Pengaruh Personal Selling dan Fasilitas terhadap Keputusan Pembelian Wedding Package
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah personal selling dan fasilitas hotel memiliki pengaruh pada keputusan pembelian wedding package di Hotel Raffles. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan pengambilan sampel menggunakan non-probability dan purposive-sampling. Sampel penelitian ini adalah 68 responden. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan koesioner. Hasil penelitiani dari Dimensi personal selling dan fasilitas melalui uji t memiliki pengaruh parsial sedangkan melalui uji f memiliki pengaruh secara bersama maupun simultan terhadap variabel keputusan untuk membeli wedding package di Hotel Raffles dan hasil dari koefisien determinasinya adalah 84,9%. Simpulan penelitian ini bahwa variabel Personal selling dan Fasilitas yang dimiliki Hotel Raffles menunjukan hasil yang baik.
Kata Kunci: Fasilitas, Keputusan Pembelian Wedding Package, Personal Selling.
References
Anwar, I., & Satrio, B. (2015). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 4(12), 1–15. https://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/3146/3162
Aqobah, D. A., Dewi, P. A. R. (2023). Pengelolaan Promotion Mix Pada Mahar Agung Wedding Organizer. Jurnal Ekonomi, 7(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/download/55019/43626/
Aripin, W. T., & Ramdaniyah, D. (2022). Perancangan Tata Letak Fasilitas Perpustakaan STT Cipasung. Cipasung Techo Pesantren, 16(2). 26-35. https://journal.sttcipasung.ac.id/index.php/CTP/index
Biringkanae, A., & Tammu, R. G. (2021). Pengaruh Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Hiburan terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupatane Tana Toraja. Public Administration Journal, 4(1). http://dx.doi.org/10.35914/ilagaligo.722
Citrawati, L. P. (2021). Strategi Peningkatan Pembelian Wedding package di Masa Pandemi Covid-19 pada CV. Legacy Bali Wedding, Denpasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Makardhi, 1(2), 128–137. https://doi.org/10.52352/makardhi.v1i2.696
Darmawan, D., & FX Setiyo, W. (2018). Implementasi Strategi 4P dalam Meningkatkan Frekuensi Public Event di Harris Hotel And Conventions Bekasi (HHCB). Proceeding National Conference of Creative Industry: Sustainable Tourism Industry for Economic Development, 5(6). http://dx.doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1248
Dua, N. (2022). Strategi Bauran Pemasaran Wedding Package untuk Meningkatkan Jumlah Penyelenggaraan Wedding Event di Discovery Kartika Plaza Hotel. https://doi.org/10.52352/jhm.v1i1.1013
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IMB SPSS 25 (Kesembilan). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Hamzah, R. E., & Azhari, R. R. (2019). Konsep Integrated Marketing Communication dalam Meningkatkan Brand Image Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta. Jurnal Pustaka Komunikasi, 2(2). https://doi.org/10.32509/pustakom.v2i2.872
I Nyoman, S. S., I Nengah, W., (2022). Strategi Bauran Pemasaran Wedding package untuk Meningkatkan Jumlah Penyelenggaraan Wedding Event di Discovery Kartika Plaza Hotel. Jurnal Bisnis Hospitaliti. 9(2). 64-69. https://ejournal.ppb.ac.id/index.php/jbh/article/download/505/493
Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Prinsip-Prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh (Edisi Ketujuh). Salemba Empat. Jakarta
Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi 12 Jilid 1). Erlangga. Jakarta
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. In 15th Edition. Pearson Education Limited. England
Lailiya, N. (2020a). Pengaruh Brand Ambassador dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia. Iqtishadequity Jurnal Manajemen, 2(2), 113. https://doi.org/10.51804/iej.v2i2.764
Mahendra, D. F., Kriestian, A., & Nugraha, N. A. (2021). Green Marketing dan CSR terhadap Keputusan Pembelian dengan Pengetahuan Konsumen Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 5(1), 28–38. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPSH/article/view/33141/18547
