Analisis Pengaruh Attraction: Mermaid Show terhadap Bertambahnya Minat Berkunjung ke Wisata Jakarta Aquarium & Safari
Abstract
Penelitian ini bertujuan dengan menganalisa pengaruh Attraction: Mermaid Show terhadap bertambahnya minat kunjung ke suatu tempat wisata. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif berupa pengolahan data, dengan cara mengumpulkan 100 responden yang belum pernah mengunjungi Jakarta Aquarium sebelumnya, untuk menonton atraksi, yang dalam penelitian ini dibahas mengenai Mermaid Show. Hasil dari uji normalitas Monte Carlo juga menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan uji linear sederhana menunjukkan bahwa Variabel independen memengaruhi Variabel dependen. Serta penelitian ini juga tidak terjadi adanya Heteroskedasitas, dan koefisien determinasi menunjukkan berpengaruh antar Variabel Attraction: Mermaid Show terhadap bertambahnya minat Pengunjung, dengan kata lain bahwa, pengunjung berminat untuk datang ke Jakarta Aquarium untuk menonton Mermaid Show. Kesimpulan bahwa mayoritas pengunjung potensial adalah perempuan berusia 17-25 tahun, berdomisili di Tangerang, dan berstatus mahasiswa/pelajar. Dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, data menunjukkan bahwa variabel independen (Mermaid Show) berpengaruh terhadap minat berkunjung (variabel dependen), dengan data yang berdistribusi normal dan memenuhi uji statistik yang relevan.
Kata Kunci: Attraction, Jakarta Aquarium, Mermaid Show, Minat.
References
Apriadi, D., & Junaid, M. T. (2022). Pengaruh Attraction, Ameneties, Accessbility Dan Infrastructure Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Objek Wisata Taman Berlabuh. Jurnal Manajemen dan Bisnis-JMBI. 1(1). https://doi.org/10.35334/jmbi.v1i1.5
Fatikah, A. Z. N., A., Ajar, S. B., & Rindarjono, M. G. (2022). Analysis Of The Distribution Pattern Of Religious Tourism Object In Gununungkidul District. Seminar Nasional “Geoliterasi dan Pembangunan Berkelanjutan” 2022 dan Seminar Nasional Manajemen Bencana PSB (SMBPSB 2022). 5(4). 53-60. https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/download/68970/38387
Güner, A., & Gülaçtı, İ. E. (2022). Business Models Transformed by Digitalization in Contemporary Art Museums and Galleries. Journal of Graphic Engineering and Design, 13(1), 13–20. https://doi.org/10.24867/JGED-2022-1-013
Harahap, S. A., & Rahmi, D. H. (2020). Pengaruh Kualitas Daya Tarik Wisata Budaya terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Nusantara ke Kotagede. Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 16(2), 118–129. https://doi.org/10.56910/gemawisata.v16i2.119
Putera, R. P. (2024). Nilai-Nilai Filosofis Seni Dan Budaya Melayu Nusantara Pra Islam. https://www.researchgate.net/publication/377270516_Nilai-Nilai_Filosofis_Seni_Dan_Budaya_Melayu_Nusantara_Pra_Islam
Sholawati, R. L., & Tiarawati, M. . (2022). Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Awareness terhadap Niat Beli Produk di Restoran Fast Food. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(4), 1098–1108. https://doi.org/10.26740/jim.v10n4.p1098-1108
Tu, M. (2023). Go Beneath the Surface: A Study on Underwater Dancing. Art and Design Review, 11(02), 73–79. https://doi.org/10.4236/adr.2023.112006
Copyright (c) 2024 Thalia Wijaya Supiono, Roozana Maria Ritonga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.