Pengaruh Daya Tarik Wisata Kuliner terhadap Minat Beli Cempedak Goreng (Studi Kasus Cempedak Cik Lina)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi daya tarik wisata kuliner Cempedak Goreng Cik Lina terhadap minat beli pengunjung di Kawasan Pancoran Glodok. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan secara non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik wisata kuliner memiliki pengaruh negatif terhadap minat beli di Cempedak Goreng Cik Lina. Secara simultan, daya tarik wisata kuliner terhadap minat beli hanya sebesar 16,3%. Penemuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan inovasi, keramahan, dan aksesibilitas sangat diperlukan untuk meningkatkan minat beli pengunjung di Cempedak Goreng Cik Lina dan mendukung daya tarik wisata kuliner di Kawasan Pancoran Glodok secara keseluruhan. Kesimpulan menunjukkan bahwa dari dimensi yang diuji, hanya amenitas yang memiliki pengaruh signifikan secara individu terhadap minat beli Cempedak Goreng Cik Lina, sementara dimensi lain seperti attraction, aksesibilitas, dan ancillary service tidak berpengaruh signifikan. Secara keseluruhan, daya tarik wisata kuliner memberikan kontribusi sebesar 16,3% terhadap minat pembelian, menunjukkan bahwa faktor amenitas penting, tetapi pengaruh daya tarik kuliner terhadap minat beli relatif kecil.
Kata Kunci: Cempedak Goreng Cik Lina, Daya Tarik Wisata Kuliner, Minat Beli, Kawasan Pancoran Glodok.
References
Anarki, A. (2019). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Kunjunga Wisatawan di Museum Monjali. https://ideas.repec.org/p/osf/osfxxx/234wf.html
Andini, D. A., & Nugraha, R. N. (2023). Kawasan Pecinan Glodok sebagai Daya Tarik Wisata Kuliner. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 6(2), 565–578. https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.61464
Arini, I. A. D., & Lestari, M. N. D. (2021). Wisata Gastronomi: Dalam Tradisi Megibung Di Kabupaten Karangasem. Cultoure: Jurnal Ilmiah Pariwisata Budaya Hindu, 2(2), 204–215.
Arlinda, S., & Hendro, J. (2024). Penerapan Digital Marketing Dalam Menarik Minat Beli Produk UMKM Kecamatan Grogol Petamburan Jakarta Barat. Ikraith-Ekonomika, 7(2), 184–192. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v7i2.3347
Ester, A., Syarifah, H., & ZA Zainurossalamia Saida. (2020). Pengaruh Daya Tarik Wisata Citra Destinasi dan Sarana Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Citra Niaga Sebagai Pusat Cerminan Budaya Khas Kota Samarinda. Jurnal Manajemen, 12(1), 145–153.
Lestari, D. A., & Dharasta, Y. S. M. A. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi terhadap Pengguna Jasa Bus Damri di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta. Aerospace Engineering, 1(1), 9. https://doi.org/10.47134/aero.v1i1.2331
Pradiatiningtyas, D. (2022). Perencanaan Strategis Kampung Kuliner Klaten Sebagai Salah Wisata Kuliner Kabupaten Klaten Dengan Kearifan Lokal. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 13(2), 155–162. https://doi.org/10.31294/khi.v13i2.14062
Putera, L. A., Aprilia, A. R., & Zulkifli, M. G. (2022). Identifikasi Objek Daya Tarik Wisata di Pantai Tanjung Burung Kabupaten Mempawah. JeLaST : Jurnal PWK, Laut, Sipil Tambang, 9(3).
Safitri, I., Ramdan, A. M., & Sunarya, E. (2020). Peran Produk Wisata dan Citra Destinasi terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 734. https://doi.org/10.26740/jim.v8n3.p734-741
Saputra, F., Khaira, N., & Saputra, R. (2023). Pengaruh User Interface dan Variasi Produk terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Literature). Jurnal Komunikasi Dan Ilmu Sosial, 1(1), 18–25. https://doi.org/10.38035/jkis.v1i1.115
Sugiono, S. (2019). Metoda Penelitian. Alfabeta. Bandung
Yulinar, M. (2020). Hubungan antara Celebrity Endorser di Instagram dengan Minat Beli Fashion Online di Politeknik Negeri Pariwisata Palembang (Studi pada Followers Vira Nada Wulandari). UIN Raden Fatah Palembang,
Copyright (c) 2024 Lionny Lionny, Prayogo Susanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.