Pengaruh Komponen 4A Pariwisata terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Objek Wisata Danau Pading

  • Ricky Lie Universitas Bunda Mulia
  • Dewanta Facrureza Universitas Bunda Mulia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Komponen 4A Pariwisata terhadap minat berkunjung wisatawan di objek wisata Danau Pading Kabupaten Bangka Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan subjek penelitian yaitu adalah pengunjung objek wisata Danau Pading. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien regresi dari analisis ini yaitu sebesar 58,2% yang berarti bahwa pengaruh Komponen 4A (Attraction, Accessibility, Amenities, dan Ancillary) Pariwisata terhadap minat berkunjung adalah sebesar 58,2% sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Komponen 4A Pariwisata terhadap minat berkunjung wisatawan di objek wisata Danau Pading Kabupaten Bangka Tengah. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi Attraction (X1), Accessbility (X2), dan Ancillary (X4) memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat berkunjung. Sedangkan untuk dimensi Amenities (X3) tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat berkunjung. Variabel Komponen 4A Pariwisata secara simultan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan di objek wisata Danau Pading.

Kata Kunci: Komponen 4A Pariwisata, Minat Berkunjung, Wisatawan.

References

Afifah, K. D. N. (2023). Peran Experiental Marketing Dalam Meningkatkan Minat Berkunjung Ulang Pada Wisata Edu Park (Studi Kasus Pada Jawa Timur Park 3). (Universitas Muhammadiyah Malang). https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/3246/

Alfitriani, Putri, W. A., & Ummasyroh. (2021). Pengaruh Komponen 4A Terhadap Minat Kunjung Ulang Wisatawan Pada Destinasi Wisata Bayt Al-Qur’an Al-Akbar Kota Palembang. Aplikasi Manajemen & Bisnis, 1(2), 66–77. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/JAMB

Anggrainy, S. D., Sulaiman, A., & Herdiyanti. (2023). Community Based Tourism Development: Studi on Lake Pading Tourism in the Lubuk Besar Sub-Districk Village, Central Bangka Regency. Social Science Studies, 3(1), 618–629. https://doi.org/10.47153/sss31.5582023

Anggreini, M. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance Sebagai Pemoderasi Pada Perusahaan Sektor Barang Konsumen Primer Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018 – 2020. (Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie). http://eprints.kwikkiangie.ac.id/4058/

Aryanto, R. (2024). Timah Bangka Belitung Yang Mendunia. DPMPTSP BABEL. https://dpmptsp.babelprov.go.id/content/timah-bangka-belitung-yang-mendunia

Auliani, V. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Reputasi Kantor Akuntan Publik (KAP) Terhadap Audit Delay Pada Perusahaan Properti dan Real Estat Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020. (Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie). http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3958

BPS. (2024). Luas Wilayah Bangka Tengah (km2), 2021-2023. BPS Kabupaten Bangka Tengah. https://bangkatengahkab.bps.go.id/indicator/153/33/1/luas-wilayah-bangka-tengah.html

Damanik, A. G. (2023). Analisis Pengembangan Komponen 4a (Attraction, Amenities, Ancillary Dan Accessibility) Daya Tarik Wisata Green Bowl Beach Bali. (Universitas Pradita). https://repository.pradita.ac.id/id/eprint/198

Edrea, M., & Dewantara, Y. F. (2023). Analisis 4A terhadap Minat Berkunjung di Museum Nasional Jakarta. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6953–6962. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2840

Edrick, N. (2022). Pengaruh Kekuatan Pesan Instagram @Ganjar_Pranowo melalui Perilaku Pemilih terhadap Tingkat Popularitas Ganjar di Kalangan Generasi Z. (Universitas Multimedia Nusantara). https://rama.kemdikbud.go.id/document/detail/oai:kc.umn.ac.id:22044-11

Facrureza, D. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Wisatawan Berkunjung Ke Curug Cinulang, Kabupaten Sumedang. Jurnal Sains Terapan, 5(2), 50–60. https://jstp.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/653

Fahrudin, S. (2022). Implementasi Penguatan Akuntabilitas Dalam Pembangunan Zona Integritas Di Polres Metro Bekasi Kabupaten. (Universitas Muhammadiyah Jakarta). https://repository.umj.ac.id/9338/

Heliany, I. (2019). Wonderful Digital Tourism Indonesia dan Peran Revolusi Industri dalam Menghadapi Era Ekononomi digital 5.0. Destinesia: Jurnal Hospitaliti & Pariwisata. 1(1). https://doi.org/10.31334/jd.v1i1.551

Hidayah, N. (2023). Wisatawan, Excursionist, Travelers, Visitors: Konsep Lengkap. Pemasaran & Pariwisata. https://pemasaranpariwisata.com/2023/01/10/wisatawan/

Ismi, N. (2022). Tambang Timah dan Masa Depan Generasi Muda Bangka Belitung. Mongabay Indonesia. https://www.mongabay.co.id/2022/12/27/tambang-timah-dan-masa-depan-generasi-muda-bangka-belitung/

Kadek Arya Kusuma Yoga, I., Shanty Muni Parwati, K., & Lanovia Amir, F. (2022). Analisis 4a Moana Fish Eatry Canggu Pada Era New Normal. SIWAYANG Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Pariwisata, Kebudayaan, Dan Antropologi, 1(3), 153–162. https://doi.org/10.54443/siwayang.v1i3.408

