Pengaruh Citra Destinasi terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Generasi Z ke Kampung Budaya Betawi Setu Babakan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel citra destinasi terhadap minat berkunjung wisatawan generasi Z ke Kampung Budaya Betawi Setu Babakan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data yang dilakukan meliputi observasi, dokumentasi, dan penyebaran kuesioner. Dari hasil uji yang dilakukan menggunakan SPSS Statistik 25, seluruh indikator pernyataan dalam penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Pada uji normalitas. Nilai data yang diperoleh terdistribusi normal. Pada uji hipotesis variabel citra destinasi kognitif, unik, dan afektif secara parsial memiliki pengaruh terhadap minat berkunjung wisatawan generasi Z ke Kampung Budaya Betawi Setu Babakan dengan nilai thitung masing-masing adalah sebesar 14,442, 14,748, dan 15,018 dan nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05. Uji F menghasilkan nilai fhitung > ftabel sebesar 293,004 > 3,86 dengan nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Simpulan penelitian ini bahwa citra destinasi sangat berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap minat berkunjung wisatawan generasi Z ke Kampung Budaya Betawi Setu Babakan.
Kata Kunci: Citra Destinasi, Kampung Budaya Betawi Setu Babakan, Minat Berkunjung,
References
Ardiansyah, I. (2019). Pengaruh Harga dan Fasilitas terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Taman Impian Jaya Ancol Jakarta dengan Metode Struktural Equation Modeling. Media Bina Ilmiah. 14(3). http://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI/article/view/328/pdf
Ardiansyah, I., & Iskandar, H. (2023). Pengaruh Motivasi terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk Jakarta. Eduturisma: Journal of Social Science. 7(2). https://ejournal.asaindo.ac.id/index.php/eduturisma/article/view/1303/778
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Suryani, Ed.). PT Bumi Aksara. Yogyakarta
Arjana, I. G. B. (2016). Geografi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Raja Grifindo Persada. Bandung
Claudius, V., & Imam Ardiansyah. (2023). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung di Objek Wisata Kampung Marunda Jakarta Utara. INSPIRE : Journal of Culinary, Hospitality, Digital &Amp; Creative Arts and Event, 1(2), 101–112. Retrieved from https://ojs-inspire.pib.ac.id/index.php/inspire/article/view/18
Damanik, J., & Weber, H. F. (2006). Perencanaan Ekowisata: Dari Teori ke Aplikasi. Penerbit Andi, Translation. Yogyakarta
Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS. Guepedia. Jakarta
Darwin, M., Mamondol, M. R., Sormin, S. A., Nurhayati, Y., Tambunan, H., Sylvia, D., Adyana, I. M. D. M., Prasetiyo, B., Vianitati, P., & Gebang, A. A. (2021). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif (T. S. Tambunan, Ed.). Penerbit Media Sains Indonesia. Jakarta
Disbudpar. (2018, December 21). Uraian Singkat Mengenai Klasifikasi Pariwisata. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor. https://disbudpar.bogorkab.go.id/uraian-singkat-mengenai-klasifikasi-pariwisata/
Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS. Deepublish. Yogyakarta
Fadilah, F. (2018). Analisis Pengaruh Pendapatan, Biaya Perjalanan, Lama Perjalanan, Fasilitas, dan Daya Tarik terhadap Jumlah Kunjungan. Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/7461
Fitriana, V., Abidin, Z., Endaryanto Jurusan Agribisnis, T., Pertanian, F., Lampung, U., & Soemantri Brodjonegoro No, J. (2017). Estimasi Permintaan dan Nilai Ekonomi Taman Wisata Alam Angke Kapuk Jakarta Utara. Jurnal Ilu ilmu Agribisnis. 5(3). http://dx.doi.org/10.23960/jiia.v5i3.1639
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Edisi Ke-9. Universitas Diponegoro. Semarang
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 (10th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Haban, Y., Koleangan, R. A. M., & Kawung, G. M. V. (2019). Analisis Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Kunjungan dan Nilai Ekonomi Kebun Raya Bogor. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 19(1). https://dx.doi.org/10.35794/jpekd.15775.19.1.2017
Hadi. S. R., & Suryoko, S. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Berkunjung di Ekowisata Mangrove PasarBanggi Kabupaten Rembang. In Diponegoro Journal Of Social And Politic Tahun. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/
Handayani, R. (2020). Metodologi Penelitian Sosial. Trussmedia Grafika. Jakarta
Haratikka, H., Silitonga, D. H. (2023). Minat Perjalanan Wisata Pada Generasi Z di Tebing Tinggi. Jurnal ALTASIA. 5(2). 101-112. https://journal.uib.ac.id/index.php/altasia/article/download/7631/3359
Hasanah, N. (2022). Pengaruh Harga, Aksesibilitas, Fasilitas, Daya Tarik Wisata, Dan Biaya Perjalanan Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Ke Objek Wisata Mangrove Pantai Kertomulyo Kabupaten Pati. Skripsi. https://eprints.iain-surakarta.ac.id/3956/1/Full%20Teks_185211062.pdf
Irawan, M. R. N., Sayekti, L. I., & Ekasari, R. (2021). Pengaruh Faslitas Wisata, Promosi dan Harga Terhadap Minat Wisatawan Berkunjung Pada Wisata Wego Lamongan. Jurnal Ecopreneur.12, 4(2), https://doi.org/10.51804/econ12.v4i2.1008
Isdarmanto, I. (2017). Dasar-Dasar Kepariwisataan dan Pengelolaan Destinasi Pariwiwsata. Gerbang Media Aksara. Jakarata
