Pengaruh Harga dan Daya Tarik Wisata terhadap Minat Berkunjung di Taman Wisata Alam Angke Kapuk
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Harga dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung ke Taman Wisata Alam Angke Kapuk, Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan kuesioner sebagai bahan pengumpulan data. sampel dalam penelitian ini menggunakan 100 responden wisatawan yang datang berkunjung ke Taman Wisata Alam Angke Kapuk, Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non-probability Sampling dengan metode Accidental Sampling. Kemudian teknik analisis data menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis/ uji T dan diolah dengan bantuan software IBM SPSS Statistik 22. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel harga berpengaruh dan signifikan terhadap minat berkunjung dengan nilai thitung > ttabel atau 5,253 > 1,984 dengan taraf signifikansi < 0,05 atau 0,00 < 0,05. Variabel daya tarik secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap minat berkunjung dengan nilai thitung > ttabel atau 5,695 > 1,984 dengan taraf signifikansi < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Secara simultan, variabel harga dan daya tarik wisata berpengaruh dan signifikan terhadap minat berkunjung dengan nilai fhitung > ftabel atau 101,538 > 3,090, dan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi, variabel harga dan daya tarik wisata berpengaruh sebesar 67% terhadap minat berkunjung dengan nilai Adjusted R Square (R2) sebesar 0,670. Sehingga sisanya sebesar 33% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Daya Tarik Wisata, Ekowisata, Mangrove, Harga, Minat Berkunjung.
References
Ardiansyah, I. (2019). Pengaruh Harga dan Fasilitas terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Taman Impian Jaya Ancol Jakarta dengan Metode Struktural Equation Modeling. Media Bina Ilmiah. 14(3). https://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI/article/view/328
Ardiansyah, I., & Iskandar, H. (2023). Pengaruh Motivasi terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk Jakarta. EduTurisma: Journal of Social Science. 7(2). https://ejournal.asaindo.ac.id/index.php/eduturisma/article/view/1303
Arikunto, S., Suhardjono, S., & Supardi, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Suryani, Ed.). PT Bumi Aksara. Jakarta
Arjana, I. G. B. (2016). Geografi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Raja Grifindo Persada. Bandung
Claudius, V., & Imam Ardiansyah. (2023). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung di Objek Wisata Kampung Marunda Jakarta Utara. INSPIRE : Journal of Culinary, Hospitality, Digital &Amp; Creative Arts and Event, 1(2), 101–112. Retrieved from https://ojs-inspire.pib.ac.id/index.php/inspire/article/view/18
Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS. Guepedia. Jakarta
Darwin, M., Mamondol, M. R., Sormin, S. A., Nurhayati, Y., Tambunan, H., Sylvia, D., Adyana, I. M. D. M., Prasetiyo, B., Vianitati, P., & Gebang, A. A. (2021). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif (T. S. Tambunan, Ed.). Penerbit Media Sains Indonesia. Bandung
Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS. Deepublish. Yogyakarta
Fadilah, F. (2018). Analisis Pengaruh Pendapatan, Biaya Perjalanan, Lama Perjalanan, Fasilitas, dan Daya Tarik terhadap Jumlah Kunjungan. Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/7461
Fitriana, V., Abidin, Z., Endaryanto Jurusan Agribisnis, T., Pertanian, F., Lampung, U., & Soemantri Brodjonegoro No, J. (2017). Estimasi Permintaan dan Nilai Ekonomi Taman Wisata Alam Angke Kapuk Jakarta Utara. Jurnal Ilu ilmu Agribisnis. 5(3). http://dx.doi.org/10.23960/jiia.v5i3.1639
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 (10th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Haban, Y., Koleangan, R. A. M., & Kawung, G. M. V. (2019). Analisis Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Kunjungan dan Nilai Ekonomi Kebun Raya Bogor. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 19(1). https://dx.doi.org/10.35794/jpekd.15775.19.1.2017
Handayani, R. (2020). Metodologi Penelitian Sosial. Trussmedia Grafika. Jakarta
Miarsih, G. S., Anwani, A. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berkunjung Wisatawan Ke Obyek Wisata Religi Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta. (2024). Journal of Tourism and Economic, 1(2), 117-123. https://doi.org/10.36594/jtec/3ngc3f71
Mu’tashim, M. R., & Indahsari, K. (2021). Pengembangan Ekowisata di Indonesia. Jurnal Senriabdi: Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian. https://www.jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/Senriabdi/article/view/863
Mundir. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Stain Jember Press. Jember
Ngwira, C., & Kankhuni, Z. (2018). What Attracts Tourists to a Destination? Is it Attractions? In African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure 7(1). http//:www.ajhtl.com
Nugrahaningsih, H. (2020). Pengaruh Media Sosial dan Fasilitas terhadap Minat Pengunjung dengan Kepercayaan sebagai Variabel Moderating (Pada Wisata Hutan Mangrove, Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara). Media Manajemen Jasa. 8(1). https://doi.org/10.52447/mmj.v8i1.4205
Nurbaeti, Rahmanita, M., Ratnaningtyas, H., & Amrullah. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Aksesibilitas, Harga, dan Fasilitas terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Objek Wisata Danau Cipondoh, Kota Tangerang. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(2), 269. https://doi.org/10.23887/jish- undiksha.v10i2.33456
Nurwulandari, A., & Darwin, M. (2020). Heywood Case Data Statistics: Using The Model Respesification Technique. NUCLEUS, 1(2), 74–84. https://doi.org/10.37010/nuc.v1i2.173
Permatasari, N. I., & Umilia Ema. (2020). Pengembangan Wisata Bahari Mangrove di Kota Surabaya Berdasarkan Tingkat Keberlanjutan. Jurnal Teknik ITS, 9(2). http://dx.doi.org/10.12962/j23373539.v9i2.55048
Qodriyah, H. L., Kusumawardhani, W., Alvianna, S., Hidayatullah, S., & Estikowati. (2023). Pengaruh Atraksi Wisata, Harga, dan Fasilitas Wisata Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Pada Destinasi Wisata Malang Smart Arena. (Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa. 17(2). https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/3185
Sanaky, M. M., Saleh, L. M., & Titaley, H. D. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tuhelu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1). https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615
Saputra, R. H., & Suryoko, S. (2018). Analisis faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Berkunjung Di Ekowisata Mangrove Pasarbanggi Kabupaten Rembang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(1), 9-15. https://doi.org/10.14710/jiab.2019.22703
Sitorus, N. (2022). Analisis Potensi Community Based Tourism Daya Tarik Wisata Tebing Koja. Edutourism Journal Of Tourism Research, 3(02), 183-196. https://doi.org/10.53050/ejtr.v3i02.196
Sugiono, S. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung
Sumiyarsih, S., & Prihatnawan, A. B. (2024). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan (Studi Pada Desa Wisata Di Kawasan Balkondes Borobudur). Jurnal Nusa Manajemen, 1(1), 81–93. https://doi.org/10.62237/jnm.v1i1.15
Susanto, B., & Astutik, P. (2020). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Obyek Wisata Edukasi Manyung. RISK: Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, 1(1), 36–46. https://doi.org/10.30737/risk.v1i1.874
Yanto, A. ., Dahmiri, D., & Hasbullah, H. (2022). Pengaruh Promosi Visual Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan (Studi Pada Pengunjung Danau Sipin Jambi). Jurnal Dinamika Manajemen, 10(1), 1-11. https://doi.org/10.22437/jdm.v10i1.24499
Copyright (c) 2024 Novika Salina, Imam Ardiansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.