Analisis Pengaruh Komponen Atraksi, Amenitas, Aksesibilitas, dan Aktivitas terhadap Kepuasan Pengunjung di Museum Seni Rupa dan Keramik Kota Tua

  • Lulu Lulu Universitas Bunda Mulia
  • Hari Iskandar Universitas Bunda Mulia

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengukur kepuasan pengunjung agar diketahui apakah atraksi, amenitas, aksesibilitas, dan aktivitas dapat mempengaruhi kepuasan tersebut. Penelitian berikut merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen yaitu atraksi (X1), amenitas (X2), aksesibilitas (X3), dan aktivitas (X4) secara simultan mempengaruhi kepuasan pengunjung. Dengan pengaruh positif variabel atraksi rata–rata sebesar 3,60 artinya sangat setuju, variabel amenitas rata– rata 3,47 artinya sangat setuju, variabel aksesibilitas rata – rata 3,54 artinya sangat setuju, variabel aktivitas sebesar 3,58 yang berarti sangat setuju, dan variabel kepuasan pengunjung rata – rata 3,55 artinya sangat setuju.  Pengujian dalam koefisien determinasi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sebesar 60,5% antara variabel atraksi, amenitas, aksesibilitas, aktivitas, kepuasan pengunjung sementara 39,5% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti di penelitian ini. Kesimpulan menunjukkan bahwa variabel atraksi, amenitas, aksesibilitas, dan aktivitas memiliki pengaruh signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pengunjung di Museum Seni Rupa & Keramik. Masing-masing variabel independen ini secara signifikan berkontribusi pada peningkatan kepuasan pengunjung.

Kata Kunci: Aktivitas, Aksesibilitas, Amenitas, Atraksi, Kepuasan Pengunjung.

References

Adhianti, A. A., & Herlinda, H. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran 7P Pengelola Museum Sejarah Jakarta Dalam Upaya Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan Mancanegara. Scriptura, 10(1), 34–42. https://doi.org/10.9744/scriptura.10.1.34-42

Andari, R., Supartha, I. W. G., Riana, I. G., & Sukawati, T. G. R. (2020). Exploring the Values of Local Wisdom as Sustainable Tourism Attractions. International Journal of Social Science and Business, 4(4), 489–498. https://doi.org/10.23887/ijssb.v4i4.29178

Andini, R., & Astuti, Y. P. (2021). Klasifikasi Kelompok Umur Manusia Bedasarkan Analisis Dimensi Fraktal Box Counting Dari Citra Wajah Dengan Deteksi Tepi Canny. Jurnal Ilmiah Matematika, 9(2), 437–446. https://media.neliti.com/media/publications/249234-model-infeksi-hiv-dengan-pengaruh-percob-b7e3cd43.pdf

Angelica, G., & Ardiansyah, I. (2023). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Revisit Intention di Museum Wayang Kawasan Kota Tua Jakarta. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 5(2), 125–133. https://doi.org/10.37253/altasia.v5i2.7855

Anggraini, I. (2019). Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Online Shopping Pada Wanita Usia Dewasa Awal. Skripsi. Universitas Negeri Jakarta. https://core.ac.uk/download/pdf/287122121.pdf

Ariesta, D., Sukotjo, E., & Suleman, N. R. (2020). The effect of attraction, accessibility and facilities on destination images and it’s impact on revisit intention in the marine tourism of the wakatobi regency. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 6605–6613.

Arif, Y. M., Nugroho, S. M. S., & Hariadi, M. (2019). Selection of Tourism Destinations Priority using 6AsTD Framework and TOPSIS. 2019 2nd International Seminar on Research of Information Technology and Intelligent Systems, ISRITI 2019, 346–351. https://doi.org/10.1109/ISRITI48646.2019.9034671

Arlinda, F., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Penerapan Program Adaptasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment) terhadap Kepuasan Pengunjung Destinasi Wisata Kabupaten Kediri di Era New Normal serta Dampaknya pada Pengembangan Ekonomi Pariwisata & Industri Kreatif. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1404–1416. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40351

Asfarinal, N., Barus, L. S., & Djaja, B. M. (2023). Strategi Pengembangan Sistem Transportasi dengan Pendekatan Transit Oriented Development (TOD) pada Kawasan Kota Tua. Jurnal Riset Jakarta, 15(2), 97–106. https://doi.org/10.37439/jurnaldrd.v15i2.72