Junaid, I. (2018). Pariwisata Bahari: Konsep dan Studi Kasus. Politeknik Pariwisata Makassar. Makarsar
Marpaung, H., & Sahla, H. (2018). Pengaruh Daya Tarik dan Aksesibilitas terhadap Minat Berkunjung Wisatawan ke Air Terjun Ponot di Desa Tangga Kecamatan Aek Songsongan KAbupaten Asahan. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu UNA. 1151-1161. https://osf.io/mz5gy/download/?format=pdf
Miarsih, G. S., & Anwani. (2018). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Berkunjung Wisatawan ke Objek Wisata Religi Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta. Journal of Tourism and Economic, 1(2). http://dx.doi.org/10.36594/jtec.v1i2.28
Mierdhani, M., Dewi, L., & Mularsari, A. (2022). Community participation in recovering cultural tourism in Betawi Cultural Village Setu Babakan. International Journal of Economics, Management, Business, and Social Science, 2(2), 282–291. https://cvodis.com/ijembis/index.php/ijembis/article/view/69
Moses, Y. (2015). Pengantar Bisnis Cetakan Pertama. Perdana Publishing. Jakarta
Mulyono. (2018). Berprestasi melalui JFP: Ayo Kumpulkan Angka kreditmu. Deepublish. Ygoayakarta
Mundir. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Stain Jember Press. Mu’tashim, M. R., & Indahsari, K. (2021). Pengembangan Ekowisata di Indonesia. In Masyarakat Universitas Sahid Surakarta. JURNAL SENRIABDI: Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian. 1(1). https://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/SENRIABDI
Ngwira, C., & Kankhuni, Z. (2018). What attracts tourists to a destination? Is it attractions?.African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure. 7(1). 1-19. https://www.ajhtl.com/uploads/7/1/6/3/7163688/article_14_vol_7__1__2018.pdf
Nugrahaningsih, H. (2020). Pengaruh Media Sosial dan Fasilitas terhadap Minat Pengunjung dengan Kepercayaan sebagai Variabel Moderating (Pada Wisata Hutan Mangrove, Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara). Media Manajemen Jasa. 8(1). https://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/MMJ/article/view/4205/1657
Nurbaeti, Rahmanita, M., Ratnaningtyas, H., & Amrullah. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Aksesibilitas, Harga, dan Fasilitas terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Objek Wisata Danau Cipondoh, Kota Tangerang. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(2), 269. https://doi.org/10.23887/jish- undiksha.v10i2.33456
Nurwulandari, A., & Darwin, M. (2020). Heywood Case Data Statistics: Using The Model Respesification Technique. NUCLEUS, 1(2), 74–84. https://doi.org/10.37010/nuc.v1i2.173
Permatasari, N. I., & Umilia Ema. (2020). Pengembangan Wisata Bahari Mangrove di Kota Surabaya Berdasarkan Tingkat Keberlanjutan. Jurnal Teknik ITS, 9(2). http://dx.doi.org/10.12962/j23373539.v9i2.55048
Qodriyah, H. L., Kusumawardhani, W., Alvianna, S., Hidayatullah, S., & Estikowati. (2023). Pengaruh Atraksi Wisata, Harga, dan Fasilitas Wisata Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Pada Destinasi Wisata Malang Smart Arena. Majalah Ilmiah Warta Damawangsa. 17(2). https://doi.org/10.46576/wdw.v17i2.3185
Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian (T. Koryati, Ed.). Penerbit KBM Indonesia. Yogyakarta
Sanaky, M. M., Saleh, L. M., & Titaley, H. D. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tuhelu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik (Sipil, Mesin, Listrik), 11(1). https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615
Sitorus, N. (2022). Analisis Potensi Community Based Tourism Daya Tarik Wisata Tebing Koja. Edutourism Journal Of Tourism Research, 3(02), 183-196. https://doi.org/10.53050/ejtr.v3i02.196
Sugiono, S. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung
Sumiyarsih, S., & Prihatnawan, A. B. (2024). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan (Studi Pada Desa Wisata Di Kawasan Balkondes Borobudur). Jurnal Nusa Manajemen, 1(1), 81–93. https://doi.org/10.62237/jnm.v1i1.15
Surya, G., Stie, M., Pariwisata, ", Yogyakarta, A. ", & Stie, A. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berkunjung Wisatawan ke Obyek Wisata Religi Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta. In Journal of Tourism and Economic 1(2). http://stieparapi.ac.id/ejurnal/
Susanto, B., & Astutik, P. (2020). Pengaruh Promosi Media Sosial dan Daya Tarik Wisata terhadap Minat Berkunjung Kembali di Obyek Wisata Edukasi Manyung. Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, 1(1). www.wikipedia.com
Umanailo, H., Mastutie, F., Mt, S. T., Johannes, I., & Rate, V. (2017). Linkage Kawasan Pariwisata Sejarah Kabupaten Minahasa Utara. SPASIAL. 4(3). https://doi.org/10.35793/sp.v4i3.17300
Wiradipoetra, F. A., & Brahmanto, E. (2016). Analisi Persepsi Wsatawan Mengenai Penurunan Kualitas Daya Tarik Wisata terhadap Minat Berkunjung. Jurnal Pariwisata, 3(2). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp
Yanto, A. ., Dahmiri, D., & Hasbullah, H. (2022). Pengaruh Promosi Visual Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan (Studi Pada Pengunjung Danau Sipin Jambi). Jurnal Dinamika Manajemen, 10(1), 1-11. https://doi.org/10.22437/jdm.v10i1.24499
Copyright (c) 2024 Amanda Marleen, Hari Iskandar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.