Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Minat Pembelian Ulang di Industri Aviasi Opensky

  • Praditio Hanif Putra Universitas Bunda Mulia
  • Yudhiet Fajar Dewantara Universitas Bunda Mulia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui apakah dapat timbul sebuah minat untuk pembelian kembali pada sebuah brand bernama AN OpenSky. Penelitian ini berjenis kuantitatif, dengan menggunakan analisis regresi berganda dan juga analisis koefisien determinasi (R2) yang dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS 29. Pengumpulan data menggunakan cara wawancara, observasi dan menyebarkan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh individu yang pernah melakukan transaksi pembelian di AN OpenSky. Hasil penelitian menggunakan uji T, uji F dan Uji R2 telah menunjukkan bahwa seluruh variabel yang ada dalam pengaruh keputusan untuk pembelian ulang dinyatakan positif. Faktor yang mempengaruhi merupakan variabel Brand Awareness, kualitas produk dan kualitas pelayanan serta diinfluensi dengan kepuasan pelanggan sebagai media intervensi sebagai jembatan untuk menemukan jawaban yang lebih tepat dan akurat. Pada uji R2 terdapat hasil yang menyatakan sekitar 83,3% populasi yang pernah melakukan transaksi di AN OpenSky telah dipengaruhi oleh faktor – faktor yang telah diteliti oleh peneliti, dan sisa persentase sebesar 16,7% dipengaruhi oleh faktor– faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti dalam skripsi ini. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa brand awareness tidak berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian ulang di AN OpenSky. Namun, kualitas produk dan kualitas pelayanan terbukti memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat pembelian ulang. Selain itu, kombinasi antara brand awareness, kualitas produk, dan kualitas pelayanan bersama-sama berperan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, yang akhirnya mendorong keinginan untuk melakukan pembelian ulang di AN OpenSky.

Kata Kunci: Brand Awareness, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Minat Beli Ulang

References

Alfandy, M., & Krisnadi, A. R. (2023). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Kawasan Pecinan Glodok Jakarta Barat Sebagai Wisata Sejarah Dan Budaya. (09), 948–961. https://doi.org/10.54543/fusion.v3i09.358

Alfika, M. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Keputusan Pembelian Sabun Cair Merek Lux (Studi Kasus pada Warga Kelurahan Semper Timur Jakarta Utara). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia. https://repository.stei.ac.id/7248/

Ambolau, M. A. P., Kusumawati, A., & Mawardi, M. K. (2015). The Influence Of Brand Awareness And Brand Image On Purchase Decision (Study on Aqua Consumers in Administrative Science Faculty Brawijaya University Class of 2013). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)| 2(2), 5–24. https://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/793

Anita, T. L., & Ardiansyah, I. (2019). The Effect Of Brand Awareness, Brand Image, And Media Communication On Purchase Decision In The Context Of Urban Area Restaurant. Journal of Business And Entrepreneurship, 7(2), 40-50. https://ojs.sampoernauniversity.ac.id/index.php/JOBE/article/view/70

Arifin, J. (2017). SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi. Elex Media Komputindo. Jakarta

Barkah, B., and Febiwenesya, F. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Konsumen Pada Pengguna E-Commerce. https://pascasarjanafe.untan.ac.id/wp-content/uploads/2023/03/53.pdf

Delvianti, D. (2023). Analisis Pengelolaan Dan Pertanggungjawaban Aset Tetap Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 Di Kelurahan Pulo Gebang. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta. http://repository.stei.ac.id/11095/

Dewantara, Y. F. (2022). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Minat Beli Ulang di Union Deli Grand Indonesia. Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services, 4(2). http://dx.doi.org/10.30813/fame.v4i2.3059

Djunaid, I. S. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung Taman Wisata Matahari Kabupaten Bogor. Jurnal Hospitallity Dan Pariwisata. 5(2). http://dx.doi.org/10.30813/jhp.v5i2.1839

Fandy, T. (2015). Strategi Pemasaran (Edisi 4). Andi. Yogyakarta

Fandy, T. (2016). Service, Quality dan Satisfaction 4 (Edisi Ke-4). Penerbit Andi. Yogyakarta

Fandy, T. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Penerbit Andi. Yogyakarta 

Feri, F. G. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Price Discount Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Reddoorz Near Mikie Holiday. Universitas Quality Berastagi. http://portaluqb.ac.id:808/167/

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran) (5th ed.). CV Budi Utama. Jakarta

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23 (VIII). Semarang Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan IBM SPSS 25 (Universitas Diponegoro., Ed.; IX). Semarang 

Hole, Y., Pawar, S., & Bhaskar, M. P. (2018). Service Marketing and Quality Strategies. Periodicals of Engineering and Natural Sciences (PEN), 6(1), 182. https://doi.org/10.21533/pen.v6i1.291

