Analisis Pengaruh Customer Relationship Management melalui Website terhadap Peningkatan Volume Kunjungan Hotel Discovery Kartika Plaza Bali
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisa apakah terdapat pengaruh customer relationship management melalui official website terhadap peningkatan volume kunjungan Discovery Kartika Plaza Hotel Bali. Selain itu penelitian ini dibuat dikarenakan adanya peningkatan kunjungan pada objek penelitian, maka peneliti meneliti penelitian ini untuk mengetahui apakah variabel independen memiliki pengaruh terhadap variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini memiliki populasi atas sampel yaitu tamu pengunjung yang sudah memiliki pengalaman menginap di Discovery Kartika Plaza Hotel Bali dengan menggunakan sampling 10% dengan total sampel sebanyak 98 responden. Teknik penelitian ini melalui teknik analisis data dengan menggunakan regresi linear sederhana menggunakan program SPSS. Hasil pada penelitian ini menyatakan bahwa customer relationship management memberikan pengaruh terhadap peningkatan volume kunjungan nilai signifikansi di bawah 0,05. Serta menunjukkan bahwa hasil koefisien determinasi menunjukkan nilai sebesar 76,4% sehingga variabel independen memiliki pengaruh sebanyak 76,4% Dari hasil pengujian yang telah dilaksanakan oleh peneliti, mendapatkan hasil yang sesuai dengan hipotesis awal pada penelitian ini yaitu customer relationship management melalui official website memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan volume kunjungan. Hal tersebut memberikan informasi bahwa penerapan customer relationship management dapat mendorong peningkatan volume kunjungan pada Discovery Kartika Plaza Hotel.
Kata Kunci: Customer Relationship Management, Peningkatan Volume Kunjungan, Pariwisata.
References
Arnawa, I. P. (2020). Pengaruh Tingkat Hunian Kamar dan Pendapatan Spa terhadap Laba Operasional di Nusa Beach Hotel & Spa. Jurnal Bisnis Hospitaliti, 9(2). https://ejournal.ppb.ac.id/index.php/jbh/article/view/504
Audina, F. I., Natalia, T. C., Lemy, D. M., & Hulu, M. (2022). Faktor yang Memengaruhi Niat Wisatawan Jabodetabek Kembali Ke Pulau Bali Semasa Covid-19. Jurnal Kepariwisataan Indonesia: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia, 16(2), 186–202. https://doi.org/10.47608/jki.v16i22022.186-202
Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan reliabilitas kuisioner pengetahuan, sikap dan perilaku Pencegahan Demam Berdarah. Prosiding Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020.
Gunawan, A. (2021). Strategi Pemasaran Melaui Media Sosial Dalam Meningkatkan Occupancy Pada Hotel Aerotel Smile Makassar. Diploma thesis, STIE Nobel Indonesia. http://repository.nobel.ac.id/id/eprint/636/
Huda, A., & Setyowardhani, H. (2023). Analisis Hubungan antara Eco SERVQUAL dan Customer Satisfaction dengan Peran Moderasi Gender, serta Revisit Intention pada Green Hotel di Indonesia. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 20(1), 22 -38. https://doi.org/10.36406/jam.v20i01.844
Hurdawaty, R., & Parantika, A. (2018). Management Penyelenggaraan Hotel. Alfabeta. Bandung
Juniarta, P. (2021). Pengaruh promosi staycation terhadap keputusan tamu menginap di alila hotel seminyak saat pandemi covid-19. Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas, 5(1), 138-149. doi:10.24843/JKH.2021.v05.i01.p11
Kapang, S., Korong, I. P., & Maramis, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Sektor Pariwisata Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 19(4). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/26566
Karnita, I., & Rosdiana Aprilia, L. (2021). Pengaruh Persepsi dan Preferensi Tamu Terhadap Keputusan Menginap di Hotel Syariah Kota Bandung. Tourism Scientific Journal, 6(2), 167-186. https://doi.org/10.32659/tsj.v6i2.108
Kartini, L. A., Ervina, E., & Octaviany, V. (2018). Efektivitas Website Sebagai Media Reservasi Kamar Di Crowne Plaza Hotel Bandung Tahun 2018. e-Proceeding of Applied Science. 4(3). 2312-2319. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/146548/jurnal_eproc/efektivitas-website-sebagai-media-reservasi-kamar-di-crowne-plaza-hotel-bandung-tahun-2018.pdf
Lauw, V., Sudiarta, I.N., & Agus Wikanatha Sagita, P. (2022). Analisis Preferensi Wisatawan Staycation Ke Daya Tarik Wisata Di Badung, Bali. Jurnal IPTA. https://doi.org/10.24843/ipta.2022.v10.i01.p12
Lubis, A; Dalimunthe, R; Absah Y; Fawzeea, B.K. (2020). The Influence of Customer Relationship Management (CRM) Indicators on Customer Loyalty of Sharia Based Banking System. J. Mgt. Mkt. Review 5(1) 84–92, Doi.org/10.35609/jmmr.2020.5.18
P. Suyasa, N. L. C., Susanto, P. C., Mastra, A. S., Indriani, N. L. P., Trihardhini, C. G., & Dewi, N. L. P. W. P. (2022). Karakteristik Wisatawan Peminat Staycation di Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 4. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/1695
Prakoso, D. B., Pujiastuti, E. E., & Sadeli, S. (2020). The Influence of Tourist Experience on Satisfaction and Trust and Intentions to Revisit. Dialektika : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(2), 185–201. https://doi.org/10.36636/dialektika.v5i2.465
Putri, A. G. P., Lilianti, E., & Putra, P. S. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Volume Penjualan pada Perusahaan Subsektor Rokok yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi, 14(2), 187–197. https://doi.org/10.28932/jam.v14i2.5128
Rangkuti, F. (2019). Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Sidik, A. (2019). Teori, Strategi, dan Evaluasi Merancang Website dalam Perspektif Desain. Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjar. Kalimantan Selatan
Sugiyono. (2020). Desain Penelitian Mixed Method (Metodologi Penelitian). Alfabeta. Bandung
Tampubolon, R. E. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Hotel Hilton Garden Inn Bali Ngurah Rai Airport. Politeknik Negeri Bali. http://repository.pnb.ac.id/10195/2/RISKA%20ESTHERLITA%20TAMPUBOLON_93308_1915744036_0012067204_0031126290_part.pdf
Wattimena, R. A. (2023). Analisis Faktor - Faktor Pembentuk Kepuasan Pelanggan Hotel (studi pada Hotel Amboina Kota Ambon). Jurnal Administrasi Terapan, 2(1). 225-231. https://doi.org/10.31959/jat.v2i1.1793
Yuliani, N. L., Astina, I. K., & Widyatmaja, I. G. (2022). Pengaruh Fasilitas, Lokasi, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Wisatawan Menginap di Alaya Resort Ubud Hotel. Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas, 6(1). 96-106. https://jurnal.harianregional.com/jkh/full-65396
Yuliasti, N. ., & Cyasmoro, V. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, CRM dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Tamu Menginap di Hotel Horison Ultima Bekasi. ECo-Buss, 6(1), 238–252. https://doi.org/10.32877/eb.v6i1.775
Zaelani, A. A., Rahayu, A., Hendrayati, H., & Yusuf, R. (2020). The Role of Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) In Improving Service Quality. Journal of Physics: Conference Series. 1754 012051. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1764/1/012051
Copyright (c) 2024 Gabriella Ervina, Rendy Sarudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.