Atania, C., Rahardjo, P., & Wipranata, B. I. (2020). Strategi Pengelolaan Dan Promosi Museum (Objek Studi : Museum Seni Rupa Dan Keramik, Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat). Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 2(2), 2507. https://doi.org/10.24912/stupa.v2i2.8872

Aziz, D. R. (2020). Personal Branding Dalam Media Sosial: Studi Pada Mahasiswa Pengunjung Museum Macan. Emerging Markets : Business and Management Studies Journal, 7(1), 53–67. https://doi.org/10.33555/ijembm.v7i1.107

Biswas, C., Omar, H., & Rashid-Radha, J. Z. R. R. (2020). The Impact Of Tourist Attractions And Accessibility On Tourists’ Satisfaction: The Moderating Role Of Tourists’ Age. Geojournal of Tourism and Geosites, 32(4), 1202–1208. https://doi.org/10.30892/GTG.32402-558

Chaerunissa, S. F., & Yuniningsih, T. (2020). Analisis Komponen Pengembangan Pariwisata Desa Wisata Wonopolo Kota Semarang. Journal Of Public Policy And Management Review, 9(4), 159–175. https://doi.org/10.14710/jppmr.v9i4.28998

Christine, A. (2021). Pengaruh Atraksi, Aktivitas, Aksesibilitas, Akomodasi, Amenitas Terhadap Kepuasan Berkunjung Dan Loyalitas Wisatawan Pada Museum T. B Silalahi Center. Repository Universias HKBP NOMMENSEN. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5572

Conterius, A. L. F., Bire, R. B., & Nasar, A. (2021). Tourist Motivation and Perception of Three Favorite Tourist Attractions in Kupang Regency. Proceedings of the International Conference on Applied Science and Technology on Social Science (ICAST-SS 2020), 544, 76–81. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210424.016

Delvianti, D. (2023). Analisis Pengelolaan Dan Pertanggungjawaban Aset Tetap Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 Di Kelurahan Pulo Gebang. 3, 31–35. http://repository.stei.ac.id/11095/

Dewi R. S. (2022). Pengaruh Amenitas dan Aksesibilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan di Taman Margasatwa Semarang. Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 18(2), 80–90. https://doi.org/10.56910/gemawisata.v18i2.217

Elisa, M., & Ina, D. (2023). Pengaruh Daya Tarik Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Ke Museum Seni Rupa Dan Keramik Jakarta. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 163–171. https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.114

Fanggidae, R. P. C., & R. Bere, M. L. (2020). Pengukuran Tingkat Kepuasan Wisatawan terhadap Fasilitas Wisata di Pantai Lasiana. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, 4(1), 53–66. https://doi.org/10.12962/j26151847.v4i1.6833

Fikiya, M., Fathoni, M. A., & Yetty, F. (2021). Pengaruh 4A Pariwisata Halal Terhadap Kepuasan Wisatawan Berkunjung ke DKI Jakarta. Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 2(1), 348–364. https://conference.upnvj.ac.id/index. php/biema/article/view/1752

Glorya, O., Tewuh, S., & Tawas, H. N. (2023). Faktor-Faktor Penentu Daya Tarik Wisatawan Untuk Berkunjung Ke Objek Wisata Bukit Kasih Kanonang the Determinant Factors of Tourist Attractiveness in Visiting To Kanonang Love Hill. Jurnal EMBA, 11(1), 590–600. https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.45327

Guna, O. K., Cardiah, T., & Zahra, M. F. A.(2020). Redesain Museum Seni Rupa Dan Keramik. e-Proceeding of Art & Design. 7(2), 4634–4641. file:///C:/Users/Asus/Downloads/20.04.1847_jurnal_eproc.pdf

Gunawan, H., & Rachim, S. (2022). Preferensi Pemilihan Daerah Tujuan Wisata oleh Wisatawan Masa Pandemi Covid-19 di Jawa Barat. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 6(2), 273–284. https://doi.org/10.34013/jk.v6i2.710

Habaora, F., Riwukore, J. R. ., & Yustini, T. . (2021). Kondisi Eksisting Destinasi Pariwisata Pantai Lasiana Kota Kupang Berdasarkan Atraksi, Aksesibilitas, Fasilitas, Kelembagaan, Dan Ekosistem Pariwisata. Jurnal Kepariwisataan Indonesia: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia, 15(2), 103–115. https://doi.org/10.47608/jki.v15i22021.103-115

