Pengaruh Museum Atmosphere terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Museum Bahari
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh museum Atmosphere terhadap keputusan berkunjung di Museum Bahari Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatiftatif dengan pendekatan asosiatif. Hasil penelitian mempertunjukkan bahwa Variabel Museum Atmosphere dengan Dimensi Exterior dan Interior memiliki pengaruh signifikan terhadap Variabel Keputusan Berkunjung. Dan dimensi Layout serta Display tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Variabel Keputusan Berkunjung. Museum Bahari Jakarta mempunyai Museum Atmosphere yang baik dibuktikan dengan hasil penelitian yang mempertunjukkan bahwa Variabel Museum Atmosphere (X) memiliki pengaruh simultan terhadap Variabel Keputusan Berkunjung (Y), dengan nilai f hitung senilai 16,017 lebih besar dari nilai f tabel yaitu 2,467. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Dimensi Eksterior dan General Interior Museum Bahari Jakarta berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung, masing-masing dengan pengaruh sebesar 42,7% dan 34%. Sementara itu, Dimensi Layout dan Museum Display tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung, dengan pengaruh masing-masing sebesar 11,8% dan -1,2%. Secara simultan, keseluruhan dimensi Museum Atmosphere berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung, berdasarkan uji F.
Kata Kunci: Atmosphere, Keputusan Berkunjung, Museum Bahari Jakarta.
References
Budiono, A., & Siregar, O. M. (2023). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Kafe Minum Kopi Medan Johor. Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(4), 376–386. https://doi.org/10.572349/mufakat.v2i4.884
Ferdiko, O., Dita, A. S. M., Indah, C. D., & Jase, L. (2023). Analisa Pengaruh Price, Location, Responsiveness Dan Atmosphere Terhadap Revisit Intention Dimediasi Oleh Customer Satisfaction. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 3(1), 81–94. https://doi.org/10.53625/juremi.v3i1.6024
Gunawan, A., Indrawan, H., & Widyani, A. I. (2023). Lighting Application On The Collection Display Of The Textile Museum, Jakarta. International Journal of Application on Social Science and Humanities. 1(2), 1534–1541. https://journal.untar.ac.id/index.php/ijassh/article/view/27736/16630
Koto, F. F., Soebijakto, G. S. A., & Adriana, E. (2023). Analisis Pengaruh Atmosfer Café Dan Customer Experience Terhadap Pengambilan Keputusan Customer Yaitu Mahasiswa Malang Dalam Pemilihan Tempat Coffee Shop Untuk Belajar. Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 3(3), 8–19. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i3.1332
Paschou, S., & Papaioannou, G. (2023). Exploring the Digital Atmosphere of Museums: Perspectives and Potential. Technologies, 11(5). https://doi.org/10.3390/technologies11050149
Pitaya, P., Baiquni, M., Marsono, M., & Nopirin, N. (2019). Paradigma Historis Backpacking Travel Sebagai Perjalanan Wisata. Jurnal Pariwisata Terapan, 3(1), 34. https://doi.org/10.22146/jpt.49274
Prakasa Restuputra, M. D., & Rahanatha, G. B. (2020). Promosi Penjualan, Store Atmosphere, Dan Brand Image Berpengaruh Terhadap Repurchase Intention. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(8), 3019. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i08.p07
Pratiwi, Y., Mega, S. W., & Ambarwati, D. (2023). Pengaruh Service Quality dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Samudra Supermarket Kediri. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi Ekonomi. 1(2), 10–20. https://doi.org/https://doi.org/10.8734/mnmae.v1i2.337
Reza Jalilvand, M., & Samiei, N. (2012). The effect of word of mouth on inbound tourists’ decision for traveling to Islamic destinations (the case of Isfahan as a tourist destination in Iran). Journal of Islamic Marketing, 3(1), 12–21. https://doi.org/10.1108/17590831211206554
Riskiyah, N., Kunaifi, A., Matnin, M., & Asyari, Q. (2020). Store Atmosphere Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Pada Restoran Kapal Jodoh Batu Marmar Pamekasan. Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 8(2), 54–62. https://doi.org/10.37812/aliqtishod.v8i2.158
Sari, T. N. (16 Oktober 2022). Jakarta Marathon Reborn. Kementerian Skeretariat Negara Republik Indonesia. Diakses dari: https://www.setneg.go.id/baca/index/jakarta_marathon_reborn
Shafly, L. N., & Dewanti, R. L. (2023). Pengaruh Atmosfer Situsr dan Kemudahan Penggunaan Terhadap emotional Arousal Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs E-Commerce. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 6(4), 430–445. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v6i4.288
Sindi, O. (2022). Pengaruh Advertising Instagram Dan Suasana Toko Terhadap Minat Beli. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(6), 763–767. https://doi.org/10.56799/jceki.v1i6.812
Sofiyanti, D. N., Wahyuni, S., & Widodo, J. (2022). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dira Cafe and Pool Ambulu Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 2(1), 39–51. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v2i1.18025
Subagyo, & Nasyatul, A. (2020). Pengaruh Store Atmosphere, Brand Ambassador Dan Green Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Innisfree Central Park Mall. Jurnal Manajemen, 5(1), 42–58. https://doi.org/10.54964/manajemen.v5i1.149
Sugiharto, T., Nersiwad, & Kasnowo. (2022). Pengaruh Digital Marketing Instagram Dan Cafe Atmosphere TerhadapMinat Kunjungan Pada Cafe Gartenhutte Trawas-Mojokerto. JCI Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(11), 3135–3142. http://bajangjournal.com/index.php/JCI
Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatiftatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan ke). Alfabeta. Bandung
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatiftatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategi. Andi Publisher. Yogyakarta
Tobing, A. G. L. (2 November 2023). Jakarta Masih Jadi Destinasi Favorit Wisatawan Mancanegara. Beritajakarta.Id. https://m.beritajakarta.id/read/131095/jakarta-masih-jadi-destinasi-favorit-wisatawan-mancanegara
Wardani, E. K., Purwanto, S., Pembangunan, U., Veteran, N. ", & Timur, J. (2023). Pengaruh Store Atmosphere Dan Perceived Quality Terhadap Repurchase Intention Pelanggan Kedai Kopi Janji Jiwa Di Kota Surabaya. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(5), 6631–6639. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Copyright (c) 2024 Desnecia Hellena Margau, Imam Ardiansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.