Pengaruh Store Atmosphere dan Lokasi terhadap Minat Berkunjung di Roast Coffee

  • Mita Agustiana Universitas Bunda Mulia
  • Ika Suryono Djunaid Universitas Bunda Mulia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh dari Store Atmosphere (X1), dan lokasi (X2) terhadap minat berkunjung (Y) di Roast Coffee Ketapang Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini merupakan konsumen yang berkunjung di Roast Coffee Ketapang Jakarta. Hasil penelitian dari uji t (parsial) dan uji f (simultan) menunjukkan bahwa Store Atmosphere dan lokasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berkunjung. Store Atmosphere dan lokasi memberikan kontribusi sebesar 75,8% dalam terbentuknya minat berkunjung konsumen. Variabel   Store Atmosphere menjadi variabel yang paling mempengaruhi minat berkunjung. Simpulan penelitian ini mengungkap bahwa suasana toko yang positif, lokasi yang sesuai, dan suasana toko yang baik dapat berdampak signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Roast Coffee Ketapang Jakarta, yang menunjukkan bahwa lingkungan toko yang dirancang dengan baik juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

Kata Kunci: Lokasi, Minat Berkunjung, Store Atmosphere.

References

Aviolitasona, G. B. (2017). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Minat Kunjung Ulang Wisatawan Umbul Sewu Pengging, Boyolali. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Diakses dari: https://core.ac.uk/download/pdf/296473211.pdf

Cantika, P., & Djunaid, I. S. (2023). Pengaruh Daya Tarik terhadap Berkunjung Ulang melalui Kepuasan Pengunjung. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 6(11). 9278-9286. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3826110

Chandra, E., & Ardiansyah, I. (2023). Pengaruh Store Layout Terhadap Revisit Intention Kopi Langkah Pertama Tanjung Duren. COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. 3(5), 1679–1690. https://doi.org/10.59141/comserva.v3i5.955

Chelviani, K. M., Meitriana, M. A., & Haris, I. A. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Toko Modern Di Kecamatan Buleleng. Jurnal PEndidikan Ekonomi UNDIKSHA. 9(2). https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i2.20051

Christalia, K. ., & Djunaid, I. S. . (2024). Pengaruh Harga dan Store Atmhospher terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Coffeeshop Koplo. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 2001-2007. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.4021

Dihni, V. A. (2022, June 20). Jumlah Usaha Penyedia Makanan & Minuman di DKI Jakarta Terbanyak se-Indonesia. Katadata. databoks. diakses dari: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/20/jumlah-usaha-penyedia-makanan-minuman-di-dki-jakarta-terbanyak-se-indonesia

Fauji, R., Faddila, S. P. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Johar Futsal Karawang. Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif. 5(2). https://doi.org/10.36805/manajemen.v5i2.1029

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. UNDIP. Semarang

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 (10th ed.). Badan Penerbit universitas Diponegoro. Semarang

Heizer, J. and R. B. (2015). Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan (11th ed.). Salemba Empat. Yogyakarta

Hurriyati, R. (2015). Bauran pemasaran dan Loyalita Konsumen. Alfabeta. Bandung

Kurniasari, hernita. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran, Word Of Mouth, Destination Omage Dan Destionation Branding Terhadap Minat Berkunjung Di Wisata Pantai Ria Kenjeran. Jurnal Ilmu Manajemen Indonesia. 1(1). https://jurnal.dinamika.ac.id/index.php/jimi/article/view/3180/1471

Pangestu, G. R. (2020). Pengaruh Store Atmosphere Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Dan Keputusan Pembelian Pelanggan (Studi Pada Matahari Department Store cabang Arion Mall). http://repository.stei.ac.id/id/eprint/2383

Permadi, A., Retnowati, W., & Riani, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Ke Desa Wisata Hijau Bilebante Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Wisatawan. Jurnal riset pemasaran. 2(2). https://doi.org/10.29303/jrp.v2i2.2678

Putri, N. F. (2020). Pengaruh Store Atmosphere dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Starbucks Mal Kelapa Gading Jakarta Utara. http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/936

Rafsanjani, A., & Sutopo, S. (2017). Analisis Pengaaruh Kualitas Layanan Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan Untuk Menciptakan Minat Mereferensikan (Studi Kasus pada Pelanggan Stove Syndicate Coffe & Waffle di Semarang). Diponegoro Journal of Management, 6(1), 71-84. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/17526

Rohmah, Z. W. (2022). Pengaruh Aksesibilitas, Fasilitas Dan Citra Wisata Terhadap Minat Berkunjung Ke Wisata Kidung Kampoengku Karangnangka Kabupaten Banyumas. Universitas Islam negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri. https://repository.uinsaizu.ac.id/18011/

Sandira, N. F. A., Mustari, M., Syam, A., Ahmad, M. I. S., Dinar, M. (2021). Pengaruh Store Atmosphere dan Lokasi Usaha terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. JE3S: Journal of Economic Education and Entreoreneurship Studies. 2(1). https://doi.org/10.26858/je3s.v2i1.20184

Sari, N., & Ismiyati, I. (2019). PENGARUH DISIPLIN KERJA, KOMPETENSI, DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 624-637. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/28280

Savira, Y., & Putro, T. A. (2020). Pengaruh Store Atmosphere (Suasana Toko) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toko Bangunan Ud Triputra Selaras. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 5(1), 81–93. Retrieved from https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/465

Sinaga, O. S. .; Candra, V. .; Putri, D. E. . Peran Fasilitas Dan Harga Untuk Mendorong Minat Berkunjung dalam Situasi Covid 19 (Studi pada Taman Hewan Kota Pematangsiantar). SENMEA 2020, 5, 431-438. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/285/243

Sjawal, B. P., Mananeke, L., & Jorie, R. J. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Kafe (Studi Kasus Pada Konsumen Blen.Co Café Manado) Effect Of Marketing Mix On Consumer Decisions To Choose Cafes (Case Study On Blen.Co Café Manado Consumers). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 8(3), 379–388. https://doi.org/10.35794/emba.v8i3.30209

Sugiyono, S. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung

Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung

Wisevoter. (2023). Konsumsi Kopi Berdasarkan Negara.

Yuliacipta, A., Dwi Warsitasari, W., Syariah, M. B., Ekonomi, F., Islam, B., Islam, U., Sayyid, N., & Tulungagung, A. R. (2023). Pengaruh Lokasi, Kualitas Produk, Dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Ruang Luang Coffee Trenggalek. JEPS. 4(2). https://doi.org/10.21274/jeps.v4i02.8963
Published
2024-09-07
Abstract viewed = 7 times
PDF downloaded = 2 times