Analisis Motivasi Wisatawan terhadap Keputusan Berkunjung ke Destinasi Dark Tourism (Studi Kasus Museum Prasasti)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Wisatawan (X) terhadap Keputusan Berkunjung di Museum Prasasti, Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersikap deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu variabel Motivasi Wisatawan (X) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan Berkunjung (Y) sebesar 62.9%, dan diperoleh hasil uji T yaitu t hitung > t tabel (12.893 > 1.984). Kesimpulan adanya hubungan positif dan signifikan antara motivasi wisatawan (variabel X) dengan keputusan untuk berkunjung ke Museum Prasasti. Hal ini didukung oleh hasil uji T yang menunjukkan tingkat signifikansi 0,00 (kurang dari 0,05) dan nilai t-hitung 12,893 yang lebih besar dari t-tabel 1,984217. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa motivasi wisatawan secara signifikan mempengaruhi pilihan mereka untuk mengunjungi museum tersebut.
Kata Kunci: Dark Tourism, Keputusan Berkunjung, Museum Prasasti, Motivasi Wisatawan
References
Asyraf, J. A., Malihah, E., & Andari, R. (2022). Tren Wisata Horor Dikalangan Generasi Z. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(1), 4313-4318. https://doi.org/10.47492/jip.v3i1.1637
Aurani, S. S., Oktaviany, V. (2023, December). Ketertarikan Wisatawan Pada Dark Tourism. Open Journal System, Media Bina Ilmiah. 18(5), https://doi.org/10.33758/mbi.v18i5.521
Bulan, T. P. L., Junaida, E., MAitama, M. H. (2021, Juni). Daya Tarik Wisata, Motivasi Dan Keputusan Berkunjung Di Objek Wisata Pantai Berawe. Jurnal Akuntansi Audit Dan Perpajakan Indonesia, 2(1), 115-123. https://doi.org/10.32696/jaapi.v2i1.733
Damayanti, A. R., & Ardiansyah, M. (2024). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak (SRA) oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam Mencegah Kekerasan Pada Anak di Kota Bandar Lampung. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 3(6), 91–100. https://doi.org/10.6578/triwikrama.v3i6.2896
Dewi, L. K. C., Widagdo, S., Martini, L. K. B., & Suardana, I. B. R. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Keputusan Wisatawan Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi. Ekuitas (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 6(2). https://doi.org/10.24034/j25485024.y2022.v6.i2.5205
Fadila, R. A., & Wulandari, A. P. (2023). Literature Review Analisis Data Kualitatif: Tahap Pengumpulan Data. Mitita Jurnal Penelitian, 1(3), 34–46. https://jurnalmitita.univpasifik.ac.id/index.php/mjp/article/view/47/42
Giri, R. D. (2019, April 1). Visitor's Characteristic And Motivation At Museum Prasasti As Dark Tourism Site In Jakarta. Gadjah Mada Jurnal of Tourism Studies. 2(1), 1-9. https://doi.org/10.22146/gamajts.v2i1.56843
Kinanti, P. F., Rosdiana, Y. (2022). Pengaruh Operating Leverage Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2016-2020. Bandung Conference Series: Accountancy. 245-253. https://doi.org/10.29313/bcsa.v2i1.1354
Lawby, C., Feroda, P., Thin, S. (2022). Motivasi Dan Minat Berkunjung Kembali Ke Destinasi Dark Tourism: Studi Kasus Lawang Sewu, Semarang. JMP: Jurnal Manajemen Perhotelan, 8(1), 1-13. https://repository.petra.ac.id/19745/1/Publikasi1_98021_8564.pdf
Mujtahidin, M., & Oktarianto, L. M. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Dasar: Kajian Perspektif Filsafat Ilmu. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(1), 108–118. Https://Doi.Org/10.3390/Su12104306
Munthe, E., & Sitorus, H. (2022). Strategi Komunikasi Pariwisata Makam Tua Raja Sidabutar Sebagai Citra Ambarita. Jurnal Social Opinion: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 6(2), 104-114. Retrieved from https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/socialopinion/article/view/1262
Sari, L. P. R. P., Zuraida, L. (2019, Maret 1). Motivasi Wisatawan Mancanegara Berwisata Ke Ubud, Kabupaten Gianyar. Jurnal Kepariwisataan, 18(1), 45-55. https://ejournal.ppb.ac.id/index.php/jpar/article/view/366/305
Setiawan, S. (2021). Pengaruh Inflasi, Fdr, Dan Bopo Terhadap Npf (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2016- 2019). Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. https://etheses.iainponorogo.ac.id/13647/1/210817230_Sugengsetiawan_PS.pdf
Steven, S., & Pratiwi, R. (2020). Pengaruh Green Marketing, Green Brand Image, Packaging, Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Pada Loyalitas (Survey Pada Pelanggan Starbucks Di Kota Pontianak). Jurnal Produktivitas, 7, 189–195. Www.Openjurnal.Unmuhpnk.Ac.Id/Index.Php/Jp
Sugiarto, E., Makiya, K. R., Prastyo, H., Priyanto, S. E., Deskarina, R., Rohman, N., Nugroho, D. Y. (2023). Perilaku Wisatawan. Cetakan Pertama. Mata Kata Inspirasi. Bantul
Unit Pengelola Museum Kesejarahan Jakarta. (2023). Museum Prasasti. Retrieved February 20, 2024, From Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia: https://museum.kemdikbud.go.id/museum/profile/museum++prasasti
Widiati, E., & Utami, A. R. (2023). Faktor Motivasi Kunjungan Wisatawan Labuan Bajo Pada Masa Pandemi Covid-19. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 5(1), 10. Https://Doi.Org/10.37253/Altasia.V5i1.6819
Copyright (c) 2024 Olga Sania Angelina, Vishnuvardhana S. Soeprapto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.