Hariyanto, O. I. B., & Rukmandiana, J. (2022). Analisis faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Layanan dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Pengunjung. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 6(1), 101. https://doi.org/10.33603/jibm.v6i1.5162

Hidayat Taufik. (2019). Pembahasan Studi Kasus Sebagai Bagian Metodologi Pendidikan. Jurnal Study Kasus, August, 128

Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19–28. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861

Irawan, M. R. N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pt. Satria Nusantara Jaya. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(2), 140. https://doi.org/10.30737/ekonika.v5i2.1097

Juliano, H. W., Fahri, H., Hardika, P., Ayu, R. . D., Dwitama, F., & Dewi, L. (2022). Pengaruh Atraksi, Amenitas, Dan Aksesibilitas Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Camping Ground Gayatri Citeko. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 5(3), 273–277. https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i3.51007

Junaid, I., Ilham, M. D. M., & Saharuna, M. Y. (2022). Model Pengembangan Interpretasi Pariwisata Edukasi di Museum Kota Makassar. Jurnal Kepariwisataan Indonesia: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia, 16(2), 216–236. https://doi.org/10.47608/jki.v16i22022.216-236

Juniarta, P., Wardana, M., & Saputra, K. (2022). Persepsi Wisatawan Milenial Terhadap Akomodasi Glamping di Kawasan Kintamani. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 27(2), 145-152. doi:10.30647/jip.v27i2.1620

Kallista, K., & Ritonga, R. M. (2023). Peran Event Dalam Meningkatkan Citra Destinasi Pariwisata Kota Jakarta (Studi Kasus Pada Festival #Inijakarta 2022 Di Kota Tua Jakarta). Jurnal Ilmiah Global Education, 4(3), 1810–1818. https://doi.org/10.55681/jige.v4i3.1248

Karim, R., Normah, Marzuki, A., Shah, A., & Muhammad, F. (2021). Impact of Supply Components-4As on Tourism Development: Case of Central Karakoram National Park, Gilgit-Baltistan, Pakistan. International Journal of Economics and Business Administration, IX(1), 411–424. https://doi.org/10.35808/ijeba/682

Kokkhangplu, A., & Kaewnuch, K. (2021). Importance and Performance Analysis On Tourism Components in the South of Thailand. Kasetsart Journal of Social Sciences, 42(2), 275–280. https://doi.org/10.34044/j.kjss.2021.42.2.09

Lengkong, S., Utusan, H. J., Sumanta, D. A., Lumenta, G., Manopode, G. C., Ratulangi, V., & Maramis, J. (2022). Pengaruh Kemampuan Kerja dan Kompensasi Finansial terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Pariwisata Kota Manado. Jurnal EMBA, 10(4), 1635–1643. https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.44285

Liew, S. L., Hussin, S. R., & Abdullah, N. H. (2021). Attributes of Senior-Friendly Tourism Destinations for Current and Future Senior Tourists: An Importance-Performance Analysis Approach. SAGE Open, 11(1). https://doi.org/10.1177/2158244021998658

Mairesse, F. (2019). The Definition of the Museum: History and Issues. Museum International, 71(1–2), 152–159. https://doi.org/10.1080/13500775.2019.1638072

Marlius, D., & Sholihat, I. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Dan Non Fisik Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 15(2), 703–713. https://doi.org/10.46306/jbbe.v15i2.233

Mohamad Bagus Chanif Muslim. (2022). Pengaruh Atraksi, Aktivitas, Amenitas Dan Aksesibilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Taman Nusa Bali. Jurnal Visi Manajemen, 8(1), 74–87. https://doi.org/10.56910/jvm.v8i1.200

Natalia, N., Putri, A. P., Melvina, M., Jenni, J., & Wijaya, K. (2020). Pengaruh MVA, DER, Serta EPS Terhadap Harga Saham Perusahaan Restoran, Hotel dan Pariwisata. Owner (Riset Dan Jurnal Akuntansi), 4(2), 616. https://doi.org/10.33395/owner.v4i2.307

Nuraryo, I. (2020). Manajemen komunikasi museum dan pengaruhnya pada kepuasan pengunjung museum sejarah di Bandung. d(2), 19. https://doi.org/10.24198/jmk.v4i2.24519

Okki, K. (2022). Pengaruh kualitas paket wisata terhadap tingkat kepuasan wisatawan di kawasan Tanjung Lesung Pandeglang Banten. Jurnal Manner, 1(2). 96-103. https://karya.brin.go.id/id/eprint/13353/1/Jurnal_Okki_Politeknik%20Pariwisata%20Batam_2022.pdf

