Budaya Religius Serta Implikasinya terhadap Kebiasaan Beribadah Siswa

  • Pera Mona Okta Yolanda Institut Agama Islam IAIN Curup
  • Saidil Mustar Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
  • Dewi Purnama Sari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
  • Ririn Eka Monicha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
  • Ahmad Qodri Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
  • Surya Adi Pratama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya religius dan bagaimana implikasinya terhadap kebiasaan beribadah siswa MAN Rejang Lebong. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan case study. Hasil penelitian ini meliputi pelaksanaan shalat Dhuha, shalat zuhur, shalat Jum’at, zikir, doa, keputrian, berpakaian syar’i dan sopan, 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun), dan membaca Al-Qur’an. Adapun implikasi penerapan budaya religius yang dilakukan secara berulang-ulang akan membentuk kebiasaan siswa baik dari segi shalat, seperti shalat Dhuha secara rutin, menjadikan siswa lebih sopan dalam berbicara, berpakaian syar’i dengan penerapan budaya religius diharapkan dapat membentuk siswa yang agamis, berakhlak mulia. Simpulan penelitian ini bahwa terdapat beberapa budaya religius terhadap kebiasaan beribadah siswa diantaranya implikasi shalat Dhuha terhadap kebiasaan beribadah siswa pagi hari, implikasi Shalat Zuhur terhadap kebiasaan beribadah siswa, implikasi 5S serta implikasi zikir terhadap kebiasaan beribadah siswa dengan  merupakan budaya zikir religius.

 

Kata Kunci: Budaya Religius, Implikasi, Kebiasaan Beribadah Siswa

References

Asha, L. (2019). Dewan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Kabupaten Rejang Lebong. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(1), 39–57. http://dx.doi.org/10.29240/jsmp.v3i1.739

Bali, M. M. E. I., & Fadillah, N. (2019). Internalisasi Karakter Religius di Sekolah Menengah Pertama Nurul Jadid. Jurnal Mudarrisuna Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 9(1), 1–25. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v9i1.4125

Esmael, D. A., & Nafiah. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Religius di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 19. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p16-34

Fathurrochman, I. (2016). Pengembangan Budaya Religius dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Ta’allum: Jurnal Pendidian Islam 4(1). 19-41 https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.1.19-42

Haromain, H. (2020). Kajian Budaya dan Iklim dalam Organisasi Pendidikan. Jurnal Visionary: Penelitian dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan. 7(2) 1010-107 https://doi.org/10.33394/vis.v4i2.3003

Jannah, M. (2019). Metode Dan Strategi Pembentukan Karakter Religius Yang Ditetapkan Di SDTQ-T An Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura. Al-Madrasah, 4(1), 77–102. http://dx.doi.org/10.35931/am.v4i1.178

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung

Monicha, R. E., Asha, L., Karolina, A., Yanuarti, E., Maryamah, Mardeli, & Soraya, N. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Akhlak dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era Milenial di SMA Negeri 2 Rejang Lebong. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 199–214. https://doi.org/10.19109/tadrib.v6i2.5925

Munir, M. (2017). Budaya Religius Dalam Meningkatkan Profesionalisme Dosen Pendidikan Agama Islam FITK UIN Maliki Malang. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2). 145-158. https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jpai/article/view/5338/6419

Qodri, A., Kusuma, S., Warlizasusi, J., & Pratama, S. A. (2022). The Implementation of Total Quality Management in Forming Student`s Religious Totality. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 12(2), 134–144. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/alidarah.v12i2.12971

Qodri, A., Monicha, R. E., & Pratama, S. A. (2023). Evaluasi Manajemen Mutu Terpadu. Literasiologi. Bengkulu

Qodri, A., Warsah, I., Nuzuar, & Warlizasusi, J. (2022). Analisis Implementasi Total Quality Management dalam Memperbaiki Mutu Religius Siswa. Alignment: Journal of Administration and Educational Management, 5(2), 177–187. https://doi.org/10.31539/alignment.v5i2.4149

Ritaudin, A. (2021). Manajemen Budaya Mutu dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sekolah Dasar. Media Manajemen Pendidikan, 3(3), 397–406. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i3.5071

Rohmah, N. (2019). Integrasi Kurikulum dan Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Membentuk Sikap Religius Siswa. El-Banat, 9(2), 197–218. https://media.neliti.com/media/publications/349069-integrasi-kurikulum-dan-internalisasi-ni-855754a4.pdf

Siswanto, Nurmal, I., & Budin, S. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. Ar-Riayah : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 2–11. http://dx.doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2627

Sumarto, S. (2019). Budaya, Pemahaman dan Penerapan “Aspek Sistem Religi, Bahasa, Pengetahuan, Sosial, Kesenian dan Teknologi.” Literasiologi, 1(2), 144–159

Syaroh, L. D. M., & Mizani, Z. M. (2020). Membentuk Krakter Religius dengan Pembiasaan Perilaku Religi di Sekolah: Studi di SMA Negeri 3 Ponorogo. Indonesian Journal Of Islamic Education Studies (IJIES), 3(1), 63–82. https://doi.org/10.33367/ijies.v3i1.1224
Published
2023-10-23
Abstract viewed = 29 times
PDF downloaded = 23 times