Pelaksanaan Model Discovery Learning Berbantu Poster pada Materi Perlawanan Rakyat terhadap Kolonialisme Bangsa Eropa dalam Pembelajaran Sejarah

  • Metia Suciati Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Liza Husnita Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Kaksim Kaksim Universitas PGRI Sumatera Barat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perancangan dan pelaksanaan model discovery learning berbantu poster pada materi perlawanan rakyat terhadap kolonialisme bangsa Eropa dalam pembelajaran sejarah, untuk mendeskripsikan kendala-kendala dalam perancangan dan pelaksanaan model discovery learning berbantu poster. Metode penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini bahwa Pelaksanaan Model discovery learning Berbantu Poster. Pelaksanaan model discovery learning sudah dapat terlaksana. Pelaksanaan diskusi antar kelompok berjalan dengan baik. Kendalanya yaitu kegiatan diskusi hanya sebagian dari peserta didik yang ikut berpartisipasi dalam memahami materi dan berdiskusi. Terdapat kendala selama proses pembelajaran berlangsung yaitu keterbatasan waktu. Simpulan penelitian ini bahwa Perancangan pembelajaran sudah terlaksanakan dengan baik, dikarenakan semua tahap-tahap pembelajaran terlaksanakan sesuai dengan prosedur model discovery learning.

Kata Kunci: Discovery Learning, Pelaksanaan, Pembelajaran Sejarah, Poster.

References

Anjani, Y., Meldawati, M., & Kaksim, K. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Menggunakan Aplikasi Powtoon Pada Materi Upaya Bangsa Indonesia Dalam Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bangsa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP). 6(3), 622–626. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19051

Harefa, E., Afendi, A. R., Karuru, P., Sulaeman, & Wote, A. Y. V., Patalu, J. S., Azizah, N., Sanulita, H., Yusufi, A., Husnita, L., Masturoh, I., Warif, M., Fauzi, M., Nurjanah, N., Santika, T.,Sulaiman, S. (2024). Buku Ajar: Teori Belajar dan Pembelajaran. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. Jakarta

Lestari, E. T. (2020). Model Pembelajaran: discovery learning di Sekolah Dasar. Deepublish. Yogyakarta

Masdika, H. J. ., Nurdin, B. ., & Kaksim, K. (2022). Pembelajaran Sejarah Tipe Peer Lesson Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas XI IPS SMAN Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16519–16525. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.5103

Rahmadhani, G., Meldawati, M., & Kaksim, K. (2023). Penerapan Metode Mind Mapping Berbasis Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI IPA Sma Negeri 1 Kubung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 15665–15669. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8850

Sappaile, B. I. ., Sembiring, D. ., Saifullah, S., Merakati, I. ., Husnita, L. ., & Riyanti, A. . (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa Dan Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5667–5672. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28280

Sindi, M. ., Nurdin, B. ., & Husnita, L. . (2021). Rancangan Pembelajaran Sejarah dengan Teknik Inside - Outside Circle Pada SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 5448–5453. Retrieved from http://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1255

Tanjung, D. S., Mahulae, S., & Tumanggor, A. F. M. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 7(2), 145–154. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v7i2.3393

Wahyuni, E., Nawawi, I., Lubis, R., Erningsih, E., Afriana, A., Husnita, L., Arianto, T., Salsabila, U. H., Firmansyah, F., Nazmi, R., Junaidi, J. K., Sariani, N., Pomalingo, S. (2023). Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran. CV. Gita Lentera. Padang

Wulandari, R. (2019). Poster Sebagai Media Pendidikan Karakter. Pendidikan Karakter, 1(1). 375-380. doi: https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i1.32186

Zuhrotul, V. (2021) Pelaksanaan Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII.B di SMP Negeri 34 Kabupaten Tebo. Sarjana thesis, STKIP PRGI Sumatera Barat. https://repo.upgrisba.ac.id/id/eprint/12819/
Published
2024-12-14
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times