Benang Bintik: Batik Motif Babukung sebagai Pilar Ekonomi Kreatif Lamandau
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan ide konsep motif batik berupa visual, warna, ragam hias, pertunjukan dan nilai sejarah Babukung. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode yang digunakan termasuk metode kreatif yang terdiri dari beberapa tahap; merumuskan kreasi ide motif Babukung, eksplorasi ide konsep, eksplorasi desain dan teknik, proses kreatif mewujudkan motif benang bintik, hasil kreatif motif benang bintik, termasuk analisis desain, kajian pasar, dan teknik produksi digital printing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan motif Babukung pada benang bintik tidak hanya memperkaya warisan budaya tetapi juga berpotensi meningkatkan daya saing produk lokal di pasar kreatif. Simpulan penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengembangan strategi ekonomi kreatif yang berkelanjutan dan mempromosikan pelestarian budaya di kabupaten Lamandau.
Kata kunci: Benang Bintik, Festival Babukung, Lamandau.
References
Dahlan, A., & Forno, A. (2021). Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika pada Peninggalan Perang Dunia II di Pulau Morotai. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(6), 391-404. https://doi.org/10.5281/zenodo.5672304
Dinata, R. (2018). Philosophy and contemporary exploration on designing batik motif for JAVAJAZZ promotion poster application. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 453, 012039. https://doi.org/10.1088/1757-899X/453/1/012039
Girindraswari, N. A., Sundari, U. Y., Andis, M., & Romadoni, M. (2024). Batik Tambun Bungai Penciptaan Motif Lokal untuk Kejatidirian Eknonomi Kreatif Kalimantan Tengah. Journal of Management and Bussines, 6, 48. https://doi.org/10.31539/jomb.v6i1.8191
Karelius, K., Sadiana, I. M., Fatah, A. H., & Agnestisia, R. (2022). Co-Precipitation Synthesis of Clay-Magnetite Nanocomposite for Adsorptive Removal of Synthetic Dye in Wastewater of Benang Bintik Batik. Molekul, 17(2), 261. https://doi.org/10.20884/1.jm.2022.17.2.6358
Krishna, A., Gautama, B. P., Rofaida, R., Hadian, M. S. D. (2021). Kebangkitan UMKM Melalui Inovasi Geoproduk Berbasis Geodiversity & Kearifan Lokal. Penerbit Andi. Yogyakarta
Krisnawati, E., Sunarni, N., Indrayani, L. M., Sofyan, A. N., & Nur, T. (2019). Identity Exhibition in Batik Motifs of Ebeg and Pataruman. SAGE Open, 9(2), 215824401984668. https://doi.org/10.1177/2158244019846686
Liadi, F., Jasiah, J., Qudsiyah, U., Harun, M., Madi, M., Agon, A., Yanti, N. I., & Andriyani, E. (2024). Cultural Representation of Babukung Dance Funeral Ceremony Ritual of The Dayak Tomun Tribe as a Media for Character Building Through Local Wisdom. Millati: Journal of Islamic Studies and Humanities, 9(1). https://doi.org/10.18326/millati.v9i1.893
Ponimin, P. (2021). Diversification of Ceramic Craft for Tourism Souvenir: Local Culture as Art Creation and Production Idea. International Journal of Visual and Performing Arts, 3(1), 33–42. https://doi.org/10.31763/viperarts.v3i1.276
Ratriningsih, D. (2017). Arahan Penataan Kampung Tradisional Wisata Batik Kauman Surakarta. Inersia lnformasi dan Ekspose Hasil Riset Teknik Sipil dan Arsitektur, 13(2), 116–128. https://doi.org/10.21831/inersia.v13i2.17175
Ruslan, A. (2020). Identitas Visual Milenial Dalam Merek Minuman Bubble Tea di Tangerang Selatan. Avant Garde, 8(1), 46. https://doi.org/10.36080/ag.v8i1.983
Sudirana, I. W. (2019). Tradisi Versus Modern: Diskursus Pemahaman Istilah Tradisi dan Modern di Indonesia. Mudra Jurnal Seni Budaya, 34(1), 127–135. https://doi.org/10.31091/mudra.v34i1.647
Suswandari, S., Armiyati, L., & Azid, N. (2022). Local Wisdom of Dayak Ethnic Groups in Central Kalimantan, Indonesia. ETNOSIA : Jurnal Etnografi Indonesia, 7(1), 67–85. https://doi.org/10.31947/etnosia.v7i1.20633
Wainarisi, Y. O. R., & Tumbol, S. (2022). Pergeseran Makna Sungai Kahayan bagi Masyarakat Dayak Ngaju di Desa Bukit Rawi Kabupaten Pulang Pisau. Journal of Moral and Civic Education, 6(1). 181–194. https://doi.org/10.24036/8851412612022627
Wolff, J. (1981). The Social Production of Art. In: The Social Production of Art. Communications and Culture. Palgrave, London. https://doi.org/10.1007/978-1-349-16517-9_3
Copyright (c) 2024 Nawung Asmoro Girindraswari, Muh. Andis Hidayatullah, Andi Arie Astuti, Hendro T.G. Samosir, Marrisa Aulia Mayangsari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.