Pelaksanaan Model Discovery Learning Berbantu Poster pada Materi Perlawanan Rakyat terhadap Kolonialisme Bangsa Eropa dalam Pembelajaran Sejarah
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perancangan dan pelaksanaan model discovery learning berbantu poster pada materi perlawanan rakyat terhadap kolonialisme bangsa Eropa dalam pembelajaran sejarah, untuk mendeskripsikan kendala-kendala dalam perancangan dan pelaksanaan model discovery learning berbantu poster. Metode penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini bahwa Pelaksanaan Model discovery learning Berbantu Poster. Pelaksanaan model discovery learning sudah dapat terlaksana. Pelaksanaan diskusi antar kelompok berjalan dengan baik. Kendalanya yaitu kegiatan diskusi hanya sebagian dari peserta didik yang ikut berpartisipasi dalam memahami materi dan berdiskusi. Terdapat kendala selama proses pembelajaran berlangsung yaitu keterbatasan waktu. Simpulan penelitian ini bahwa Perancangan pembelajaran sudah terlaksanakan dengan baik, dikarenakan semua tahap-tahap pembelajaran terlaksanakan sesuai dengan prosedur model discovery learning.
Kata Kunci: Discovery Learning, Pelaksanaan, Pembelajaran Sejarah, Poster.
References
Harefa, E., Afendi, A. R., Karuru, P., Sulaeman, & Wote, A. Y. V., Patalu, J. S., Azizah, N., Sanulita, H., Yusufi, A., Husnita, L., Masturoh, I., Warif, M., Fauzi, M., Nurjanah, N., Santika, T.,Sulaiman, S. (2024). Buku Ajar: Teori Belajar dan Pembelajaran. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. Jakarta
Lestari, E. T. (2020). Model Pembelajaran: discovery learning di Sekolah Dasar. Deepublish. Yogyakarta
Masdika, H. J. ., Nurdin, B. ., & Kaksim, K. (2022). Pembelajaran Sejarah Tipe Peer Lesson Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas XI IPS SMAN Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16519–16525. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.5103
Rahmadhani, G., Meldawati, M., & Kaksim, K. (2023). Penerapan Metode Mind Mapping Berbasis Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI IPA Sma Negeri 1 Kubung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 15665–15669. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8850
Sappaile, B. I. ., Sembiring, D. ., Saifullah, S., Merakati, I. ., Husnita, L. ., & Riyanti, A. . (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa Dan Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5667–5672. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28280
Sindi, M. ., Nurdin, B. ., & Husnita, L. . (2021). Rancangan Pembelajaran Sejarah dengan Teknik Inside - Outside Circle Pada SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 5448–5453. Retrieved from http://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1255
Tanjung, D. S., Mahulae, S., & Tumanggor, A. F. M. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 7(2), 145–154. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v7i2.3393
Wahyuni, E., Nawawi, I., Lubis, R., Erningsih, E., Afriana, A., Husnita, L., Arianto, T., Salsabila, U. H., Firmansyah, F., Nazmi, R., Junaidi, J. K., Sariani, N., Pomalingo, S. (2023). Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran. CV. Gita Lentera. Padang
Wulandari, R. (2019). Poster Sebagai Media Pendidikan Karakter. Pendidikan Karakter, 1(1). 375-380. doi: https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i1.32186
Zuhrotul, V. (2021) Pelaksanaan Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII.B di SMP Negeri 34 Kabupaten Tebo. Sarjana thesis, STKIP PRGI Sumatera Barat. https://repo.upgrisba.ac.id/id/eprint/12819/
Copyright (c) 2024 Metia Suciati, Liza Husnita, Kaksim Kaksim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.