Analisis Pengaruh Store Atmosphere terhadap Minat Beli di Restoran Suck My Duck

  • Livia Sulijaya Universitas Bunda Mulia
  • Hari Iskandar Universitas Bunda Mulia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel dan dimensi dari store atmosphere terhadap minat beli konsumen di Suck My Duck Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis deskriptif. Perolehan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan rumus Slovin. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 398 responden. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukan dimensi store exterior (X1) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap variabel minat beli (Y), dimensi general interior (X2) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap variabel minat beli (Y), dimensi store layout (X3) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap variabel minat beli (Y), dimensi interior display (X4) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap variabel minat beli (Y), serta variabel store atmosphere (X) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat beli (Y). Simpulan dari penelitian ini adalah variable store atmosphere berpengaruh terhadap minat beli.

Kata Kunci: Interior Display, General Interior, Minat Beli, Store Atmosphere, Store Exterior, Store Layout.

References

Adhitya, W. R. (2021). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Online Mahasiswa di Kota Medan pada Aplikasi Shopee. Accumulated Journal, 3(2), 142–161. http://dx.doi.org/10.22303/accumulated.3.2.2021.142-161

Adiguno, S., Syahra, Y., & Yetri, M. (2022). Prediksi Peningkatan Omset Penjualan Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda. Jurnal Sistem Informasi TGD, 1(4), 275–281. https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jsi

Alam, I. N., & Trianasari, N. (2020). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli (Studi Pada DNA COFFEE Bandung). E-Proceeding of Management, 7(2), 2493–2504. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/160972/jurnal_eproc/pengaruh-store-atmosphere-terhadap-minat-beli-studi-pada-dna-coffee-bandung-.pdf

Alfandy, M., & Rizki Krisnadi, A. (2023). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Kawasan Pecinan Glodok Jakarta Barat Sebagai Wisata Sejarah Dan Budaya. Jurnal Syntax Fusion, 3(9), 948–961. https://doi.org/10.54543/fusion.v3i09.358

Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta. (2023). Jumlah Penduduk Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi DKI Jakarta (Jiwa), 2021-2023. Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta. https://jakarta.bps.go.id/indicator/12/1270/1/jumlah-penduduk-menurut-kabupaten-kota-di-provinsi-dki-jakarta-.html

Fauzi, M., Fauzan, M., & Mursal. (2022). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Depati Vii Kopi Kota Sungai Penuh (Kerinci). El Mudhorib: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(2), 99–114. https://e-journal.iainfmpapua.ac.id/index.php/elmudhorib/article/view/443/170

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 (10th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Gracia, B. A., & Dipayanti, K. (2020). Store Atmosphere Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Kosumen Pada Toko Roti Breadlife Cabang Bintaro Exchange. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 62–78. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPK

Halim, J. M., Soeprapto, V. S., & Julianto, E. (2023). Analisis Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian di Groen Kopi. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 6(2), 430–439. https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.61975

Indranopa, R., & Hermanto, A. (2020). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Distro-Distro di Mataram). Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 2(2), 195–216. https://doi.org/10.30812/target.v2i2.967

K, A. N., & Subagyo. (2020). Pengaruh Store Atmosphere, Brand Ambassador dan Green Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Innisfree Central Park Mall. Jurnal Manajemen Universitas Satya Negara Indonesia, 5(1), 42–58.

Lestari, I. (2023). Kajian Revisit Intention Melalui Pendekatan Teoritis & Analisis. CV. Adanu Abimata. https://books.google.co.id/books/about/Kajian_Revisit_Intention_Melalui_Pendeka.html?id=tW_wEAAAQBAJ&redir_esc=y

Pitaloka, M. D. A., Sudarya, A., & Saptono, E. (2021). Manajemen Ketahanan Pangan Melalui Program Diversifikasi Pangan Di Sumatera Utara Dalam Rangka Mendukung Pertahanan Negara. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, 7(2), 58–83.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen. Deepublish. Yogyakarta

Sandira, N. F. A., Mustari, Syam, A., Ahmad, Muh. I. S., & Dinar, M. (2021). Pengaruh Store Atmosphere dan Lokasi Usaha terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 2(1), 139–149. https://ojs.unm.ac.id/JE3S

Sembiring, E. S. K., & Bahrudin, U. (2022). The Influence Of Store Attempt And Sales Promotion On Consumer Purchase Decisions Of Ramayana Department Store In Serang City. Amal insani (Indonesian Multidiscipline of Social Journal), 2(1), 139–152. Retrieved from https://jurnal.amalinsani.org/index.php/amalinsani/article/view/14

Setiawan, A. D., Yamani, A. Z., & Winati, F. D. (2022). Pengukuran Kepuasan Konsumen Menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA)(Studi Kasus UMKM Ahul Saleh). Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan (JTMIT), 1(4), 286–295. https://doi.org/10.55826/tmit.v1i4.62
Published
2024-09-04
Abstract viewed = 2 times
PDF downloaded = 1 times