Study Historical: Pemanfaatan Situs Makam Dinger Era Kolonial di Kota Batu sebagai Sumber Belajar Berbasis Outdoor Learning

Authors

  • Tirza Priscilla Alfianto IKIP Budi Utomo
  • Muhammad Naharuddin Arsyad IKIP Budi Utomo Malang

DOI:

https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i2.6157

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui temuan dan penerapan pemanfaatan situs sejarah kolonial, serta pembahasan mengenai cara mengintegrasikan situs sejarah kolonial ke dalam Outdoor Learning sebagai sumber belajar. Metode penelitian ini menggunakan metode studi kasus yang didasarkan pada pembelajaran luar ruangan. Hasil penelitian menunjukkan beberapa model pembelajaran di luar kelas merupakan suatu proses yang dapat mengembangkan makna (input), setelah itu melalui struktur kognitif agar permanen dalam ingatan (terjadi rekonstruksi). Situs Makan Dinger di Kota Batu merupakan salah satu sumber pendidikan untuk belajar bagi siswa kelas VIII SMP untuk mempelajari sejarah dari zaman penjajahan. Simpulan penelitian ini akan menghasilkan perubahan paradigma dalam praktik belajar mengajar. Dan siswa kelas VIII tampak lebih antusias dalam melaksanakan pembelajaran dan menyimak materi yang disampaikan oleh pengelola situs sejarah berbasis outdoor learning, dan nilai aktivitas serta peningkatan pengetahuan yang signifikan.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Situs Sejarah, Sumber Belajar, Outdoor Learning

 

Author Biography

  • Muhammad Naharuddin Arsyad, IKIP Budi Utomo Malang

     

     

References

Ariesandy. K. T. (2021). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Berbentuk Jelajah Lingkungan Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Biologi. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 15 (1),110-120. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/31695/pdf

Arif, R. (2017). Pemanfaatan Situs Sejarah Sebagai Sumber Belajar si MA Alma’arif Singosari Kabupaten Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/10183/

Damayanti, I. K. P., Mundilarto, M. (2017). Pengembangan Model Outdoor Learning melalui Project Berbasis Local Wisdom dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. 5(2). 114-124. http://dx.doi.org/10.21831/jpms.v5i2.13172

Khakim, M. N. L., Ramadhan, D. D. N. Firman, F. D., Putri, Y. S. K. (2020). Kegiatan Perawatan dan Pengenalan Wisata Situs Sejarah Pada Zaman Kolonial Makam Dinger di Desa Tulungrejo Kecamtan Bumiaji Kota Batu. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPOS). 3(1). 6-10. http://dx.doi.org/10.17977/um032v3i1p6-10

Nisa, J. (2015). Outdoor Learning sebagai Metode Pembelajaran IPS dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan. Sosio Dodaktika: Social Science Education Journal. 2(1). 1-11. https://doi.org/10.15408/sd.v2i1.1339

Nur, A. M., Nandu, A., Nasrah, N. (2023). Metode Outdoor Learning dalam Penerapan terhadap Hasil Belajar IPA siswa UPT SDN 49 Lappo ASE Kabupaten Bone. (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. 8(1). 79-90. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/download/9804/5633

Riskiana, R. (2016). Persepsi Masyarakat Indrapuri terhadap Peninggalan Situs Sejarah Masjid Tuha Indrapuri. Skripsi. Banda Aceh. Universitas Syah Kuala Darussalam.
Rokhim, M. A., Banowati, E., Setyowati, D. L. (2017). Pemanfaatan Situs Masjid Agung Demak Sebagai Sumber Belajar Sejarah Bagi Siswa SMA di Kabupaten Demak. Journal of Educational Sosial Studies, 6(3): 111-117. 10.15294/JESS.V6I2.19786

Sadiman, A. S., Harjito, H., Haryono, A., R, R. (2018). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Cetakan ke-18. PT. Rajagrafindo Persada. Depok.

Safitri, N., Uotmo, C. B., Amin, S. (2018). Pemanfaatan Situs Purbakala Semedo sebagai Sumber Belajar Sejarah bagi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Dukuhwaru dan SMA Negeri 3 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6 (2): 172 183. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27647/12128

Satrianawati, S. (2018). Media dan Sumber Belajar. Deepublish. Yogyakarta

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Deepublish. Baru Algensindo. Yogyakarta

Sudjana, N., Rivai, A. (2008). Teknologi Pengajaran. Sinar. Bandung

Sudrajat, U., Mulyadi, M. (2020). Pemanfaatan Situs Cagar Budaya Pelawangan dalam Pembelajran Sejarah Lokal. Jurnal Patrawidya: Seri Penerbitan Penelitian Sejarah dan Budaya. 21(2). 151-164. https://doi.org/10.52829/pw.303

Sugiyono, S. (2009) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung

Sukamadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya. Bandung

Sulistyo, W. D. (2019). Study on Historical Sites: Pemanfaatan Situs Sejarah Masa Kolonial di Kota Batu sebagai Sumber Pembelajaran Berbasis Outdoor Learning. Indonesia Journal of Social Science Education (IJSSE). 1(2). 124-135. http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v1i2.1910

Warsita, B. (2012) Teknologi Pembelajaran, Landasan & Aplikasinya.. Rineka Cipta. Jakarta

Widja, I. G. (1989). Dasar-dasar Pengembangan Strategi Serta Metode Pengajaran Sejarah. P2LPTK. Jakarta

Widja, I. G. (1989). Sejarah Lokal Suatu Perspektif Dalam Pengajaran Sejarah. Depdikbud. Jakarta

Wijayanti, Y. (2017). Pemanfaatan Situs Karangmulyan untuk Kepentingan Pendidikan dalam Pembelajaran Sejarah. Purbawidya, 6 (1). 61-70. https://doi.org/10.24164/pw.v6i1.136

Downloads

Published

2023-12-23