PaputunganF. (2023). Developmental Characteristics of Early Adulthood: Developmental Characteristics of Early Adulthood. Journal of Education and Culture (JEaC), 3(1), 47-56. https://doi.org/10.47918/jeac.v3i1.1139

Permadi, L. A., Retnowati, W., Oktaryani, G. A. S., & Ahyar, M. (2021). Identifikasi Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas dan Ancilliary TWA Gunung Tunak Desa Mertak Kecamatan Pujut Lombok Tengah. Prosiding SAINTEK, 3, 9–10. https://jurnal.lppm.unram.ac.id/index.php/prosidingsaintek/article/view/219

Puspasari, S., Suhandi, N., & Iman, J. N. (2020). Augmented Reality Development for Supporting Cultural Education Role in SMB II Museum during Covid-19 Pandemic. 2020 5th International Conference on Informatics and Computing, ICIC 2020. https://doi.org/10.1109/ICIC50835.2020.9288619

Ratnawati, E., & Nurbaiti, S. (2023). Transportasi Yang Terintegrasi di Wisata Cagar Budaya Kota Tua Jakarta. Jurnal Ius Constituendum, 8(1), 101. https://doi.org/10.26623/jic.v8i1.5489

Readi, A. F., Christina, J., Rahmanita, M., & Asmaniati, F. (2021). Studi Eksplorasi Potensi Pariwisata Kreatif Kawasan Hutan Mangrove Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(2), 151–158. https://doi.org/10.31294/khi.v12i2.11251

Reza Putra, M., & Rafqi Ilhamalimy, R. (2021). Purchasing Decision Model and Customer Satisfaction (Marketing Management Literature Review). Dinasti International Journal of Economics, Finance & Accounting, 3(1), 202–211. https://doi.org/10.31933/dijms.v3i1.1156

Ridwan, M., & Hidayat Sukriadi, E. (2022). Pengaruh Fasilitas Wisata dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Bandung. Manajemen Dan Pariwisata, 1(2), 201–214. https://doi.org/10.32659/jmp.v1i2.212
Roger, B, & Sekaran, U. (2020). Research Methods For Business: A Skill Building Approach (8th editio). Wiley & Sons, inc.

Samareewa, K. G., & Upekshani, T. G. Y. (2019). An Empirical Analysis to Investigate the influence of 5A’S on Domestic Tourist’ Satisfaction in Hikkaduwa, Sri Lanka. Seuiars, May. Conference: South Eastern University International Arts Research Symposium-2019At: South Eastern University of Sri Lanka

Setiadi, D. Soeprapto, V. S. (2023). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Revisit Intention Di Museum Seni Rupa Dan Keramik Jakarta. Media Bina Ilmiah. 17(2). 2985–2994. https://doi.org/10.33758/mbi.v17i12.392

Sihotang, H. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif. In Pusat Penerbitan dan Pencetakan Buku Perguruan Tinggi Universitas Kristen Indonesia Jakarta

Situmorang, T. E., & Purba, D. (2020). Perancangan Aplikasi Pengujian Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian. KAKIFIKOM (Kumpulan Artikel Karya Ilmiah Fakultas Ilmu Komputer), 1(2), 54–58. https://doi.org/10.54367/kakifikom.v1i2.638

Solimun, A, & Adji, A. R. F. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif Perspektif Sistem: Mengungkap Novelty & Memenuhi Validitas Penelitian. UB Press. Malang

Supraptini, N. (2020). Pengaruh Fasilitas, Transportasi Dan Akomodasi Terhadap Kepuasan Wisatawan Pariwisata Di Kabupaten Semarang. BISECER (Business Economic Entrepreneurship), 3(02), 56–67. https://ejournal.undaris.ac.id/index.php/biceser/article/view/186

Trupp, A., & Dolezal, C. (2020). Tourism and the Sustainable Development Goals in Southeast Asia. Austrian Journal of South-East Asian Studies, 13(1), 1–16. https://doi.org/10.14764/10.ASEAS-0026

Vihara, B., Sardar, S., Hossain, E., Hossain, I., & Shaheen, S. (2020). Factors Affecting Visitors Satisfaction: An Empirical Study on the Paharpur Buddha Vihara, Naogaon, Rajshahi. International Journal of Management and Accounting, August, 61–73. https://doi.org/10.34104/ijma.020.061073
Published
2024-09-23
Abstract viewed = 8 times
PDF downloaded = 4 times