Kemampuan Komunikasi pada Pemberdayaan Sumber Daya Manusia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran kemampuan komunikasi dalam pemberdayaan sumber daya manusia di lingkungan organisasi pada era 4.0. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif-interpretatif melalui kajian pustaka. Sumber data diperoleh dari berbagai literatur akademik yang relevan, termasuk jurnal-jurnal yang diakses melalui platform seperti Google Scholar dan ScienceDirect. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi yang baik di dalam organisasi melibatkan beberapa aspek penting, seperti kepercayaan antar anggota, peningkatan kepercayaan diri karyawan, kredibilitas, akuntabilitas, dan komunikasi terbuka. Model pemberdayaan yang diterapkan secara efektif mampu meningkatkan motivasi kerja, suasana kerja yang harmonis, dan pencapaian kinerja yang lebih tinggi. Kesimpulannya, komunikasi yang efektif merupakan kunci utama dalam pemberdayaan sumber daya manusia. Dengan komunikasi yang terbuka dan terstruktur, organisasi dapat mencapai tujuan bersama lebih efisien dan meningkatkan kesejahteraan karyawannya.
Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi, Sumber Daya Manusia.
References
Badrianto, Y. (2021). Mengelola SDM Produktif dan Unggul. Media Sains Indonesia. Bandung
Bairizki, A. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia (Tinjauan Strategis Berbasis Kompetensi)–Jilid 1. Pustaka Aksara. Surabaya
Hendri, E. (2019). Komunikasi Persuasif: Pendekatan dan Strategi. Remaja Rosdakarya. Bandung
Kurdi, M. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia. Media Sains Indonesia. Bandung
Pace, R. W., & Faules, D. F. (2001). Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Terjemahan: Deddy Mulyana, MA., Ph.D. Remaja Rosda Karya. Bandung
Robbins, S. P. (2001). Perilaku Organisasi: Konsep, Kontrovesi, Aplikasi. Prenhalindo. Jakarta.
Copyright (c) 2024 Laila Maulidiya, Nuri Herachwati, Zuyyina Choirunnisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.