Analisis Pengaruh Citra Destinasi terhadap Minat Berkunjung Kembali di Wisata Kuliner Malioboro

  • Carla Olivia Universitas Bunda Mulia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh citra destinasi wisata kuliner Malioboro Yogyakarta terhadap minat berkunjung kembali. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan melakukan pendekatan ilmiah melalui analisis data statistic. Hasil dari uji validitas menunjukkan bahwa nilai rhitung > rtabel yaitu 0.196, dan menggunakan uji reliabilitas dengan rumus Cronbach’s Alpha. Data berdistribusi secara normal menggunakan Kolmogorov Smirnov dengan nilai signifikansi 0.05. Uji T menyatakan bahwa variabel citra kognitif memiliki pengaruh terhadap minat berkunjung kembali (Thitung 4.334 > Ttabel 1.985) dengan nilai (Sig.) 0.000 < 0.05, dan pada variabel citra afektif (Thitung 4.456 > Ttabel 1.985). Hal ini menunjukkan bahwa baik Citra Destinasi Kognitif maupun Citra Destinasi Afektif berpengaruh secara parsial terhadap Minat Berkunjung Kembali di Wisata Kuliner Malioboro. Uji F menunjukkan pengaruh simultan variabel X terhadap Y dengan (Fhitung 236.727 > Ftabel 3.09) Hasil Uji korelasi 0.871 dan koefisien determinasi 75.8% yang menyatakan bahwa hasil penelitian dari citra destinasi memiliki data yang baik dan hubungan yang kuat antara citra destinasi dan minat berkunjung kembali. Kesimpulan menunjukkan mayoritas pengunjung adalah pria muda dari JABODETABEK dengan penghasilan Rp 2.000.000–10.000.000. Data valid dan reliabel, serta analisis menunjukkan Citra Destinasi Kognitif dan Afektif berpengaruh signifikan terhadap Minat Berkunjung Kembali, baik secara parsial maupun simultan.

Kata Kunci: Minat Berkunjung, Penelitian Kuantitatif, Pengaruh Citra Destinasi, Wisata Kuliner Yogyakarta.

References

Ariyanto, S. (2 Juni 2021). Fakta Lain Diungkap oleh Pedagang yang Diduga Patok Harga Mahal untuk Pecel Lele di Malioboro. Tribun-video.com. Diakses dari: https://video.tribunnews.com/view/234071/fakta-lain-diungkap-oleh-pedagang-yang-diduga-patok-harga-mahal-untuk-pecel-lele-di-malioboro

Budiarti, F., & Mahadi, K. I. (2020). Strategi Penataan Kawasan Malioboro Menjadi Kawasan Pedestrian. https://media.neliti.com/media/publications/212826-strategi-penataan-kawasan-malioboro-menj.pdf

Dongoran, N. R. A. (2023) Revitalisasi Ruang Publik Koridor Jalan Malioboro Kota Yogyakarta Dengan Pendekatan Konservasi Arsitektur Studi Kasus: Persimpangan Jalan Pasar Kembang Dan Jalan Abu Bakar Ali Hingga Persimpangan Jalan Perwakilan. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. https://e-journal.uajy.ac.id/29275/

Fadilah, S., Suryati, S., Isnaini, M. A. (2023). Eksistensi Agrowisata Tanjung Sakti Sakti Dalam Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakatdesa Sindang Panjang. Al-Basyar: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam. 2(2), 88–96. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Al-Basyar/article/download/20563/6415/62393

Herry, N., & Aan, S. (2022). Analisis Citra Destinasi Pariwisata Di Provinsi Bengkulu. Derivatif: Jurnal Manajemen. 16(2), 299–306. https://fe.ummetro.ac.id/ejournal/index.php/JM/article/view/1100

Hidayatullah, S., Windhyastiti, I., Patalo, R. G., & Rachmawati, I. K. (2020). Citra Destinasi : Pengaruhnya terhadap Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan yang Berkunjung ke Gunung Bromo. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 8(1), 96–108. https://doi.org/10.26905/jmdk.v8i1.4246

Kamim, M. A. B. (2023). Kepentingan Ekonomi Politik Usaha Kecil di Malioboro, Yogyakarta. Jurnal Politica Dinamika Masalah Politik Dalam Negeri Dan Hubungan Internasional, 14(2), 191–216. https://doi.org/10.22212/jp.v14i2.3981

Kurniawan, F. (2020). Potensi Wisata Kuliner Dalam Pengembangan Pariwisata di Yogyakarta. Skripsi. Universitas Sebelah Maret. Surakarta. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/15208/MzAxMjU=/Potensi-wisata-kuliner-dalam-pengembangan-pariwisata-di-Yogyakarta-abstrak.pdf

Munawaroh, A., & Ramadhan, Z. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Deviden Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Pertambangan. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 3(1), 43. https://doi.org/10.24853/jmmb.3.1.43-54

Prabowo, I. D., & Sagita, V. A. (2020). Efektivitas Rebranding Humas Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Terhadap Citra Baru Malioboro. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(3), 307. https://doi.org/10.31315/jik.v17i3.3779

Riyadi, T. F. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu 4.0 Dalam Mempromosikan Rita Park Tegal Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Masa Pandemi COVID-19. Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41610

Sappewali, A. E., Saleh, H., & Suriani, S. (2022). Analisis Daya Tarik Wisata Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Ulang Melalui Kepuasan Wisatawan: Studi Empiris Pada Beberapa Obyek Wisata Di Kabupaten Pasangkayu. Indonesian Journal of Business and Management, 5(1), 122–132. https://doi.org/10.35965/jbm.v5i1.1947

Wibawati, D., Prabhawati, A. (2021). Upaya Indonesia untuk Mempromosikan Wisata Kuliner sebagai Warisan Budaya Dunia. Journal of Tourism and Creativity, 5(1). 36-44, https://doi.org/10.19184/jtc.v5i1.21108.

Wijaya, A. (2020). Wisata Kuliner Sebagai Strategi Penguatan Pariwisata di Kota Yogyakarta, Indonesia. Khasanah Ilmu : Jurnal Pariwisata Dan Budaya. 11(1). 74-83. https://media.neliti.com/media/publications/489966-none-7a18f9ba.pdf

Wisnu, I., & Sholahuddin, M. (2023). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali Ke Obyek Wisata Waduk Kedung Ombo. VALUE, 4(1), 13-33. https://doi.org/10.36490/value.v4i1.717
Published
2024-09-23
Abstract viewed = 6 times
PDF downloaded = 3 times