Pengaruh Destinasi Wisata terhadap Kepuasan Wisatawan di Lembah Hijau

  • Ade Diah Nuryani Universitas Bunda Mulia
  • Prayogo Susanto Universitas Bunda Mulia

Abstract

Tujuan penelitian mengetahui kepuasan pengunjung pengaruh destinasi wisata terhadap kepuasan wisatawan di lembah hijau. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan kepada 100 orang responden yang merupakan wisatawan yang sedang atau pernah berkunjung ke objek wisata Lembah Hijau, Bandar Lampung. Sampel ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, dokumentasi, observasi dan studi pustaka jurnal. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan perangkat lunak IBM SPSS 25 dengan teknik analisis penelitian yang digunakan yaitu model regresi berganda, serta dilakukan uji analisis klasik dengan uji hipotesis t dan f serta koefisien determinasi. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa  dimensi pada amenities, activity, ancillary service berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan wisatawan. sedangkan attraction, accessibility, available package tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Pada uji F menunjukkan bahwa  seluruh dimensi attraction, accessibility, amenities, activity, available package, ancillary service berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependen Kepuasan Wisatawan. Dimensi pada attraction, accessibility, amenities, activity, available package, ancillary service sangat mempengaruhi minat kepuasan wisatawan. Oleh karena itu, penting bagi pengelola objek wisata Lembah Hijau Bandar Lampung untuk terus melakukan pembaharuan dan berinovasi agar wisatawan puas ketika berada di objek wisata Lembah Hijau. Kesimpulan bahwa secara parsial, dimensi Amenities, Activity, dan Ancillary Service memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan, sementara dimensi Attraction, Accessibility, dan Available Package tidak memberikan pengaruh yang signifikan. Namun, secara simultan, keseluruhan komponen destinasi wisata memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan wisatawan, yang dibuktikan dengan nilai F-hitung sebesar 54,430 dan signifikansi 0,000.

Kata Kunci: Accessibility, Activity, Amenities, Ancillary Service, Available Package, Kepuasan Wisatawan.

References

Budiningtyas, E. S. (2023). Penerapan Komponen Pariwisata Dalam Upaya Meningkatkan Daya Tarik Wisata Di Kampung Batik Kauman Surakarta. Sabbhata Yatra: Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 4(2), 210–225. https://doi.org/10.53565/sabbhatayatra.v4i2.1049

Alvianna, S., Patalo, R. G., Hidayatullah, S., & Rachmawati, I. K. (2020). Pengaruh Attraction, Accessibillity, Amenity, Ancillary terhadap Kepuasan Generasi Millenial Berkunjung ke Tempat Wisata. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 4(1), 53–59. https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/2983/

Anwar, A., & Mardiana, M. (2022). Hubungan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Baubau. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 4(2), 185–199. https://doi.org/10.31605/ijes.v4i2.1330

Anwar, C. (2019). Studi Korelasi Antara Varian Produk Terhadap Minat Pengunjung Edu Mina Wisata Untuk Peningkatkan Pendapatan Pada Politeknik Kelautan Dan Perikanan Sidoarjo: Program Studi Akuntansi, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo. GREENOMIKA, 1(1). https://journal.unusida.ac.id/index.php/gnk/article/view/6

Astuti, R. D., & Lemy, D. M. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Wisatawan Dalam Pemilihan Destinasi Wisata Semasa Pandemi Covid-19. Jurnal Pariwisata, 9(2), 118–128. https://doi.org/10.31294/par.v9i2.12388

Berutu, F. (2023). Strategi pengembangan destinasi wisata tangga seribu delleng sindeka sebagai daya tarik wisata kabupaten pakpak bharat sumatera utara. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 6(1), 132–140. https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i1.58331

Chaerunissa, S. F., & Yuniningsih, T. (2020). Analisis Komponen Pengembangan Pariwisata Desa Wisata Wonolopo Kota Semarang. Journal Of Public Policy And Management Review, 9(4), 159–175. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/view/28998

Choirunnisa, I. C., & Karmilah, M. (2022). Strategi pengembangan pariwisata budaya. Jurnal Kajian Ruang, 2(1), 89–109. http://dx.doi.org/10.30659/jkr.v2i1.20446

Dalimunthe, D. Y., Valeriani, D., & Wardhani, S. (2020). Kesiapan Infrastruktur Pendukung pada Destinasi Wisata dalam Mewujudkan Sustainable Tourism Development. Society, 8(1), 227–244. https://doi.org/10.33019/society.v8i1.149

Darmawan, D. S. (2019). Pengaruh Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas, Ansilari Terhadap Kepuasan Wisatawan Dio Pantai Gemah Kabupaten Tuilungagung. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(1). https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/6225Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Universitas Diponegoro. Semarang.

