Andriani, R., Kusumo, B., & Saefudin, B. R. (2021). Analisis Karakteristik Konsumen Produk Olahan Mangga Ditinjau Dari Aspek Demografis, Geografis, Psikografis Serta Perilaku Konsumen Sebelum Dan Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(2), 1618–1638. Https://Lifepal.Co.Id/Media/Cerita-Sukses-

Shofi’unnafi. (2022). Analisis Deskriptif Desa Wisata Religi Mlangi Berbasis Komponen 3a (Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas) Pariwisat. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 13, 69–85. Https://Doi.Org/10.20414/Komunitas.V13i1.4833

Simatupang, L. N., & Hotimah, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Suasana Toko, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Indomaret Jalan Sultan Iskandar Muda Kebayoran Lama. Jurnal Manajemen, 4(1), 28–38. Https://Doi.Org/10.54964/Manajemen.V4i1.131

Sinambela, E. A., Mardikaningsih, R., & Darmawan, D. (2021). Pengaruh Citra Toko, Suasana Toko Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. 5, 10234–10241.

Susanto, G. A., & Adiwijaya, M. (2023). The Effect Of Visual Merchandise And Store Atmosphere On Purchase Decision With Hedonic Orientation As Moderator. Petra International Journal Of Business Studies, 6(1), 1–9. Https://Doi.Org/10.9744/Petraijbs.6.1.1-9

Tania, A. E., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 75–84. Https://Doi.Org/10.37606/Publik.V9i1.258

Wulandari, W. T. O. S., Susena, K. C., & Handayani, S. (2022). The Effect Of Store Atmosphere And Location On Purchase Decisions In Bengkulu City Mode Shopping. Journal Of Indonesian Management (Jim), 2(1), 21–26. Https://Doi.Org/10.53697/Jim.V2i1.440
Published
2024-09-04
Abstract viewed = 2 times