Kemenparekraf. (2020). Wisata Danau Pading. Kemenparekraf Indonesia. https://jadesta.kemenparekraf.go.id/atraksi/wisata_danau_pading#:~:text=Perjalanan%20menuju%20lokasi%20ini%20ditempuh,perjalanan%20sekitar%20satu%20setengah%20jam

Kusuma, K. D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada UD. Suro Menggolo di Pisangan Lama 1. (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta). http://repository.stei.ac.id/8921/

Listiani. (2023). Pengaruh Reputasi Perusahaan, Online Customer Review, Dan Online Customer Rating Terhadap Tingkat Kepercayaan Konsumen (Studi Pada Pengguna Allofresh Di Jakarta). (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia). http://repository.stei.ac.id/10805/

Maghfira, S. (2022). Pengaruh Iklan Dan Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Humble Coffee Majalengka). (Universitas Pasundan Bandung). http://repository.unpas.ac.id/59870/

Masriana, M. (2019). Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat (Community Based Tourism) di Pantai Ide Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makasar. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/7232-Full_Text.pdf

Meidy Alfandy, A. R. K. (2023). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Kawasan Pecinan Glodok Jakarta Barat Sebagai Wisata Sejarah Dan Budaya. Jurnal Fusion, 3(09), 949–961. https://doi.org/10.54543/fusion.v3i09.358

Nabilawati, R. (2023). Pengaruh Masa Kerja, Pelatihan, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan (Studi Kasus Karyawan PT Yamaha Indonesia). (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia). http://repository.stei.ac.id/10820/

Ningtiyas, E. A. ., & Alvianna, S. (2021). Analisis Pengaruh Attraction, Accessibility, Amenity, Ancillary terhadap Minat Berkunjung Wisatawan melalui Loyalitas Wisatawan sebagai Variabel Mediasi. Media Wisata, 19(1), 83–96. https://doi.org/10.36276/mws.v19i1.69

Ningtiyas, E. A., & Alvianna, S. (2021). Analisis Pengaruh Attraction, Accessibility, Amenity, Ancillary terhadap Minat Berkunjung Wisatawan melalui Loyalitas Wisatawan sebagai Variabel Mediasi. Media Wisata, 19(1), 83–96. https://doi.org/10.36276/mws.v19i1.69

Nurbaeti, N., Rahmanita, M., Amrullah, A., Ratnaningtyas, H., & Nurmalinda, E. (2022). Pengaruh Komponen 4A terhadap Minat Berkunjung Kembali dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening pada Telaga Biru Cisoka, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Jurnal Kawistara, 12(3), 354. https://doi.org/10.22146/kawistara.69846

PKP Bangka Belitung. (2020). Perkim.Id. https://perkim.id/profil-pkp/profil-provinsi/profil-perumahan-dan-kawasan-permukiman-provinsi-bangka-belitung/

Sari, R. W. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Karyawan PT. Multijaya Adyaraya Lampung Utara. (IIB Darmajaya). http://repo.darmajaya.ac.id/12130/

Setiawati, E. M. (2023). Pemetaan Sebaran Objek Wisata Alam Di Kota Bandar Lampung. (Universitas Lampung). http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71790

Setyanto, I. (2019). Pengaruh Komponen Destinasi Wisata (4A) Terhadap Kepuasan Pengunjung Pantai Gemah Tulungagung. (Universitas Brawijaya). http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172016

Shandy, S. N. (2022). Analisis Minat Wisatawan Terhadap Virtual Tour Atourin Selama Pandemi. (Politeknik Negeri Bandung). https://digilib.polban.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptppolban-gdl-sherinnisr-14125

Vernandi, V. (2022). Pengaruh Kegiatan Public Relations Suara Merdeka Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Kota Semarang. (Universitas Katolik Soegijapranata). http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30602

Wiliana, W. I. (2022). Pengaruh 4A (Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas Dan Ancillary) Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Berkunjung Ke Gallery Water Karangmangu (GWK) Baturraden. (UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto).

Wulandari, O. T., & Jannah, M. (2023). Strategi Pemasaran Pariwisata 4A (Attraction, Accessibility, Amenity, Dan Ancillary) Terhadap Minat Wisatawan Mengunjungi Kembali Pantai Camplong Kabupaten Sampang. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 13(4), 411–418. https://doi.org/10.52643/jam.v13i4.3590

Zuhriah, I. A., Alvianna, S/. Hidayatullah, S., Patalo, R. G. Widiawati, D. (2022). Dampak Attraction, Accessibility, Amenity, Ancillary Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Destinasi Wisata Religi Makam Gus Dur Kabupaten Jombang. Jurnal Tesla: Perhotelan-Destinasi Wisata -Perjalanan Wisata, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.26905/jt.v2i1.7210

Zulhamdi. (2021). Pengaruh Promosi Online Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Ke Masjid Islamic Centre Rokan Hulu. (Universitas Islam Riau). http://repository.uir.ac.id/id/eprint/6236
Published
2024-09-20
Abstract viewed = 5 times
PDF downloaded = 2 times