Hs, I., & Utami, C. K. (2023). Inovasi Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Minat Beli Konsumen Restoran Cepat Saji Setelah Pendemic Covid- 19. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 7(3), 2060–2070. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.5147/http

Kasmir, K. (2017). Customer Services Excellent: Teori dan Praktik / Dr. Kasmir, S.E., M.M. (Cetakan ke 2 ). PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta 

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Marketing Management (15th edition). Pearson Education. London

Lesmana, R., & Ayu, S. D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah PT Paragon Tehnology And Innovation. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(3), 59. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i3.2830

Mudfarikah, R., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang. Jurnal Manajemen, 13(4), 654–661. https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i4.10161

Nurhikmat, A. (2023). Determinasi Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Dengan Harga dan Kualitas Produk : Literature Review. KarismaPro, 13(2), https://doi.org/10.53675/karismapro.v13i2.1050

Paulina, P., & Facrureza, D. (2023). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Revisit Intention Melalui Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Di Glamping Lakeside Rancabali. Jurnal Syntax Fusion, 3(09), 962–976. https://doi.org/10.54543/fusion.v3i09.359

Putri, V. A. (2021). Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Pada Pt Technical Jaya Abadi Jakarta Dengan Metode Job Order Costing System. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia. http://repository.stei.ac.id/6508/

Rezky, R. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kemudahan Penggunaan Dompet Digital Ovo Terhadap Kepuasan Pengguna (Studi Pada Pengguna OVO Di Wilayah Kecamatan Jatinegara Jakarta Timur). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta. http://repository.stei.ac.id/5433/

Rianto, R., & Susanto, P. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Curug Cigentis Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang. Bogor Hospitality Journal, 4(1). https://ojs.bogorhospitalityjournal.com/index.php/bhj/article/view/60/60

Ricky, I. M. (2021). Pengaruh Kualitas, Promosi Dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Gadget Apple di Digimap Tunjungan Plaza Surabaya. http://repository.stiemahardhika.ac.id/2384

Sari, M. R., & Lestari, R. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Pada Minat Pembelian Ulang Konsumen Keretaapi Kelas Eksekutif Argo Parahyangan. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 15(1). https://doi.org/10.47313/oikonomia.v15i1.642

Sari, S., Syamsuddin, S., & Syahrul, S. (2021). Analisis brand awareness dan pengaruhnya terhadap buying decision mobil toyota calya di makassar. Journal of Business Administration (JBA), 1(1), 37. https://doi.org/10.31963/jba.v1i1.2678

Sartika, D. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Produk You C 1000 Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis, 2(1). https://doi.org/10.33633/jpeb.v2i1.2231

Siokain, S., Fanggidae, R., Kurniawati, M., & Amtiran, P. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Kedai & Cafe FCB Kontainer Kupang). Glory Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(6), 1477-1486. https://doi.org/10.35508/glory.v4i6.11683

Sudana, I. K., Anggreni, N. L. P. Y., & Indrawan, I. P. E. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Kober Mie Setan (Study Kasus Kober Mie Setan Peguyangan). Jurnal Pendidikan Widyadari, 22(2), 555–561. https://doi.org/10.5281/zenodo.5574445

Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D (23rd ed.). Alfabeta, Bandung 

Sugiyono, S. (2021). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D (3rd ed.). Alfabeta, Bandung

Supriyati, S. (2015). Mudah Belajar Akuntansi Keuangan Dasar Bagi Pemula dan Pengusaha Muda dengan Standar IFRS. LABKAT Press. Jakarta

Tri, C. (2018). Statistika Terapan & Indikator Kesehatan. Deepublish, Yogyakarta

Wardhana, A. (2019). Riset Pemasaran (S. Sonjaya, Ed.; 1st ed.). CV. Anugrah Adi Cipta. Jakarta

Wardhana, A. (2022). Brand Marketing: The Art Of Branding (M. M. Acai Sudirman, S.E., Ed.). CV. Media Sains Indonesia. Jakarta

Wardi, Y. (2022). The Influence Of Live Sale And Flash Sale On Repurchase Intention In The New Normal Era On Shopee Customers In Padang City. Banking and Management Review, 11(1), 1512–1525. https://doi.org/10.52250/bmr.v11i1.508

Widyana, S. F., & Naufal, A. D. (2018). Analisis Kualitas Operasional Produksi (Survei Terhadap PT Aerofood Indonesia). ProMArk: Jurnak Bisnis dan Manajemen. 8(1), 1–26. https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/promark/article/view/907
Published
2024-10-18
Abstract viewed = 6 times
PDF downloaded = 3 times