Maulana, S., Puspita, N., & Erfinda, Y. (2022). Pengaruh Direct Marketing Terhadap Keputusan Pembelian dalam Menggunakan Social Event Package di Art Deco Luxury Hotel & R.docx. Journal of Tourism Destination and Attraction , 10(1), 69-84. https://doi.org/10.35814/tourism.v10i1.3415
Mokalu, O. J., Montolalu, J., & Keles, D. (2018). Pemanfaatan Fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) terhadap Peningkatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) (Studi Kasus Bank Mandiri Kantor Kas Manado Paal Dua). JURNAL ADMINISTRASI BISNIS (JAB), 6(001). https://doi.org/10.35797/jab.v6.i001.%p
Nurainina, F., & Asmara, K. (2022). Jumlah Wisatawan, Jumlah Hotel, dan Jumlah Objek Wisata terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Tuban. Jurnal Ekobistek. 11(3). 245–250. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v11i3.364
Nursyamsi, S., Siregar, N., & Ratnasari, D. D. (2022). Strategi Komunikasi Personal Selling Merchandiser Display General Trade dalam Memenuhi Target Penjualan Di PT Kalbe Nutritional Cabang Bekasi: Studi Deskriptif Produk Diabetasol. Brand Communication: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(3). https://www.jurnalprisanicendekia.com/index.php/jbc/article/view/111/114
Oktavian, F., Budi, S., Abdurachman, U., Situbondo, S., Soeliha, S., & Tulhusnah, L. (n.d.). Pengaruh Fasilitas dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Sembako Barokah Mlandingan dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME) FEB UNARS, 1(5), 1084–1095. https://doi.org/10.36841/jme.v1i5.2161
Oscar, B., & Megantara, H. C. (2020). Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Muslim Army. Jurnal Bisnis dan Pemasaran, 10, 1–12. https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/promark/article/download/717/523
Purnawijaya, F. M. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada Kedai 27 di Surabaya. Agora, 7(1), https://www.neliti.com/publications/287221/pengaruh-disiplin-kerja-dan-fasilitas-kerja-terhadap-kinerja-karyawan-pada-kedai
Putri, P. M., & Marlien, R. A. (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 25–36. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.510
Rachmawati, S. D., & Andjarwati, A. L. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. E-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 7(1), 25. https://doi.org/10.19184/ejeba.v7i1.14849
Rahayu, R. A., & Ratnasari, K. (2023). Pengaruh Personal Selling terhadap Kepuasan Konsumen pada Produk Meeting Package di The Acacia Hotel Jakarta. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 289–298. https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.134
Sabudi, I. N. S., Wirata, I. N., & Cahyadi, E. (2020). Strategi Bauran Pemasaran Wedding package untuk Meningkatkan Jumlah Penyelenggaraan Wedding Event di Discovery Kartika Plaza Hotel. Jurnal Bisnis Hospitaliti, 9(2), 64–69. https://doi.org/10.52352/jbh.v9i2.505
Savira Maulana, Puspita, N., & Yosi Erfinda. (2022). Pengaruh Direct Marketing terhadap Keputusan Pembelian dalam Menggunakan Social Event Package DI Art Deco Luxury Hotel & R.docx. Journal of Tourism Destination and Attraction , 10(1), 69-84. https://doi.org/10.35814/tourism.v10i1.3415
Siska, W. (2020). Pengaruh Pajak Hotel dan Pajak Restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Jurnal Riset Akuntansi dan Perbankan, 14(2). http://ojs.ekuitas.ac.id/index.php/jrap/article/view/315/174
Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta. Bandung
Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D. Alfabeta. Bandung
Tjiptono, T. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. In Edisi 1. Andy. Yogyakarta
Wandanaya, A. B. (2012). Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk. CCIT Journal, 5(2), 174–185. https://doi.org/10.33050/ccit.v5i2.149
Yuliana, I., Rofiq, Aunur, & Ummah, A. R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 2450–2466. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i6.2338
Copyright (c) 2024 Angellyna Angellyna, Ika Suryono Djunaid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.