Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata Kuliner dan Fasilitas Publik terhadap Minat Beli Ulang Wisata Kuliner

  • Marcella Agrifin Universitas Bunda Mulia
  • Ika Suryono Djunaid Universitas Bunda Mulia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara daya tarik wisata dan ketersediaan fasilitas publik terhadap minat beli ulang di kawasan Wisata Kuliner Pasar Lama Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah populasi tidak diketahui (populasi infinit) dan sampel berjumlah 130 responden dengan teknik sampling yaitu non-probability sampling dan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil uji T diketahui bahwa terdapat pengaruh antara daya tarik wisata terhadap minat beli ulang di Kawasan Wisata Kuliner Pasar Lama Tangerang, namun variabel fasilitas publik tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli ulang di kawasan tersebut. Kesimpulan bahwa secara bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan antara daya tarik wisata dan fasilitas publik terhadap minat beli ulang di Kawasan Wisata Kuliner Pasar Lama Tangerang. Dengan begitu, pengelola Wisata Kuliner Pasar Lama Tangerang diharapkan dapat terus meningkatkan daya tarik wisata serta ketersediaan fasilitas publik untuk mempengaruhi minat beli ulang masyarakat pada kawasan tersebut.

Kata Kunci: Daya Tarik Wisata, Fasilitas Publik, Minat Beli Ulang, Pasar Lama Tangerang, Wisata Kuliner.

References

Ardiansyah, I. (2019). Pengaruh Harga dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Taman Impian Jaya Ancol Jakarta Dengan Metode Structural Equation Modeling. Journal System Lembaga Penelitian Bina Patria, 14(3). https://doi.org/10.33758/mbi.v14i3.328

Setyawati, A. A. (2020, December 19). Wisata Kuliner di Pasar Lama Tangerang, Komplet Banget! DetikTravel. https://travel.detik.com/domestic-destination/d-5301739/wisata-kuliner-di-pasar-lama-tangerang-komplet-banget

Sutrisno, E. (2022, September 28). Peringkat Pariwisata Indonesia Naik Pesat. Indonesia.Go.Id. https://indonesia.go.id/kategori/editorial/5975/peringkat-pariwisata-indonesia-naik-pesat?lang=1

Handayani, S., Wahyudin, N., & Khairiyansyah, K. (2019). Fasilitas, Aksesibilitas Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 20(2), 123–133. https://doi.org/10.30596/jimb.v20i2.3228

Humairoh, H., Febriani, N., & Annas, M. (2023). Determinasi Minat Beli Ulang Konsumen Pada Aplikasi TikTok. Dynamic Management Journal, 7(1). http://dx.doi.org/10.31000/dmj.v7i1.7440

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (10th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

irena, F., & Sarudin, R. (2023). Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata Kuliner Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Pasar Lama Tangerang. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(4), 2027–2037. https://doi.org/10.55681/jige.v4i4.1261

Krisnadi, A. R., & Natalia, D. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Kunjungan Wisatawan Berdasarkan Komponen Destinasi Wisata di Kawasan Kuliner, Pasar Lama Tangerang. Jurnal Hospitaliti Dan Pariwisata, 2(1), 34–46. http://ojs.stiami.ac.id

Lestari, E., & Djunaid, I. S. (2022). Pengaruh Citra Destinasi Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Allianz Ecopark Ancol. Jurnal Pesona Hospitality, 15(2). https://jurnal.pertiwi.ac.id/index.php/pesonahospitality/article/view/13

Marheiningsih, M., & Amirulmukminin, A. (2020). Pengaruh Variasi Produk Dan Fasilitas Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Ilo Peta Kota Bima. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3). http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1184

Bellboy, M. (2022, November 21). Mengenal 9 Warisan Budaya Indonesia yang Telah Mendunia. Traveloka. https://www.traveloka.com/id-id/explore/destination/warisan-budaya-indonesia-yang-telah-mendunia-acc/183177

Monica, T., & Widaningsih, S. (2020). Pengaruh Customer Experience terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Taman Kardus Bandung). 6(1). 30-37. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/157210/jurnal_eproc/pengaruh-customer-experience-terhadap-minat-beli-ulang-studi-kasus-pada-taman-kardus-bandung-tahun-2019.pdf

Muliani, L. (2019). Potensi Bubur Ase Sebagai Daya Tarik Wisata Kuliner Jakarta. Destinesia Jurnal Hospitaliti & Pariwisata, 1(1), 50–56. http://ojs.stiami.ac.id

Nabila Mondri. (2023). Tipologi Wisatawan dalam Memilih Resort Berdasarkan Value of Stay dan Resort Attributes Criteria. http://repository.upi.edu/id/eprint/89412

Pebriana, P. D. K. I., & Oktarini, N. L. (2023). Analisis Minat Beli Ulang pada Sektor Usaha Kuliner. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(4), 687–687. https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/widyaamrita/article/download/2700/1516/

Pranatika, D., & Albari. (2022). Pengaruh Pengalaman Pelanggan dan Motivasi Hedonis terhadap Minat Pembelian Ulang Online. Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 01(02), 92–105. https://journal.uii.ac.id/selma/index

PSPPR UGM. (2023, August 25). Pengembangan Kepariwisataan. PSPPR UGM. https://psppr.ugm.ac.id/2023/08/25/pengembangan-kepariwisataan/

Putri, D., & Syamsiyah, N. R. (2022). Identifikasi Ketersediaan Fasilitas Sarana Dan Prasarana Di Kawasan Wisata Kuliner Pati. 2022: Prosiding (SIAR) Seminar Ilmiah Arsitektur. https://proceedings.ums.ac.id/index.php/siar/article/view/994

Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung

Ulasan Pasar Lama Tangerang. (n.d.). Google Reviews. Retrieved February 27, 2024, from https://g.co/kgs/qKTAHhz

Wibawati, D., & Prabhawati, A. (2021). Upaya Indonesia untuk Mempromosikan Wisata Kuliner sebagai Warisan Budaya Dunia. Journal Of Tourism And Creativity, 5(1), 36-44. doi:10.19184/jtc.v5i1.21108
Published
2024-09-20
Abstract viewed = 7 times
PDF downloaded = 8 times