Analisis Green Marketing dan Brand Image terhadap Keputusan Menginap di Hotel Borobudur Jakarta
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh green marketing dan brand image terhadap keputusan menginap di Hotel Borobudur Jakarta. Metode penelitian adalah analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Hotel Borobudur Jakarta dengan mengambil 400 responden yang sudah pernah menginap sebagai sampel penelitian dengan menggunakan teknik sampel non probability purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada tamu yang sudah menginap di Hotel Borobudur Jakarta dengan skala likert. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda sebagai metode analisis data. Hasil dan simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa green marketing tidak berpengaruh terhadap keputusan menginap, brand image berpengaruh terhadap keputusan menginap, serta green marketing dan brand image berpengaruh terhadap keputusan menginap.
Kata kunci: Brand Image, Green Marketing, Keputusan Menginap.
References
Al Amin, M., Widarko, A., & Arsyianto, M. T. (2023). Pengaruh Green Product, Green Price, Green Place, dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pepsodent (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Manajemen Unisma Angkatan 2019). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 12(01). https://jim.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/download/20104/14950
Ardiansyah, & Iskandar. (2021). Implementation Of Green Hotel Management 5-Star Hotel In Jakarta, Case Study: The Dharmawangsa Hotel Jakarta. Iop Conference Series: Earth And Environmental Science, 704(1). Https://Doi.Org/10.1088/1755-1315/704/1/012034
Arianty, A., & Andira, A. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Https://Doi.Org/10.30596/Maneggio.V4i1.6766
Asykari, M. F. (2022). Pengaruh Green Marketing, Brand Image, Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Air Minum Dalam Kemasan Merek Le Minerale. Repositori Institusi. Universitas Kristen Satya Wacana. https://repository.uksw.edu/handle/123456789/26760
Azalia, A., & Anisa, A. (2021). Pengaruh Green Product, Green Advertising, Dan Green Price Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware. Borobudur Management Review, 1(2), 126–140. Https://Doi.Org/10.31603/Bmar.V1i2.5868
Chaerunissa, R. (2020) Pengaruh Green Brand Image Terhadap Green Brand Equity Yang Dimediasi Oleh Green Trust (Survey Pada Konsumen Starbucks Di Jl. Dipati Ukur No.42, Kota Bandung). Other thesis, Universitas Komputer Indonesia. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/4482/
Dewi, N. K. A. S., Agung, A. A. P., & Anggraini, N. P. N. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Menginap Di The Bali Dream Villa Resort & Spa. Values. 1(4). https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/value/article/view/1445
Dianti, N. R., & Paramita, E. L. (2021). Green Product Dan Keputusan Pembelian Konsumen Muda. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 142. Https://Doi.Org/10.33059/Jseb.V12i1.2301
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26. 10th Ed. Badan Penerbit Universitas Dipenogoro. Semarang
Handana, A. S. (2019). Pengaruh Green Marketing Strategy Terhadap Intention To Stay Melalui Attitude dan Hotel Image Pada Hotel Bumi Surabaya (Doctoral dissertation, Widya Mandala Catholic University Surabaya).
Hartawan, I. P. Y. (2022). Konsep pelestarian lingkungan melalui implementasi green hotel di akasha villa & restaurant: The concept of environment conservation through green hotel implementation at akasha villa & restaurant. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(9), 2445 -2466. https://doi.org/10.22334/paris.v1i9.167
Hendra, H., Yanti, Y., Nuvriasari, N., Harto, H., Puspitasari, P., Setiawan, S., Susanto, S., Harsoyo, H., & Syarif, S. (2023). Green Marketing For Business. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/371724229
Herawati, D. (2021). Pengaruh Green Product, Green Advertising, Dan Green Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik (Studi Pada Konsumen Produk Kosmetik Garnier di Bandar Lampung).