Ginting, G. (2020). Pemasaran Jasa Pariwisata. Universitas Terbuka. Tangerang Selatan

Handayani, S., Wahyudin, N., & Khairiyansyah, K. (2019). Fasilitas, Aksesibilitas Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 20(2), 123–133. http://dx.doi.org/10.30596/jimb.v20i2.3228

Hermawati, P. R. (2020). Komponen kepariwisataan dan Pengembangan Community Based Tourism di Desa Wisata Nglanggeran. Pariwisata, 7(1), 31–43. https://doi.org/10.31294/par.v7i1.7891

Hikmah, N., Fauziyah, N. K., Septiani, M., & Lasari, D. M. (2022). Healing Sebagai Strategi Coping Stress Melalui Pariwisata. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 3(2), 113–124. https://doi.org/10.36256/ijtl.v3i2.308

Janna, N. M., & Herianto, H. (2021, January 22). Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan SPSS. https://doi.org/10.31219/osf.io/v9j52

Junianto, M. (2023). Analisis Kepuasaan Wisatawan Curup Bedegung Ditinjau Melalui Komponen 4A (Atraksi, Amenitas, Aksessibilitas, dan Ancilary). Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 9(2). http://dx.doi.org/10.30813/jhp.v9i2.4685

Kinanti, P. F., & Rosdiana, Y. (2022). Pengaruh Operating Leverage terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2016-2020. Bandung Conference Series: Accountancy, 2(1), 245–252.

Kurnia, D., & Safitri, A. T. (2021). Pentingnya Desain Ulang Pekerjaan Dan Deskripsi Pekerjaan Untuk Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Masa Pandemi Covid 19. Sains Manajemen: Jurnal Manajemen Unsera, 7(2), 155–167. https://doi.org/10.30656/sm.v7i2.4139

Lesmana, H. . (2021). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi dan Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Di Kelurahan Pasarbatang. Jurnal Sistem Informasi Akuntansi (JASIKA), 1(1), 29-37. https://doi.org/10.31294/jasika.v1i1.342

Listyawati, I., & Kristiana, I. (2021). Pengaruh Return On Equity, Current Ratio, Size Company Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Nilai Perusahaan. MAKSIMUM: Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang, 10(2), 47–57. https://doi.org/10.26714/mki.10.2.2020.47-57

Magdalena, Y. M. Y., & Djunaid, I. S. D. I. S. (2024). Pengaruh Komponen Wisata terhadap Kepuasan Wisatawan di Hutan Kota Bekasi. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(4), 1613–1628. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i4.701

Manurung, M. N., & Silalahi, F. T. R. (2023). Analisis Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pantai Siregar Aek Nalas Menggunakan Metode Service Quality, Model Kano, Dan Root Cause Analysis. Jurnal Manajemen Pemasaran, 17(2), 101–111. https://doi.org/10.9744/pemasaran.17.2.101-111

Mokoagow, Y., Djailani, Z. A., & Ernawati, E. (2023). Perancangan Agrowisata Kecamatan Moadayag Dengan Pendekatan Arsitektur Ekoloagi. JAMBURA Journal of Architecture, 5(2), 119–125. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jja/article/download/21660/pdf_1

Mulyana, A., & Er Meytha Gayatri, I. ayu. (2022). Pengaruh Komponen Destinasi Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 25–36. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10i1.1753

Olivia, J., & Nurfebiaraning, S. (2019). Pengaruh Video Advertising Tokopedia Versi “Jadikan Ramadan Kesempatan Terbaik” Terhadap Respon Afektif Khalayak. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 16–24. https://doi.org/10.30656/lontar.v7i1.1564

Permadi, L. A., Retnowati, W., Akhyar, M., & Oktaryani, G. A. S. (2021). Identifikasi atraksi, aksesibilitas, amenitas dan ancilliary Twagunung Tunak Desa Mertak Kecamatan Pujut Lombok Tengah. Prosiding SAINTEK, 3, 12–20. https://jurnal.lppm.unram.ac.id/index.php/prosidingsaintek/article/view/219

Puspasari, H., & Puspita, W. (2022). Uji validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa Terhadap Pemilihan Suplemen Kesehatan Dalam Menghadapi Covid-19. Jurnal Kesehatan, 13(1), 65–71. https://doi.org/10.26630/jk.v13i1.2814

Rahmiati, F. (2020). Pengaruh Atribut Tujuan Terhadap Kepuasan Wisatawan: Studi Pada Walking Tourism.

