Strategi Bauran Pemasaran dengan Analisis SWOT untuk Meningkatkan Daya Saing pada Rumah Makan Pelangi

  • Wilson Elmor Kurniawan Universitas Bunda Mulia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi bauran pemasaran menggunakan analisis SWOT guna meningkatkan daya saing pada Rumah Makan Pelangi di Jakarta Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Rumah Makan Pelangi menerapkan strategi bauran pemasaran yang mencakup tujuh elemen (7P): produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi kelebihan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi oleh rumah makan ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Makan Pelangi memiliki beberapa keunggulan, seperti kualitas makanan yang tinggi dan lokasi yang strategis. Namun, kelemahan yang ditemukan termasuk kurangnya inovasi dalam menu dan promosi yang kurang efektif. Peluang yang dapat dimanfaatkan antara lain penggunaan media sosial untuk promosi dan kerja sama dengan layanan pengiriman daring. Ancaman terbesar adalah persaingan ketat dengan restoran sejenis yang telah bekerja sama dengan layanan ojek daring. Berdasarkan hasil analisis SWOT, strategi yang direkomendasikan adalah diversifikasi produk dan peningkatan promosi melalui media sosial untuk menarik lebih banyak pelanggan. Selain itu, menjalin kerja sama dengan penyedia layanan pengiriman daring dapat membantu meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan pelanggan.

 

Kata Kunci: Bauran pemasaran, SWOT, daya saing, rumah makan, strategi pemasaran.

References

Adhitiowasis, A., Malihah, E., &Andari, R. (2022). Metode Pengajaran Gastronomi bagi Masyarakat Desa Wisata. Journal of Tourism and Creativity, 6(2), 111–119. https://doi.org/10.19184/jtc.v6i2.31300

Agama, P., Di, I., &Medan, M. A. N. (2022). Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(2), 147–153. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758

Dewi, R. P., &Fransiska. (2023). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Di Restoran Zushioda Cirebon. Inovasi Penelitian, 4(3), 781–792.

Diwangkara, N. K., Sari, S. R., &Rukayah, R. S. (2020). Pengembangan Pariwisata Kawasan Baturraden. Arsitektur ARCADE, 4(2), 120–128. https://doi.org/10.31848/arcade.v4i2.431

Djunaid, I. S. (2021). Penyuluhan Pentingnya Pemahaman Siswa Smk Pariwisata Tentang Skill Yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja Pariwisata Di Smk Darmawan Bogor. Pengabdian Dan Kewirausahaan, 5(1), 36–46. https://doi.org/10.30813/jpk.v5i1.2724

Giri, D., & Nur, Y. (2020). Bauran Pemasaran 7P dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen pada Industri Retail Giant Ekspres Makassar. Mirai Management, 6(1), 120–136. https://doi.org/10.37531/mirai.v5i3.690

Hajiman, H., Ningsih, C., &Turgarini, D. (2021). Persepsi Wisatawan Terhadap Tradisi Makan Bedulang Sebagai Wisata Gastronomi Di Belitung Timur. Jurnal Industri Pariwisata, 4(1), 13–31. https://doi.org/10.36441/pariwisata.v4i1.414

Hanif, H. R., &Parantika, A. (2023). Strategi Bauran Pemasaran 7P Menggunakan Pendekatan Analisis SWOT dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Mangata Coffee & Eatery. Media Wisata, 21(1), 164–177. https://doi.org/10.36276/mws.v21i1.460

Hasnah, V. A., Nugroho, S. P., Wisata, A., & Kuliner, W. (2021). Gastronomi Makanan Yogyakarta Sebagai Atraksi Wisata Kuliner. Undergraduate Conference on Language, Literature, and Culture (UNCLLE), 1(1), 141–154.

Hidayah, I., Ariefiantoro, T., &Nugroho, D. W. P. S. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Pudanis Di Kaliwungu). Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 19(1), 76–82. https://doi.org/10.26623/slsi.v19i1.3001

Kaligis, T. I., Mandey, S. L., &Roring, F. (2021). Evaluasi Strategi Bauran Pemasaran pada Rumah Makan Box Weal Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3), 1775–1785. https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.35972

Manggu, B., &Beni, S. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UMKM) Kedai Kopi Ongaku Kota Bengkayang Berdasarkan Analisis SWOT. Sebatik, 27(1), 407–414. https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2036

Mulyati, D., Khairiadi, K., Yana, S., &... (2018). Pengembangan Potensi Wisata di Kota Banda Aceh Dengan Analisa SWOT. Jurnal Serambi …, III, 292–298. http://www.jurnal.serambimekkah.ac.id/jse/article/view/440

