Pengaruh Daya Tarik Wisata terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan di Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh enam elemen penting daya tarik wisata terhadap minat berkunjung kembali. Menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, penelitian ini melibatkan 100 responden yang merupakan wisatawan Setu Babakan. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan kuesioner, lalu diolah dengan IBM SPSS versi 25 menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi attraction, accessibility, ancillary service, dan activity berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung kembali, sedangkan dimensi amenity dan available package tidak berpengaruh signifikan. Secara simultan, daya tarik wisata mempengaruhi minat berkunjung kembali sebesar 74,2%, dengan sisanya dipengaruhi faktor lain. Kesimpulannya, daya tarik wisata berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung kembali, sehingga pengelola perlu terus berinovasi untuk meningkatkan daya tarik wisata agar menarik lebih banyak wisatawan dan meningkatkan minat kunjungan kembali.
Kata Kunci: Daya Tarik, Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Minat berkunjung Kembali.
References
Afif, Z., Azhari, D. S., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Ilmiah (Kuantitatif) Beserta Paradigma, Pendekatan, Asumsi Dasar, Karakteristik, Metode Analisis Data Dan Outputnya. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 682–693. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.2260
Alfitriani, A., Putri, W. A., & Ummasyroh, U. (2021). Pengaruh Komponen 4A Terhadap Minat Kunjung Ulang Wisatawan Pada Destinasi Wisata Bayt Al-Qur’an Al-Akbar Kota Palembang. Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 66–77. https://doi.org/10.5281/zenodo.4697464
Andina, S. A., & Aliyah, I. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Wisatawan Dalam Mengunjungi Wisata Budaya Candi Borobudur. Cakra Wisata: Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 22(3). https://jurnal.uns.ac.id/cakra-wisata/article/view/50025/31032
Anggoro, D. A., & Baskor, D. A. (2023). Pengaruh Daya Tarik Wisata terhadap Keputusan Berkunjung ke Anjungan. Garuda: Global Research on Tourism Development and Advancement, 5(2), 81–106. https://doi.org/10.21632/garuda.5.2.81-106
Asmoro, A. Y., Bachri, T. B. ., & Detmuliati, A. (2021). Analisis Potensi Wisata Desa dengan Kerangka 6A: Studi Kasus Desa Ngajum, Malang. Media Wisata, 18(2), 231–250. https://doi.org/10.36276/mws.v18i2.103
Aziz, A. (2019). Peran Layanan Jasa Dalam Memberikan Kepuasan Wisatawan Dan Minat Berkunjung Ulang Pada Obyek Wisata Hutan Mangrove Pandansari Brebes. Jurnal Manajemen, 2(3), 273–280.
Batubaral, R. P., & Putri, A. (2022). Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Ulang Wisatawan Di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Jurnal Industri Pariwisata. 4(2). https://doi.org/10.36441/pariwisata.v4i2.657
Celina, F., & Sarudin, R. (2023). Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Petak Sembilan Jakarta Barat. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(4), 2345–2355. https://doi.org/10.55681/jige.v4i4.1295
Djunaid, I. S. (2020). Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Objek Wisata Kawasan Taman Fatahilah Di Kotatua Jakarta. In Jurnal Pesona Hospitality. 13(1). https://jurnal.pertiwi.ac.id/index.php/pesonahospitality/article/view/62/47
Fernanda, E., Weishaguna, W. (2023). Arahan Penataan Promenade Setu Babakan. Jurnal Riset Perencanaan Wilayah dan Kota (JRPK). 3(2). 115-128. https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPWK/article/download/2750/1528/23171
Hadi, W. (2024). Menggali Potensi Kampung Wisata Di Kota Yogyakarta Sebagai Daya Tarik Wisatawan. Journal of Tourism and Economic, 2(2), 129-139. https://doi.org/10.36594/jtec/08yq9670
Handayani, S., Wahyudin, N., & Khairiyansyah, K. (2019). Fasilitas, Aksesibilitas Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 20(2), 123–133. https://doi.org/10.30596/jimb.v20i2.3228
Hasanah, R. (2019). Kearifan Lokal Sebagai Daya Tarik Wisata Budaya Di Desa Sade Kabupaten Lombok Tengah. Deskovi : Art and Design Journal, 2(1), 45–52. https://doi.org/10.51804/deskovi.v2i1.409
Hayati, N., & Suryasih, I. (2019). Strategi Pengelolaan Kampung Betawi Setu Babakan Sebagai Daya Tarik Wisata Di Jakarta Selatan. Jurnal Destinasi Pariwisata, 7(1), 105-110. doi:10.24843/JDEPAR.2019.v07.i01.p16
Irena, F., & Sarudin, R. (2023). Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata Kuliner Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Pasar Lama Tangerang . Jurnal Ilmiah Global Education, 4(4), 2027–2037. https://doi.org/10.55681/jige.v4i4.1261
Jannah, R., Putri, B. G. Y., Samsudin, S., Rahman, Y. A., & Nuriadi, N. (2021). Promosi Dan Pemasaran Dalam Pengembangan Taman Wisata Edukasi Jabal Rahmah Desa Jango Kecamatan Janapria. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i1.558
Kania, D., & Tarsidi, D. (2022). Pentingnya Pengetahuan Usia Dewasa Menurut Hukum Bagi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 5(1), 97-105. https://doi.org/10.47080/propatria.v5i1.1877
Lensari, D., Yusuf, M. I., & Sukaryanto, A. (2022). The Development For The FOR Potential of Besak - Besak Ecotourism, Tanjung Beringin Village Selatan Merapi Sub-District Lahat District South Sematra Province. SYLVA: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Kehutanan, 11(1). 8–20. https://jurnal.um-palembang.ac.id/sylva/article/view/4727/3005
Malikhah, S., Fadhilah, M., & Welsa, H. (2023). Meningkatkan Minat Berkunjung Kembali melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening pada Pengunjung Domestik Wisata Puncak Becici Yogyakarta. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(2), 1814. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i2.1479
Mohamad Bagus Chanif Muslim. (2022). Pengaruh Atraksi, Aktivitas, Amenitas Dan Aksesibilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Taman Nusa Bali. Jurnal Visi Manajemen, 8(1), 74–87. https://doi.org/10.56910/jvm.v8i1.200
Nugraha, R., & Indriani, P. (2022). Peningkatan Kualitas Pelayanan UPK Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(23), 51-57. https://doi.org/10.5281/zenodo.7384948
Pratiwi, Z., & Prakosa, A. (2021). Pengaruh Media Sosial, Event Pariwisata, Dan Fasilitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Di Sandboarding Gumuk Pasir Parangkusumo. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 11(1), 74. https://doi.org/10.12928/fokus.v11i1.3851
Viela, T. A., & Nuswantoro, D. (2021). Pengaruh Iklan dan Program Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian Pada Platform E Commerce Tiktok Shop. FORUM EKONOMI, 23(4), 632–639. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI
Witomo, C. M., Harahap, N., & Kurniawan, A. (2020). Nilai Manfaat Pariwisata Ekosistem Terumbu Karang Taman Wisata Perairan Gita Nada Sekotong Lombok. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan, 15(2), 169–184. https://doi.org/10.15578/jsekp.v15i2.9234
Zuhriah, I. A. (2022). Dampak Attraction, Accessibility, Amenity, Ancillary Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Destinasi Wisata Religi Makam Gus Dur Kabupaten Jombang. Jurnal Tesla, 2(1), 1–11. https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jt/article/view/7210/pdf
Copyright (c) 2024 Hellen Hellen, Prayogo Susanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.