Analisis Persepsi Kepuasan Pengunjung dalam Meningkatkan Daya Tarik Wisata Pasca Revitalisasi di Taman Mini Indonesia Indah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kepuasan Pengunjung Dalam Meningkatkan Daya Tarik Wisata Pasca Revitalisasi di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan kuesioner sebagai bahan pengumpulan data. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 100 responden wisatawan yang mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non-probability Sampling dengan metode Accidental Sampling. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kinerja yang diberikan oleh Taman Mini Indonesia Indah kepada wisatawan terhadap kepuasan wisatawan dalam dimensi amenitas sebesar 70%, dimensi aksesibilitas sebesar 73%, dimensi atraksi sebesar 70%, dimensi ancillary sebesar 72%. Selanjutnya menggunakan Analisis Importance Performance Analysis sebagai tolak ukur bagi pengelola dan peneliti pariwisata. Dengan analisis ini, pengelola dapat mengevaluasi kualitas dari objek wisata dan memberikan panduan berharga mengenai bidang apa saja yang memerlukan perbaikan dan yang perlu dipertahankan. Kesimpulan, berdasarkan analisis menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA), wisatawan merasa cukup puas dengan pelayanan di Taman Mini Indonesia Indah, terutama dalam dimensi aksesibilitas (73%), amenitas (70%), atraksi (70%), dan ancillary (72%). Namun, terdapat beberapa atribut yang perlu diperbaiki, seperti ketersediaan angkutan keliling dan variasi atraksi, agar meningkatkan kepuasan pengunjung. Analisis gap menunjukkan bahwa atribut dengan nilai gap terbesar (-0,88) adalah ketersediaan restoran, yang harus menjadi prioritas utama dalam perbaikan.
Kata Kunci: Daya Tarik Wisata, Persepsi Kepuasan Pengunjung, Revitalisasi.
References
Bi, J.-W., Liu, Y., Fan, Z.-P., & Zhang, J. (2019). Wisdom of Crowds: Conducting Importance-Performance Analysis (IPA) Through Online Reviews. Tourism Management, 70, 460–478. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2018.09.010
Creswell, J. W., and Creswell, J. D. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. CA: SAGE. Los Angeles. https://doi.org/10.1080/15424065.2022.2046231
Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia. Jakarta
Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937
Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Bumi Aksara. Jakarta
Hanum, Z. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Lulusan Terhadap Lulusan Pendidikan Vokasi (Studi Kasus Lulusan Politeknik LP3I Medan). Jurnal Ilmu Keuangan Dan Perbankan (JIKA), 9(1), 27–39. https://doi.org/10.34010/jika.v9i1.2329
Kotler, Keller, P. dan, & Lane., K. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Eerlangga. Jakarta
Nareswari, Ni. P. D., Putra, I. G. A. S. A., Hermawan, I. G. R. K., Trimandala, N. A. (2023). Perencanaan Paket Wisata Berbasis 4a Di Desa Buahan, Payangan, Gianyar. MSJ : Majority Science Journal, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.61942/msj.v1i1.6
Nurtanio, T. L., Ginting, Y. T., (2022). Hubungan Daya Tarik Wisata Dengan Minat Berkunjung Wisatawan Ke Museum Multatuli, Banten. Jurnal Pesona Hospitality, 15(1), https://jurnal.pertiwi.ac.id/index.php/pesonahospitality/article/view/23
Ong, J. O., & Pambudi, J. (2014). Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Importance Performance Analysis Di SBU Laboratory Cibitung PT Sucofindo (Persero). J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 9(1). https://doi.org/10.12777/jati.9.1.1-10
Purwanto, N. (2019). Variabel Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Teknodik, 10(18), 196–215. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.554
Puspa, I. A. T. (2019). Ngaben sebagai Daya Tarik Pariwisata. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 4(1), 37. https://doi.org/10.25078/pba.v4i1.776
Rangkuti, A. N. (2016). Metode Pendidikan Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, Dan Penelitian Pengembangan. Ciptapustaka Media. Bandung
Rianto, R., & Susanto, P. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Daya Tarik Wisatawan Untuk Mengunjungi Curug Cigentis Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang. Bogor Hospitality Journal, 4(1). https://doi.org/10.55882/bhj.v4i1.10
Saway, W. V., Alvianna, S., . E., Lasarudin, A., & Hidayatullah, S. (2021). Dampak Atraksi, Amenitas dan Aksesibilitas Pantai Pasir Putih Kabupaten Manokwari Terhadap Kepuasaan Wisatawan Berkunjung. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama dan Budaya, 6(1), 1. https://doi.org/10.25078/pba.v6i1.1937
Sentanu, I. G. E. P. S., & Mahadiansar, M. (2020). Memperkuat Peran Pemerintah Daerah: Mengelola Pariwisata Lokal Yang Berkelanjutan. Jurnal Ilmu Administrasi Negara (JUAN), 8(1), 1–20. https://doi.org/10.31629/juan.v8i1.1879
Sofyan, A. M., & Noor, A. A. (2016). Perancangan Konten Aplikasi Travel Guide Berbasis Android Menggunakan Identifikasi Komponen Pariwisata 6 (Enam) A. Industrial Research Workshop and National Seminar, 7(1), 161–166. https://doi.org/10.35313/irwns.v7i0.217
Virginia, S., Alvianna, W., Stella, E., Lasarudin, A., & Hidayatullah, S. (2021). Dampak Atraksi, Amenitas Dan Aksesibilitas Pantai Pasir Putih Kabupaten Manokwari Terhadap Kepuasaan Wisatawan Berkunjung. Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama Dan Budaya. 6(1). 1-8. https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/2963/
Way, I. H., Wuisang, C. E. V., & Supardjo, S. (2016). Analisis Kebutuhan Prasarana Dan Sarana Pariwisata di Danau Uter Kecamatan Aitinyo Kabupaten Maybrat Propinsi Papua Barat. Spasial, 3(3), 27–37. https://doi.org/10.35793/sp.v3i3.13393
Widiyanti, R., Rahmawati, R., & Muhammad, N. R. (2021). Persepsi Wisatawan Milenial Terhadap Penerapan Smart Tourism di Museum Gedung Sate. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 23(2), 115. http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v23i2.583
Wilda, R. (2019). Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Pertambangan Emas Tanpa Izin Dan Dampaknya Di Kecamatan Tebo Ulu. S1 Thesis. Universitas Jambi. https://repository.unja.ac.id/43616/
Woodworth, R., & Marquis, D. (2014). Psychology (Psychology Revivals). Psychology Press. https://doi.org/10.4324/9781315766775
Yohana Natalia, C., Karini, N., & Mahadewi, N. (2020). Pengaruh Aksesibilitas Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan Ke Broken Beach Dan Angel’s Billabong. Jurnal IPTA, 8(1), 10. https://doi.org/10.24843/IPTA.2020.v08.i01.p02
Yolanda, F. (2018). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Objek Wisata Alahan Panjang Resort Danau Di atas Kabupaten Solok. Jurnal Manajemen, https://www.neliti.com/id/publications/434834/pengaruh-daya-tarik-wisata-terhadap-keputusan-berkunjung-ke-objek-wisata-alahan#cite
Copyright (c) 2024 Nico Nico, Imam Ardiansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.