Resistensi Kesenian Rodat pada Upacara Adat

  • Willy Lontoh Universitas PGRI Silampari
  • Dedy Firduansyah Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui bentuk resistensi kesenian Rodat pada upacara adat di kota Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data-data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. dan dianalisis secara analisis isi dan analisis data interaktif. Teknik keabsahan data secara utama menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian bahwa proses resistensi kesenian Rodat melalui pendidikan non formal dan informal. Kegiatan non formal dengan melakukan pembelajaran dirumah-rumah tokoh Rodat berupa adanya group. Sedangkan pendidikan informal berupa penyebaran kepada anak didik turunannya, ayah kepada anaknya, saudara yang satu kepada saudara yang lainnya. Simpulan penelitian upaya lain dalam melestarikan kesenian Rodat agar tetap bertahan yakni pelaku seniman Rodat bekerja sama dengan dinas pariwisata berupaya untuk tetap berkesenian Rodat dengan cara mengadakan berbagai kegiatan baik itu berupa festival, pameran, dan kegiatan seni yang mengikutsertakan segala kebudayaan yang ada seperti dalam memperingati hari lahirnya Kota Palembang atau yang lebih dikenal dengan festival Sriwijaya.

Kata Kunci : Informal, Non-Formal, Pendidikan, Resistensi.

 

References

Dewantara, K. H. (2011). Kebudayaan: Bagian 2. Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa. Yogyakarta

Djokaho, M. P. E. (2013). Pergeseran Fungsi Tari Ja’I dari Ritual Ke Profan di Kota Kupang Tesis Program Studi Pendidikan Seni. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. http://repository.upi.edu/2903/1/T_PSN_1101233_Title.pdf

Lusi, D. (2018), Resistensi Karyawan Terhadap Direktur Rumah Sakit (Studi Kasus Di Rumah Sakit Umum Daerah Muyang Kute Kabupaten Bener Meriah). Prodi Sosiologi FISIP Universitas Malikussaleh.

Nasution, N. A. (2017). Seni Islam sebagai Media Dakwah. (Studi Kasus: Kesenian Tari Badui di Dusun Semampir, Desa Tambakrejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Yogyakarta). JUSPI: Jurnal Sejarah Peradaban Islam. 1(2). 298-310. https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/juspi/article/download/1205/960

Nuzula, W., Nirzalin, N., Fauzi, F., Fakhrurrazi, F. (2021). Resistensi Masyarakat Terhadap Geuchik Dalam Penanganan Pandemi Covid-19 (Studi di Gampong Kampung Tengah Kecamatan Kuala Batee Kabupaten Aceh Barat Daya). Jurnal Sosiologi Dialektika Sosial. 8(11). 44-55.

Rohidi, T. R. (2011). Metodologi Penelitian Seni. CV Cipta Prima Nusantara. Semarang

Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta. Bandung

Sulasman, S., dan Setia, G, M. (2013). Teori-Teori Kebudayaan. Pustaka Setia. Bandung

Tafsir, A. (2008). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. PT Remaja Rosda Karya. Bandung
Published
2024-07-30
Abstract viewed = 3 times
PDF downloaded = 4 times