Analisis Pengaruh Wisata Kuliner dan Perceived Value terhadap Revisit Intention di Desa Wisata Pecinan Glodok

  • Angeline Joanda Universitas Bunda Mulia
  • Roozana Maria Ritonga Universitas Bunda Mulia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh wisata kuliner dan perceived value terhadap revisit intention di Desa Wisata Pecinan Glodok, Jakarta Barat. Peneliti ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis uji regresi linear berganda beserta hasil Uji Hipotesis. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan uji T menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari wisata kuliner dan perceived value terhadap revisit intention di Desa Wisata Pecinan Glodok. Berdasarkan uji F, uji koefisien determinasi, dan regresi linear berganda, wisata kuliner dan perceived value berpengaruh terhadap revisit intention. Kesimpulan dari penelitian ini adalah wisata kuliner dan perceived value berpengaruh terhadap revisit intention di Desa Wisata Pecinan Glodok, maka pihak pengelola sebaiknya mempertahankan setiap indikator wisata kuliner (X1) dan perceived value (X2) untuk meningkatkan setiap indikator pada revisit intention (Y).

Kata Kunci: Pecinan Glodok, Perceived Value, Revisit Intention, Wisata Kuliner

References

Amelia, N., & Wulansari, N. (2024). Pengaruh Perceived Value dan Customer Satisfaction Terhadap Revisit Intention di Alinia Farm And Park Resort Dharmasraya. Jurnal Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 2(2), 109–123. https://doi.org/10.59581/jmpp-widyakarya.v2i2.2841

Anggraini, R., & Wulansari, N. (2024). Pengaruh Perceived Value Terhadap Revisit Intention Di Daya Tarik Wisata Linggai Park Maninjau Kabupeten Agam. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 3(1), 114-125. https://doi.org/10.55606/jempper.v3i1.2713

Basori, N., & Sudrajat, A. (2022). Pengaruh Customer Experience dan Customer Value Terhadap Revisit Intention di Objek Wisata Taman Lio Baheula Kabupaten Bekasi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 248-255. https://doi.org/10.5281/zenodo.6944567.

Bundawi, D., Arief, R. F., & Ariyanto, H. H. (2022). Pengaruh Revisit Intention yang dimediasi oleh Satisfaction Terhadap Fastfood di Sanctuary Batam. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 5(2), 1585-1597. doi:10.36778/jesya.v5i2.768

Chandrawati, A. A., & Vidyanata, D. (2022). Pengaruh Perceived Quality dan Perceived Value of Cost terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan pada Fresh. Co. Jurnal Ilmiah Manajemen. 19(1). doi:https://doi.org/10.29259/jmbt.v19i1.17758

Chotimah, S., & Wahyudi, H. D. (2019). Pengaruh Perceived Value Terhadap Revisit Intention: Mediasi Customer Satisfaction pada Pengunjung Jawa Timur Park I Batu. Jurnal Ekonomi Bisnis. 24(1). doi:http://dx.doi.org/10.17977/um042v24i1p1-11

Gainau, M. B. (2021). Pengantar Metode Penelitian, Kanisius. Yogyakarta

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Hanggraito, A., & Budiani, B. (2021). Eksplorasi Segmentasi Pasar dan Motivasi Wisatawan Kuliner di Gudeg Pawon Yogyakarta. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 735-757. doi:10.24843/JUMPA.2021.v07.i02.p18

Hasnah, V. A., & Nugroho, S. P. (2021). Gastronomi Makanan Yogyakarta Sebagai Atraksi Wisata Kuliner. UNCLLE (Undergraduate Conference on Language, Literature, and Culture). 1(1). https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/unclle/article/view/4674

Heryati, Y. (2019). Potensi Pengembangan Obyek Wisata Pantai Tapandullu di Kabupaten Mamuju. GROWTH: Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(1), 56-74. https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/10

Intuluck, W., Srisakun, C., & Tadawattanawit, S. (2023). The Mediating Role of Perceived Value, Brand Awareness, and Brand Loyalty in Tourism Revisit Intention among High Quality Tourists in Thailand. Thammasat Review, 26(2), 395–422. doi:10.14456/tureview.2023.26

Jakarta, D. (2022). Disparekraf Statistik. Retrieved December 7, 2024, from https://statistik-disparekraf.jakarta.go.id/

Kataria, S., & Saini, V. (2020). The Mediating Impact of Customer Satisfaction in Relation of Brand Equity and Brand Loyalty: An Empirical Synthesis and Re-Examination, South Asian Journal of Business Studies (Vol. 9 No. 1), 62-87. https://doi.org/10.1108/SAJBS-03-2019-0046

Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., Achmadi, T. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Deepublish. Yogyakarta

Kusumawardani, K. A., & Putri, F. R. (2020). Exploring the Behavioural Intention in Culinary Tourism: a Study on Bandung Tourist Destination. GARUDA (Global Research on Tourism Development and Advancement), 2(1), 63-81. https://doi.org/10.21632/garuda.2.1.63-81

Maharani, P. P., Suhud, U., & Sari, D. A. P. (2023). Faktor-Faktor Penentu Niat Berkunjung Ulang Studi pada Turis di Taman Sari Yogyakarta. Indonesian Journal of Economy, Business, Entrepreneurship and Finance, 3(2), 204–219. https://doi.org/10.53067/ijebef.v3i2.100

Mercan, S., Cain, L., Alonso, M., & Cobanoglu, C. (2020). Improving the Service Industry with Hyper-Connectivity: IoT in Hospitality. Inter-national Journal of Contemporary Hospitality Management, 12(1), 1-20. doi:10.1108/IJCHM-06-2020-0621

Mulyati, Y., & Masruri. (2019). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik Ditinjau dari Perspektif Daya Tarik Destinasi Wisata Kota Bukitinggi. Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah. 13(1). doi: https://doi.org/10.33559/mi.v13i1.1179.