Pakasi, D. A., Lemy, D. M., Pramezwary, A., &Juliana, J. (2023). Potensi Makan Bajamba Sebagai Wisata Gastronomi Kampung Budaya Nagari Jawi-Jawi Sumatera Barat. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 14(1), 30–36. https://doi.org/10.31294/khi.v14i1.13991

Pramezwary, A., Juliana, &Hubner, B. I. (2021). Desain Perencanaan Strategi Pengembangan Potensi Wisata Kuliner Dan Belanja Kota Bandung. Pariwisata, 8(1), 10–21. https://media.neliti.com/media/publications/489205-none-967ecd8d.pdf

Prasiyono Nugroho, S., &Putu Hardani, I. H. (2020). Gastronomi Makanan Khas Keraton Yogyakarta Sebagai Upaya Pengembangan Wisata Kuliner. Jurnal Pariwisata, 7(1), 52–62. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp52

Putri, N. A., Permana, E., &Subhan, M. N. (2021). Strategi Pemasaran bisnis Makanan Tradisional Tiwul sebagai Destinasi wisata kuliner di Gunung Kidul Jogja. Pemasaran Kompetitif, 4(3), 340–356. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i3.10102

Rais, M. A., Azhad, M. N., &Izzudin, A. (2022). Penentuan Strategi Pemasaran UMKM menggunakan Analisis SWOT. BUDGETING : Journal of Business, Management and Accounting, 3(2), 164–177. https://doi.org/10.31539/budgeting.v3i2.3874

Ramadhan, H. F., Yunita, T., Ardiansyah, I., &Maulana, R. (2023). Analisis SWOT Pada UMKM (Baso Aci). Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(13), 325–334. https://doi.org/10.5281/zenodo.8151236

Ratnasari, K., Levyda, L., &Giyatmi, G. (2020). Wisata Kuliner Sebagai Penunjang Pariwisata Di Pulau Belitung. Pariwisata Pesona, 5(2), 93–106. https://doi.org/10.26905/jpp.v5i1.4788

Reskiyani, Yahya, M., &Wardah. (2022). Peran Kehumasan Dinas Pariwisata dalam Pengembangan Industri Pariwisata di Kabupaten Bulukumba. Pilar, 13(1), 88–106. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/7845

Riani, N. K. (2021). Pariwisata Adalah Pisau Bermata 2. Inovasi Penelitian, 2(5), 1469–1474. https://dx.doi.org/10.47492/jip.v2i5.923

Septiwirawan, R., Arifin, M. Z., &Zulfani, D. (2020). Upaya Pengembangan Wisata Bahari di Pulau Maratua oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Berau. Administrasi Publik, 8(3), 9290–9302. https://portal.fisip-unmul.ac.id/site/?p=9529

Soeprapto, V. S., &Yohana, E. (2021). Eksplorasi Wisata Kuliner - Studi Kasus Di Bali. Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services, 4(1), 46–52. https://doi.org/10.30813/fame.v4i1.2750

Wibawati, D., & Prabhawati, A. (2021). Upaya Indonesia untuk Mempromosikan Wisata Kuliner sebagai Warisan Budaya Dunia. Journal Of Tourism And Creativity, 5(1), 36-44. doi:10.19184/jtc.v5i1.21108

Wijayanti, A. (2020). Wisata Kuliner Sebagai Strategi Penguatan Pariwisata Di Kota Yogyakarta, Indonesia. Khasanah Ilmu : Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 11(1), 74–82. https://doi.org/10.31294/khi.v11i1.7998

Yuli, N. (2022). Portal Informasi Indonesia. In Indonesia.Go.Id (p. 1). https://www.indonesia.go.id/profil/agama

Zikra, H., &Artati, Y. W. (2024). Perkembangan Pariwisata Jakarta November 2023. Badan Pusat Statistik, 03, 1–12. https://jakarta.bps.go.id/id/pressrelease/2024/01/02/1156/perkembangan-pariwisata-jakarta-november-2023.html

Zulfa, I., &Hariyani, T. (2022). Implementasi Bauran Pemasaran 7P Dalam Meningkatkan Volume Penjualan UKM Ampuh Di Kabupaten Kediri Pada Masa Pandemi Covid-19. Multidisiplin Madani, 2(1), 299–314. https://doi.org/10.54259/mudima.v2i1.363.
Published
2024-10-06
Abstract viewed = 5 times
PDF downloaded = 5 times