Pengaruh Museum Atmosphere terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Museum Bahari

  • Desnecia Hellena Margau Universitas Bunda Mulia
  • Imam Ardiansyah Universitas Bunda Mulia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh museum Atmosphere terhadap keputusan berkunjung di Museum Bahari Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatiftatif dengan pendekatan asosiatif. Hasil penelitian mempertunjukkan bahwa Variabel Museum Atmosphere dengan Dimensi Exterior dan Interior memiliki pengaruh signifikan terhadap Variabel Keputusan Berkunjung. Dan dimensi Layout serta Display tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Variabel Keputusan Berkunjung. Museum Bahari Jakarta mempunyai Museum Atmosphere yang baik dibuktikan dengan hasil penelitian yang mempertunjukkan bahwa Variabel Museum Atmosphere (X) memiliki pengaruh simultan terhadap Variabel Keputusan Berkunjung (Y), dengan nilai f hitung senilai 16,017 lebih besar dari nilai f tabel yaitu 2,467.  Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Dimensi Eksterior dan General Interior Museum Bahari Jakarta berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung, masing-masing dengan pengaruh sebesar 42,7% dan 34%. Sementara itu, Dimensi Layout dan Museum Display tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung, dengan pengaruh masing-masing sebesar 11,8% dan -1,2%. Secara simultan, keseluruhan dimensi Museum Atmosphere berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung, berdasarkan uji F.

Kata Kunci: Atmosphere, Keputusan Berkunjung, Museum Bahari Jakarta.

References

Alma, B. (2017). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung

Budiono, A., & Siregar, O. M. (2023). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Kafe Minum Kopi Medan Johor. Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(4), 376–386. https://doi.org/10.572349/mufakat.v2i4.884

Ferdiko, O., Dita, A. S. M., Indah, C. D., & Jase, L. (2023). Analisa Pengaruh Price, Location, Responsiveness Dan Atmosphere Terhadap Revisit Intention Dimediasi Oleh Customer Satisfaction. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 3(1), 81–94. https://doi.org/10.53625/juremi.v3i1.6024

Gunawan, A., Indrawan, H., & Widyani, A. I. (2023). Lighting Application On The Collection Display Of The Textile Museum, Jakarta. International Journal of Application on Social Science and Humanities. 1(2), 1534–1541. https://journal.untar.ac.id/index.php/ijassh/article/view/27736/16630

Koto, F. F., Soebijakto, G. S. A., & Adriana, E. (2023). Analisis Pengaruh Atmosfer Café Dan Customer Experience Terhadap Pengambilan Keputusan Customer Yaitu Mahasiswa Malang Dalam Pemilihan Tempat Coffee Shop Untuk Belajar. Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 3(3), 8–19. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i3.1332

Paschou, S., & Papaioannou, G. (2023). Exploring the Digital Atmosphere of Museums: Perspectives and Potential. Technologies, 11(5). https://doi.org/10.3390/technologies11050149

Pitaya, P., Baiquni, M., Marsono, M., & Nopirin, N. (2019). Paradigma Historis Backpacking Travel Sebagai Perjalanan Wisata. Jurnal Pariwisata Terapan, 3(1), 34. https://doi.org/10.22146/jpt.49274

Prakasa Restuputra, M. D., & Rahanatha, G. B. (2020). Promosi Penjualan, Store Atmosphere, Dan Brand Image Berpengaruh Terhadap Repurchase Intention. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(8), 3019. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i08.p07

Pratiwi, Y., Mega, S. W., & Ambarwati, D. (2023). Pengaruh Service Quality dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Samudra Supermarket Kediri. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi Ekonomi. 1(2), 10–20. https://doi.org/https://doi.org/10.8734/mnmae.v1i2.337

Reza Jalilvand, M., & Samiei, N. (2012). The effect of word of mouth on inbound tourists’ decision for traveling to Islamic destinations (the case of Isfahan as a tourist destination in Iran). Journal of Islamic Marketing, 3(1), 12–21. https://doi.org/10.1108/17590831211206554

Riskiyah, N., Kunaifi, A., Matnin, M., & Asyari, Q. (2020). Store Atmosphere Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Pada Restoran Kapal Jodoh Batu Marmar Pamekasan. Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 8(2), 54–62. https://doi.org/10.37812/aliqtishod.v8i2.158

Sari, T. N. (16 Oktober 2022). Jakarta Marathon Reborn. Kementerian Skeretariat Negara Republik Indonesia. Diakses dari: https://www.setneg.go.id/baca/index/jakarta_marathon_reborn

Shafly, L. N., & Dewanti, R. L. (2023). Pengaruh Atmosfer Situsr dan Kemudahan Penggunaan Terhadap emotional Arousal Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs E-Commerce. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 6(4), 430–445. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v6i4.288

Sindi, O. (2022). Pengaruh Advertising Instagram Dan Suasana Toko Terhadap Minat Beli. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(6), 763–767. https://doi.org/10.56799/jceki.v1i6.812

Sofiyanti, D. N., Wahyuni, S., & Widodo, J. (2022). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dira Cafe and Pool Ambulu Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 2(1), 39–51. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v2i1.18025

Subagyo, & Nasyatul, A. (2020). Pengaruh Store Atmosphere, Brand Ambassador Dan Green Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Innisfree Central Park Mall. Jurnal Manajemen, 5(1), 42–58. https://doi.org/10.54964/manajemen.v5i1.149

Sugiharto, T., Nersiwad, & Kasnowo. (2022). Pengaruh Digital Marketing Instagram Dan Cafe Atmosphere TerhadapMinat Kunjungan Pada Cafe Gartenhutte Trawas-Mojokerto. JCI Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(11), 3135–3142. http://bajangjournal.com/index.php/JCI

Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatiftatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan ke). Alfabeta. Bandung

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatiftatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategi. Andi Publisher. Yogyakarta

Tobing, A. G. L. (2 November 2023). Jakarta Masih Jadi Destinasi Favorit Wisatawan Mancanegara. Beritajakarta.Id. https://m.beritajakarta.id/read/131095/jakarta-masih-jadi-destinasi-favorit-wisatawan-mancanegara

Wardani, E. K., Purwanto, S., Pembangunan, U., Veteran, N. ", & Timur, J. (2023). Pengaruh Store Atmosphere Dan Perceived Quality Terhadap Repurchase Intention Pelanggan Kedai Kopi Janji Jiwa Di Kota Surabaya. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(5), 6631–6639. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Published
2024-09-23
Abstract viewed = 2 times
PDF downloaded = 2 times