Nabila, A. N., & Armida. (2020). Pengaruh Customer Perceived Value dan Customer Experience Terhadap Revisit Intention pada Objek Wisata The Great Wall of Koto Gadang. Jurnal Ecogen, 3(3), 477-487. doi:http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v3i3.9910

Niela, A., Sanusi, A. N. O., Yuniar, A., Fitria, D. N. T., & Suhud, U. (2020). Investigasi Revisit Intention Pelanggan Restoran Ayam Cepat Saji asal Amerika. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan - JBMK, 1(2), 416-432. Retrieved from http://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/view/78

Nugroho, S. P., & HD, I. P. H. (2020). Gastronomi Makanan Khas Keraton Yogyakarta Sebagai Upaya Pengembangan Wisata Kuliner. Jurnal Pariwisata, 7(1), 52-62. https://doi.org/10.31294/par.v7i1.8136

Oktavia, H. C. (2021). Analisis Pengaruh Komponen Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Wisata Bahari. Jurnal Enggano, 6(2), 201-211. doi:https://doi.org/10.31186/jenggano.6.2.

Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Pascal Books. Tangerang Selatan

Putri, J. A., Rahayu, E., Risyanti, Y. D., Maryani, T., & Yuliamir, H. (2023). Potensi Makanan Tradisional, Sebagai Daya Tarik Wisata Kuliner di Kota Salatiga. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 6(1), 207-213. https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i1.54032

Putri, W., Djuanaidi, D., & Humaidi, H. (2022). Perkembangan Kuliner Tionghoa di Batavia 1915-1942. Historiography: Journal of Indonesian History and Education, 2(2), 181-192. http://dx.doi.org/10.17977/um081v2i22022p181-192

Rafiq, K. R. M., Yunus, M. M., & Susiati. (2022). Re-envisioning Technological Pedagogical Content Knowledge and Online Teaching Readiness of English for Foreign Language Pre-service Teachers in Language Teacher Education. Front Psychol. 13. doi: 10.3389/fpsyg.2022.927835

Ratnasari, K., Levyda, L., & Giyatmi, G. (2020). Wisata Kuliner Sebagai Penunjang Pariwisata di Pulau Belitung. Jurnal Pariwisata Pesona, 5(2), 93-106. doi:https://doi.org/10.26905/jpp.v5i1.4788

Rosalina, L., Oktarina, R., Rahmiati, & Saputra, I. (2021). Buku Ajar Statistika, Muharika Rumah Ilmiah. Padang

Rousta, A., & Jamshidi, D. (2020). Food Tourism Value: Investigating the Factors that Influence Tourists to Revisit. Journal of Vacation Marketing, 26(1), 73-95. doi:https://doi.org/10.1177/1356766719858649

Sahir, S. H. (2021). Metode Penelitian, Penerbit KBM Indonesia. Jogjakarta

Septiana, T., Hermina, T., & Saepuloh, A. (2020). Analisis Faktor Revisit Intention di Objek Wisata Situ Bagendit Garut. Jurnal of Knowledge Management, 14(1), 37-47. http://dx.doi.org/10.52434/jkm.v14i1.1644

Sesa, K. C., Manaf, M., Salim, E., & Abbas, J. (2023). Strategi Peningkatan Kawasan Wisata Kuliner Pantai Tak Berombak di Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros. Journal of Urban Planning Studies, 3(2), 157-164. https://doi.org/10.35965/jups.v3i2.380

Statistik, B. P. (2023). Statistik Penyedia Makan Minum 2021. Badan Pusat Statistik. Retrieved December 8, 2024, from https://www.bps.go.id/id/publication/2023/07/18/b7439b2db9b878d623830f0b/statistik-penyedia-makan-minum-2021.html

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta. Bandung

UNESCO. (2009). Ekowisata, Panduan Dasar Pelaksanaan. UNESCO Office Jakarta. Jakarta

Yoo, S. R., Lee, S. W., Jeon, H. M. (2020). The Role of Customer Experience, Food Healthiness, and Value for Revisit Intention in GROCERANT. Sustainability, 12(6), 2359. https://doi.org/10.3390/su12062359

Zahriyah, A., Suprianik, Parmono, A., & Mustofa. (2021). Ekonometrika, Mandala Press. Jawa Timur

Zamhari, R. (2022). Pengaruh Budaya Kuliner Cina dan Belanda Terhadap Kuliner Indonesia. Jurnal Kusa Lawa. 2(1). https://doi.org/10.21776/ub.kusalawa.2022.002.01.08
Published
2024-10-18
Abstract viewed = 8 times
PDF downloaded = 2 times