Evaluasi Kepuasan Masyarakat Pengguna Transportasi Publik Suroboyo Bus

  • Dwi Angga Widya Sukma Universitas Airlangga
  • Falih Suaedi Universitas Airlangga
  • Eko Supeno Universitas Airlangga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi kepuasan masyarakat pengguna Suroboyo Bus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga tiket dan jaminan keselamatan pada dimensi pelayanan, jangkauan rute dalam dimensi ketersediaan, durasi rute dalam dimensi waktu, serta kebisingan, pengelolaan sampah, edukasi dan kesadaran lingkungan dalam dimensi lingkungan telah dipenuhi dari penyelenggaraan pelayanan jasa transportasi publik Suroboyo Bus. Namun beberapa aspek seperti pelayanan personel, pelayanan dalam bus, aksesibilitas halte, aksesibilitas tiket, frekuensi keberangkatan, frekuensi halte bus, dan ketepatan waktu tunggu rute tidak terpenuhi dari penyelenggaraan pelayanan jasa transportasi publik Suroboyo Bus. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan masyarakat pengguna transportasi publik Suroboyo Bus belum terpenuhi secara keseluruhan. Beberapa aspek perlu diperhatikan untuk menunjang peningkatan kepuasan masyarakat pengguna Suroboyo Bus.

Kata Kunci: Evaluasi Kepuasan, Suroboyo Bus, Transportasi Publik.

References

Candrianto, C. (2021). Kepuasan Pelanggan Suatu Pengantar. Literasi Nusantara. Malang

Devi, A. (11, Maret 2024). Warga Keluhkan Halte Bus yang Kurang Layak di Surabaya. Detik.com. https://www.detik.com/jatim/berita/d-7235409/warga-keluhkan-halte-bus-yang-kurang-layak-di-surabaya

Elaine, M. (2024). Anggaran Transportasi Publik Surabaya Naik Jadi Rp108 M, Atasi Macet dan Polusi Pemkot Tambah Bus dan Feeder Listrik. Suarasurabaya.net. Diakses dari https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2024/anggaran-transportasi-publik-surabaya-naik-jadi-rp108-m-atasi-macet-dan-polusi-pemkot-tambah-bus-dan-feeder-listrik/

Elaine, M. (2024). Berhenti Setahun, Bus Listrik Trans Semanggi Suroboyo Resmi Beroperasi Lagi Suarasurabaya.net. Diakses dari https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2024/berhenti-setahun-bus-listrik-trans-semanggi-suroboyo-resmi-beroperasi-lagi/

Firmansyah, R. A., & Putra, K. H. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Transportasi Umum “Suroboyo Bus” Rute Halte Rajawali–Terminal Purabaya dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA). In Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur. 1 (1), 1-16. https://ejurnal.itats.ac.id/stepplan/article/view/711/612

Ginanjar, D. (2021). Fitur Baru Aplikasi GoBis Bisa Pantau Kedatangan Suroboyo Bus. JawaPos.com. https://www.jawapos.com/surabaya-raya/01353485/fitur-baru-aplikasi-gobis-bisa-pantau-kedatangan-suroboyo-bus

Ginanjar, D. (2022). 60 Persen Penumpang Suroboyo Bus Bayar Pakai Botol Plastik. Diakses pada 28 Januari 2024 dari https://www.jawapos.com/surabaya-raya/01407792/60-persen-penumpang-suroboyo-bus-bayar-pakai-botol-plastik

Ginanjar, D. (2022). Suroboyo Bus Tambah Rute Layanan di Jalan Diponegoro Diakses pada 28 Januari 2024 dari https://www.jawapos.com/surabaya-raya/01396741/suroboyo-bus-tambah-rute-layanan-di-jalan-diponegoro

Ginanjar, D. (2022). Suroboyo Bus Tetap Pakai Sampah Plastik. Diakses pada 10 Januari 2024, dari https://www.jawapos.com/berita-sekitar-anda/01227141/suroboyo-bus-tetap-pakai-sampah-plastik

Ginanjar, D. (2024). Pahami Aturan yang Baru! Begini Cara Naik Bis Suroboyo Bus Gratis dengan Modal Botol Bekas Diakses pada 28 Januari 2024 dari https://www.jawapos.com/infrastruktur/014565481/pahami-aturan-yang-baru-begini-cara-naik-bis-suroboyo-bus-gratis-dengan-modal-botol-bekas

Hantoro, J. (2018). Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini Luncurkan Suroboyo Bus. Tempo.co. Diakses dari https://nasional.tempo.co/read/1077209/wali-kota-surabaya-trirismaharini-luncurkan-suroboyo-bus.

Islam, R., Chowdhury, M. S., Sarker, M. S., & Ahmed, S. (2014). Measuring Customer's Satisfaction On Bus Transportation. American Journal of Economics and Business Administration. 6(1):34-41. DOI:10.3844/ajebasp.2014.34.41

Kibthiah, M., Chamida, R. N., & Khotimah, K. (2023). Suroboyo Bus Sebagai Sistem Transportasi Berkelanjutan Di Kota Surabaya. Jurnal Transportasi, 23(1), 11-18. https://doi.org/10.26593/jtrans.v23i1.6643.11-18

Mahendra, D. (2024). Suroboyo Bus Makin Diminati, sejak Diluncurkan di 2018, Pemkot Surabaya Catat Kenaikan Penumpang hingga Tiga Kali Lipat Lebih. Radarsurabaya.id. Diakses dari https://radarsurabaya.jawapos.com/surabaya/774775680/suroboyo-bus-makin-diminati-sejak-diluncurkan-di-2018-pemkot-surabaya-catat-kenaikan-penumpang-hingga-tiga-kali-lipat-lebih?page=2

Miles, M., Huberman, M & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook, 3th Edition. SAGE Publications, Inc. Singapore

Pratama, R. (2023). Resmi Diluncurkan, Angkutan Feeder di Surabaya Beroperasi Mulai Besok. Suarasurabaya.net. Diakses dari https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2023/resmi-diluncurkan-angkutan-feeder-di-surabaya-beroperasi-mulai-besok/

Primayandi, A.., Gunawan, A. I., & Nurkholik, D. (2022). Examining Passengers’ Satisfaction with Public Transportation in The Rise of Health Concerns. Journal of Marketing Innovation (JMI), 2(2). https://doi.org/10.35313/jmi.v2i2.43

Putri, F. A., & Prabawati, I. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Suroboyo Bus Di Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Journal Publika, 8(4). https://doi.org/10.26740/publika.v8n4.p%25p

Sa'diah, E. H., Aini, M., Mardiah, D., & Apriliani, A. (2024). Kualitas Pelayanan Transportasi Publik. Karimah Tauhid, 3(2), 2012-2021. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12027

Sadya, S. (2023). Polri Catat 152,51 Juta Kendaraan di Indonesia pada 2022. DataIndonesia.id. https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/polri-catat-15251-juta-kendaraan-di-indonesia-pada-2022

Septiyani, N., Susanti, A., & Widayanti, F. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Suroboyo Bus Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA). Prosiding Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi, 10(2), 657-666. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PFSTPT/article/view/44761

Tempo.com. (2022). INRIX: Surabaya Kota Termacet di Indonesia pada 2021. Diakses pada 10 Januari 2024, dari https://data.tempo.co/data/1315/inrix- surabaya-kota-termacet-di-indonesia-pada-2021
Published
2024-08-31
Abstract viewed = 10 times
PDF downloaded = 9 times