Imam, N. M., Mulsih, B., Soedjoko, D. K. H. (2022). Analisis Green Product, Green Price, Dan Green Promotion Terhadap Purhxase Intention Pada Produk Hearbalife Nutrition (Studi Kasus Pada Club Herbalife Member Kediri). Jurnal Analisis Manajemen. 8(1). https://doi.org/10.32520/jam.v8i1.2108
Immawati, P., & Nugroho, N. (2020). Green Marketing As The Source Of The Competitive Advantage Of The Business. Issue, 1. Https://Doi.Org/10.31933/Dijms
Iriyani, P. D. M., & Armoni, N. L. E., & Nadra, N. M. (2023) Green Marketing sebagai Preferensi Keputusan Pembelian Akomodasi Bertema Bambu di Ubud. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali. https://repository.pnb.ac.id/7441/
Iskandar, I. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Menginap Di Hotel X [Analysis The Effect Of Brand Image Towards Customer Decision Staying At Hotel X]. Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 6(2), 56–105. Https://Doi.Org/10.30813/.V6i2.2417
Khoiruman, D., & Purba, P. (2020). Pengaruh Green Product, Green Price, Dan Green Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Produk Essential Oil Di Rumah Atsiri Indonesia. Https://E-Journal.Stie-Aub.Ac.Id/Index.Php/Kelola
Kusumah, K. (2020). Green Product Sebagai Penerapan Etika Bisnis Pada Perusahaan Produsen Cat. 1(5). Https://Doi.Org/10.31933/Jimt
Mahendra, D. F., Kriestian, A., & Nugraha, N. A. (2021). Green Marketing Dan Csr Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Pengetahuan Konsumen Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 5(1), 28–38. https://doi.org/10.23887/jppsh.v5i1.33141
Nugroho, N. & Sarah, S. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Busana Muslim Merek Maliqa). Https://Jurnal.Inaba.Ac.Id/
Sari, D. A. (2021). Pengaruh Brand Image, Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menginap Pada Os Style Hotel Di Batu Aji Batam. Universitas Putera Batam. http://repository.upbatam.ac.id/1521/1/cover%20s.d%20bab%20III.pdf
Sari, K. I., & Armoni, N. L. E., Winia, I. N. (2023) Implementasi Pro Environmental Behavior Sebagai Upaya Terwujudnya Green Hotel pada Front Office Department di Karma Kandara Resort. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali. https://repository.pnb.ac.id/8251/
Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi. 8(1), 147–155. http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870
Setiawan, C. K., & Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh Green Marketing Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk The Body Shop Indonesia. Jurnal Ilmiah M-Progress. 10(1). https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/ilmiahm-progress/article/view/371
Syahputra, R., & Herman, H. (2020). Pengaruh Promosi dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menginap Di OS Hotel Batam. Jurnal ilmiah kohesi, 4(3), 62-70. Retrieved from https://kohesi.sciencemakarioz.org/index.php/JIK/article/view/157
Tiurida, A., Agung, G. S., Aditya, P. (2020). The Impact of Green Hotel Program on Customer Satisfaction (A Case Study Of Generation Y At Borobudur Hotel, Jakarta). PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt / Egyptology, 17(7), 3123-3134. Retrieved from https://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/1622
Widayati, C. C., Islahulben, I., Ernawati, E., & Rahadi, D. R. (2021). Pengaruh Green Marketing, Brand Image, Dan Service Quality Terhadap Keputusan Menginap Di Greenhost Boutique Prawirotaman Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Manajemen. 7(2). https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem/article/view/2805
Widodo, S. (2020). Pengaruh Green Product Dan Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Elektronik Merk Sharp Di Electronic City Cipinang Indah Mall Jakarta Timur. In Jurnal Ilmiah M-Progress. 10(1). https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/ilmiahm-progress/article/view/365
Widyastuti, Said, Siswono, & Firmansyah. (2019). Customer Trust Through Green Corporate Image, Green Marketing Strategy, And Social Responsibility: A Case Study. European Research Studies Journal, 22(2), 83–99. https://ersj.eu/journal/1427
Wisnusanjaya, W., & Munir, M. (2021). Analisis Model Bisnis Hotel XYZ. Journal Of Emerging Business Management And Entrepreneurship Studies, 1, 30–34. Http://Jebmes.Ppmschool.Ac.Id/
Copyright (c) 2024 Richard Yurlandi, Hari Iskandar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.