Rasyid, M. N., Naidah, N., & Danil, D. (2021). Pengaruh Tingkat Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Objek Wisata Malino Highlands Kabupaten Gowa. Jurnal Ar-Ribh, 4(2). https://doi.org/10.26618/jei.v4i2.6156

Rosanto, S., & Chainarta, V. (2021). Analisa Aspek Kebijakan Pemerintah Terhadap Potensi Wisata Alam di Danau Sarantangan, Singkawang, Kalimantan Barat. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2805–2812. https://dx.doi.org/10.47492/jip.v1i12.450

Rusmiati, D., Maryani, E., & Andari, R. (2022). Potensi Wisata Sirtwo Island. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(2), 4927-4936. https://doi.org/10.47492/jip.v3i2.1756

Salimun, S., & Sugiyanto, S. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Rumah Makan Begal (Bebek Galak). Jurnal Prosiding Seminar Nasional HUMANIS. 1(1). https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/6927

Saragih, N., & Massora, A. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kompensasi Terhadap Kepausan Kerja Serta Dampaknya Pada Kinerja Karyawan di PT. Jatisari Sri Rejeki. Jurnal Manajemen Fe-Ub, 9(1). https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/manajemen/article/view/852/0

Sari, D. R. (2022). Pengaruh Amenitas dan Aksesibilitas terhadap Kepuasan Wisatawan di Taman Margasatwa Semarang. Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 18(2), 80–90. https://doi.org/10.56910/gemawisata.v18i2.217

Saway, W. V., Alvianna, S., Estikowati, E., Lasarudin, A., & Hidayatullah, S. (2021). Dampak Atraksi, Amenitas dan Aksesibilitas Pantai Pasir Putih Kabupaten Manokwari Terhadap Kepuasan Wisatawan Berkunjung. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 6(1), 1–8. https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/2963/

Seran, M. Y., Hutagalung, S., Rudiyanto, R., Sandrio, L., & Rostini, I. A. (2023). Analisis Konsep 3A (Atraksi, Amenitas, Aksebilitas) dalam Perencanaan Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat: (Studi Kasus: Desa Umatoos, Kabupaten Malaka). Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa, 1(1), 27–42.

Sharon, & Apriwenni, P. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Solvabilitas Dan Ukuran Kap Terhadap Audit Delay Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019. http://eprints.kwikkiangie.ac.id/3098/10/resume.pdf

Silvya, M., Rahman, M. B., & Rahman, Y. (2021). Kesesuaian Penawaran Dan Permintaan Pariwisata. https://repo.itera.ac.id/assets/file_upload/SB2106030005/22117112_20_022706.pdf

Sitorus, N. I. B., & Sari, L. (2021). Pengembangan Aktivitas Wisata di Desa Ciririp. EDUTOURISM Journal Of Tourism Research, 3(01), 36-45. https://doi.org/10.53050/ejtr.v3i01.164
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung

Susanto, D. R., & Kiswantoro, A. (2020). Strategi Pengelolaan Wisata Susur Sungai Mahakam Berbasis Ekowisata Di Samarinda. Journal of Tourism and Economic, 3(1), 1-10. https://doi.org/10.36594/jtec/306mxh88

Suwarti, S., & Krisnawati, H. (2019). Peningkatan Jumlah Kunjungan Wisatawan Sebagai Daya Tarik Wisata Pantai Marina Semarang Guna Mendukung Kesejahteraan Masyarakat. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 12(2), 43-49. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v12i2.489Tangian, D. (2020). Pengantar Pariwisata. Politeknik Negeri Manado. Manado

Ulfa, R. (2021). Variabel penelitian dalam penelitian pendidikan. Al-Fathonah, 1(1), 342–351.

Zuhriah, I. A., Alvianna, S., Hidayatullah, S., Patalo, R. G., & Widiawati, D. (2022). Dampak Attraction, Accessibility, Amenity, Ancillary Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Destinasi Wisata Religi Makam Gus Dur Kabupaten Jombang. Jurnal TESLA: Perhptelan-Destinasi Wisata-Perjalanan Wisata, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.26905/jt.v2i1.7210Akila, A. (2021). Pengaruh Fasiltas Lingkungan Kerja dan Semangat Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada CV. Usaha Mandiri Mimiâ Palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 18(3), 290–307. https://doi.org/10.31851/jmwe.v18i3.6652
Published
2024-10-18
Abstract viewed = 7 times
PDF downloaded = 6 times