Peran Guru IPS dalam Mengantisipasi Pelecehan Seksual

  • Putri Ningsih Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno
  • Adisel Adisel Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Salamah Salamah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui peran guru IPS dalam mengantisipasi pelecehan seksual di SMP Negeri 2 Muara Pinang Kabupaten Empat Lawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah field research (penelitian lapangan). Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru IPS dalam mengantisipasi pelecehan seksual, dengan menasehati peserta didik untuk memperhatikan lingkungan dan pertemanan agar tidak terjerumus kepada hal-hal yang negatif, selain memberikan motivasi, juga menjadi tempat cerita masalah yang dihadapi peserta didik. Kendala yang dihadapi guru IPS dalam mengantisipasi pelecehan seksual adalah belum terprogramnya pengetahuan tentang pendidikan seks karena program tersebut sudah tidak aktif lagi dan terhenti. Sekolah mengalami kendala untuk mengadakan program pendidikan seks secara terstruktur. Simpulan penelitian ini yaitu guru harus memberikan pemahaman mengenai pendidikan seks, mengarahkan peserta didik agar tidak terjerumus kepada hal yang negatif, menasehati, memperhatikan permasalahan yang dihadapi peserta didik. Kendala dalam mengantisipasi pelecehan seksual: Peserta didik sulit memahami kosakata yang jarang didengar dan belum terprogram pendidikan seks karena kendala biaya.

 

Kata Kunci: Guru IPS, Motivasi, Pelecehan Seksual.

References

Ahmad, N. Q., Asdiana, A., & Jayatimar, S. (2019). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menghadapi Kenakalan Remaja pada Masa Pubertas. Jurnal As-Salam, 3(2), 9–17. https://doi.org/10.37249/as-salam.v3i2.127

Butarbutar, I. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Dekadensi Moral Siswa Menghadapi Era Digital. Jurnal Suluh Pendidikan, 10(2), 70–78. https://doi.org/10.36655/jsp.v10i2.784

Fajrin, L. P., Junanto, S. and Kurniasari, D. (2020) ‘Implementasi Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini’, PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(02), 78–87. doi:10.31849/paud-lectura.v3i02.3873

Massuhartono, S. R. P. (2020). Peran Guru dalam Mengantisipasi Terjadinya Pelecehan Seksual Terhadap Tunagrahita Ringan. Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 8(2), 119–132. https://doi.org/10.15575/irsyad.v8i2.1339

Mutiara, Y. (2023). Pendidikan Seksual Dini Sebagai Upaya Mencegah Pelecehan Seksual Anak di Pedesaan. Al Jayyid: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 102-113. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/aljayyid/article/view/75

Nurhafifiyanti, L., Suherman, A., Widyanti, T., Tetep, T., Supriyatna, A., Mulyana, E., Dahlena, A., (2022). Peran Guru IPS dalam Mengatasi Kenakalan Remaja. SOSEARCH: Social Science Educational research. 3(1). 25-32. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/sosearch/article/download/49379/42142

Pradikto, B., Wardana, R.W. and Sofino, S. (2022) ‘Pemahaman Pendidikan Seks Anak Usia Dini pada Orang Tua dan Pendidik di PAUD Delima’, Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), p. 1155. doi:10.37905/aksara.8.2.1155-1162.2022

Rahayuni, I. G. A. A., Nilayani, S. A. P. (2023). Five Love Languange dalam Perspektif Pendidikan IPS sebagai Upaya Mencegah Delinkuensi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Lampung Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlaputra, 14(1), 64–75. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v14i1.329

Sekolah, T., & Diana, F. (2022). Bimbingan Kelompok Sebagai Solusi dalam Mencegah Kekerasan Seksual (Studi Pada Santriwati Kelas XII Madrasah Aliyah Al-Falah Padang). Jurnal Bimbingan Konseling Islam Web Jurnal, 4, 63–76. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/Irsyad/article/view/5163/3688

Sugiyono, S. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung

Wajdi, F., & Arif, A. (2021). Pentingnya Pendidikan Seks Bagi Anak Sebagai Upaya Pemahaman dan Menghindari Pencegahan Kekerasan Maupun Kejahatan Seksual. Jurnal Abdimas Indonesia, 1(3), 129–137. https://doi.org/10.53769/jai.v1i3.130

Zahara, S., Mulyana, N., & Darwis, R. S. (2021). Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak Menggunakan Media Sosial di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 3(1), 105. https://doi.org/10.24198/jkrk.v3i1.32143
Published
2023-10-05
Abstract viewed = 74 times
PDF downloaded = 55 times