Kemampuan Siswa Berbahasa Jawa Krama (Studi Kasus di SMA)

  • Ermadani Suci Prameswari Universitas Negeri Semarang
  • Joko Sukoyo Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sejauh mana pemahaman mereka terhadap bahasa Jawa krama dan faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kemampuan berbahasa Jawa krama siswa SMAN 6 Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan tes. Analisis data dilakukan menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa dalam berbahasa Jawa krama cukup memenuhi standar dengan rata-rata nilai 66,6, hanya saja masih terbatas dalam penggunaan kosakata dan penyusunan struktur kalimat. Faktor yang mempengaruhi kemampuan berbahasa antara lain kegiatan pembiasaan, seorang guru selalu memberikan contoh yang dapat diterapkan oleh peserta didik,   sebagai   upaya   meningkatkan   kemampuan   berbahasa   peserta   didik.   Simpulan penelitian ini yaitu mata pelajaran bahasa jawa penting untuk mempelajari budaya Jawa dan penguasaan bahasa Jawa. Fungsi bahasa Jawa adalah menghasilkan generasi muda yang berakhlak mulia dan santun dalam berbahasa.

Kata Kunci: Bahasa Jawa Krama, Studi Kasus

References

Ambarwati, A., Alfiah, A., Zaidah, N. (2022). Upaya Guru Bahasa Jawa dalam Menerapkan Unggah-Ungguh Basa pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas X Semester Gasal di SMA Negeri 3 Brebes. JISABDA. 4(1). https://doi.org/10.26877/jisabda.v4i1.12755

Arafik, M., & Rumidjan, R. (2016). Profil Pembelajaran Unggah-Ungguh Bahasa Jawa Di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 25(1), 55–61. https://doi.org/10.17977/um009v25i12016p055

Ardiansyah, M. F., & Yulya, N. M. (2022). Pelestarian Budaya Lokal Melalui Pembiasaan Bahasa Jawa Krama di Madrasah Ibtidaiyah. Al-Mihnah: Jurnal Pendidikan Islam dan Keguruan. 01(01), 68–88. https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/almihnah/article/view/340

Handoyono, S. (2022). Kemampuan Berbahasa Jawa Krama Inggil Pesrta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 10(2), 83–99. https://doi.org/10.15294/piwulang.v12i1.78033

Khoirummalizzakiya, Siti (2020) Signifikansi Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas V Dalam Penanaman Nilai-nilai Karakter Sopan Santun (Studi Kasus Di SDN Patihan Wetan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO. https://etheses.iainponorogo.ac.id/10761/

Khubni, M., & Muhammad, R. (2021). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Jawa Siswa Kelas V melalui Pembiasaan Berbahasa. Ibtida’, 2(01), 59–66. https://doi.org/10.37850/ibtida.v2i01.172

Leopatra, Sarrifah (2024) Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Siswa Kelas IV MI Pesantren Sabilil MUttaqien Kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo. https://etheses.iainponorogo.ac.id/28808/

Mardikantoro, H. B. (2016). Pemertahanan Bahasa Jawa dalam Pertunjukan Kesenian Tradisional. Litera, 15(2). 269–280. http://dx.doi.org/10.21831/ltr.v15i2.11828

Puspitoningrum, E., & Rahmayantis, M. D. (2018). Bahan Ajar Pacelathon Undha Usuk Basa Jawa Lokalitas Kediri Sebagai Penguatan Karakter Tata Krama Berbicara Siswa Dalam Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Daerah. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(1). https://doi.org/10.22219/kembara.v4i1.5687
Published
2024-12-14
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times