Persepsi Masyarakat Kenagarian Lurah Ampalu terhadap Peraturan Bupati Nomor 13 Tahun 2016 tentang Penertiban Orgen Tunggal sebagai Upaya Pendidikan Karakter

  • Larisman Larisman STKIP ABDI Pendidikan Payakumbuh
  • Destuliadi Destuliadi STKIP ABDI Pendidikan Payakumbuh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat Kenagarian Lurah Ampalu terhadap peraturan bupati nomor 13 tahun 2016 tentang penertiban orgen tunggal sebagai upaya pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif survey. Hasil penelitian yaitu: (1) Persepsi masyarakat terhadap orgen tunggal adalah nilai mean sebesar 29,92, median 30,00, modus 21, Standar  deviasi 6.209, varian 38.552, range 22 nilai minimum 20, dan maksimum 42. Diketahui rata-rata persepsi sebesar  29.92  lebih besar dari mean teoritik sehingga persepsi masyarakat terhadap orgen tunggal adalah negatif. (2) Persepsi masyarakat terhadap peraturan bupati adalah nilai mean sebesar 62.32 median 64.00, modus 64, standar deviasi 8.985, varian 80.729, nilai minimum 40, dan maksimum 80. Diketahui rata-rata persepsi sebesar 62.32.Jadi, persepsi masyarakat terhadap peraturan bupati adalah positif. Simpulan penelitian bahwa masyarakat setuju dengan adanya peraturan pembatasan operasional organ tunggal karena memiliki dampak negati seperti kemaksiatan, pergaulan bebas, narkoba, perkelahian, minuman keras.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Peraturan Bupati, Persepsi.

References

Ali, M, M., Hariyati, T., Pratiwi, Y. M., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapannya dalam Penelitian. Education Journal. 2(2). 1–6. https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/download/86/27

Harahap, E. (2023). Peran Lingkungan Sosial Masyarakat dalam Pembentuksn Karakter Belajar Peserta Didik di MIN 2 Padangsidimpuan. Dirasatul Ibtidaiyah. 3(1). 44–55 http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/article/view/8414/4619

Nurjanah, S. (2014). Human Capital dan Peranan Pemerintah dalam Pendidikan. Econosains Jurnal Online Ekonomi dan Pendidikan, 12(1). 83–90, https://doi.org/10.21009/econosains.0121.04

Yuliyanto, R. (2022, December 3). Permasalahan Pendidikan Pada Kepribadian Bangsa, Pembentukan Karakter Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotor. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/ZSUAX

Rofii, A., Herdiawan, R. D., Nurhidayat, E., Fakhrudin, A., Sudirno, D., & Nahdi, D. S. (2021). Penyuluhan tentang Bahaya Pergaulan Bebas dan Bijak Bermedia Sosial. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 825–832. https://doi.org/10.31949/jb.v2i4.1588

Syaparuddin, S. (2020). Peranan Pendidikan Nonformal dan Sarana Pendidikan Moral. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1). 173–86 https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/317
Published
2024-07-31
Abstract viewed = 5 times
PDF downloaded = 4 times