Pengorganisasian Program Bina Pribadi Islami (BPI) dalam Membentuk Sikap Religius Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengorganisasian program Bina Pribadi Islami (BPI) dalam upaya membentuk sikap religius dan menjelaskan bentuk strategi dalam membentuk sikap religious siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa terdapat tiga tahapan, membentuk sikap religius. Tahapan pertama meliputi merinci, tugas dan pekerjaan, untuk mencapai tujuan yang akan dicapai. Tahapan kedua, melakukan pembagian terhadap sumber daya manusia yang terdapat dalam kegiatan BPI. Tahapan ketiga, melakukan pengembangan serta pengadaan mekanisme dalam pelaksanaan kegiatan BPI. Simpulan penelitian ini bahwa Pembentukan karakter religious juga dilakukan melalui upaya keteladanan, teguran dan arahan, mengkondisikan lingkungan sekolah bernuansa religius, pengintegrasian dalam mata pelajaran, dan pelaksanaan budaya sekolah.
Kata Kunci: Pengorganisasian Bina Pribadi Islami, Sikap Religius
References
Aisyah, S. (2020). Literasi Al-Quran Dalam Mempertahankan Survivalitas Spiritual Umat. Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan. 4(1). 203–28. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/aliman/article/view/3960
Akyuni, Q. (2018). Pengorganisasian Dalam Pendidikan Islam. Serambi Tarbawi: Jurnal Studi Pemikiran, Riset dan Pengembangan Pendidikan Islam. 6(2). 91–102. https://www.ojs.serambimekkah.ac.id/tarbawi/article/view/766
Alias, U. K., Ishak, H., and Mohamad, S. (2019). Kaedah-Kaedah Bacaan Al-Qur`an Dalam Kalangan Orang Kurang Pendengaran. Al- TTurath. 4(2). 59–67. https://spaj.ukm.my/jalturath/index.php/jalturath/article/view/97/91
Amin, M. M. (2016). Manajemen Mutu Aplikasi Dalam Bidang Pendidikan. Media Akademi. Yogyakarta
Angdreani, V., Warsah, I., and Karolina, A. (2020). Implementasi Metode Pembiasaan: Upaya Penanaman Nilai-Nilai Islami Siswa SDN 08 Rejang Lebong. At-Ta`lim. 19(1). 1–21. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/3207
Asha, L. (2019). Langkah Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Agama Islam di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Curup. Fokus: Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan. 4(2). 118–30. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JF/article/view/1120
Bali, M. M. EI. Iq., Fadilah, N. (2019). Internalisasi Karakter Religius di Sekolah Menengah Pertama Nurul Jadid. Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam. 9(1). 1–25. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/4125/3262
Efendi, N. (2020). Implementasi Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Lolong Belanti Padang. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 62–71. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.460
Effendi, R., & Warlizasusi, J. (2022). Meningkatkan Kedisiplinan Guru SMK IT Khoiru Ummah Rejang Lebong dengan Program Fingerprint “Renkehatu”. Jurnal Literasiologi, 7(3). 69–76. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v7i3.317
Fazry, L., Apsari, N. C. (2021). Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Cyberbullying di Kalangan Remaja. Jurnal Pengabdian dan Penelitian Kepada Masyarakat (JPPM). 2(1). 28–36. https://jurnal.unpad.ac.id/jppm/article/view/34679
Gunawan, S., Noor, T., & Kosim, A. (2022). Pembentukan Karakter Religius melalui Program Hafal Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11812–11818. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4323
Hamengkubuwono, H. (2021). Manajemen Berbasis Madrasah pada Kurikulum SIT di Unit Khoiru Ummah Yayasan Al Amin Curup. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10, 670. https://doi.org/http://doi.org/10.30868/ei.v10i02.1254
Hamengkubuwono, H. (2021). Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri 1 Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan dan Hukum Islam, 19(2), 254-267. Retrieved from https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/view/944.
Hamengkubuwono, H., Susanti, E. (2021). Hambatan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMAN 8 Rejang Lebong. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 5(2). 139–57. https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/evaluasi/article/view/651
Hanik, E. U., Ahsani, E. L. F (2021). Manajemen Pendidikan Karakter dalam Menumbuhkan Sikap Religius Peserta Didik MI Mafatihul Akhlak Jepara. Quality. 9(2). 279–92. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Quality/article/view/12533
Harahap, E. K. (2020). Benchmarking Head of Madrasah in Jambi Province. International Journal of Southeast Asia. 1(1). 14–33. https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/journijsa/article/download/85/108
Hardani, H. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., and Auliya, A. N. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group. Yogyakarta
Irawati, D., and Siswanto, S. (2021). Pola Manajemen Kepala Sekolah dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa (Studi di SMK IT Khoiru Ummah). Andragogi. 3(3). 401–9. https://jurnalptiq.com/index.php/andragogi/article/view/236
Karmila, W., Tarmana, U. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Islami Melalui Program BPI (INA Pribadi Islam) di SMPIT Al-Khoiriyah Garut. Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam. 6(1). 88-96. https://jurnal.staip.ac.id/index.php/hasanah/article/download/33/19
Komarudin, O., Ahmas, N., Suhartini, A. (2021). Model Pesantren Berbasis Industri dan Pinter Ngaji. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Affan. 1(2). 217-226. http://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/
Kuntoro, A. T. (2019). Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan, 7(1), 84–97. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2928
Maisaro, A., Wiyono, B. B., andArifin, A. (2018). Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan. 1(3). 302–12. http://dx.doi.org/10.17977/um027v1i32018p302
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung
Nurohman, N., Huda, M. N., and Zahro, L. (2019). Pendidikan Karakter dalam Pengembangan Budaya Sekolah. International Proceeding of Icess. 1(1). 58-62. https://proceedings.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/icess/article/download/57/44/
Paisal, P., Mirro, A. B. (2020). Dampak Media Sosial terhadap Perilaku Keagamaan Remaja di Desa Barakkae Kec. Lamuru Kab. Bone. Jurnal Al-Nashiyah. 4(1). 24-33. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/al-nashihah/article/view/5389
Prsetyo, D., Marzuki, M., Riyanti, D. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru. Harmony: Jurnal Pembelajran IPS dan PKN. 4(1). https://doi.org/10.15294/harmony.v4i1.31153
Qurrotaa'yun, N. M. (2020). Implementasi Manajemen Mutu terpadu dalam Mengembangkan Budaya Religius di SD Brawijaya Smart School Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/22131/1/16170043.pdf
Sahib, A. (2022). Strategi Mudarris Tahfiz dalam Meningkatkan Hafalan Al-Quran Santriwati. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11 (1). 1249–1261. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/2898
Sari, N. K., Puspita, L. D. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Dikdas Bantara. 2(1). 57–72. https://doi.org/10.32585/jdb.v2i1.182
Shobirin, M. (2018). Pembelajaran Tahfidz Al-Quran dalam Membentuk Penanaman Karakter Islami. Quality: Journal of empirical Reseacrh in islamic Education. 6(1). 16–30. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Quality/article/view/5966
Sidiq, U., Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. CV. Nata Karya. Ponorogo
Siswanto, S., Nurmal, I., Budin, S. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar. 5(1). 2–11. http://dx.doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2627
Siyoto, S., Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing. Sleman
Subekti, I. (2022). Pengorganisasian dalam Pendidikan. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 3(1), 19–29. https://doi.org/10.35961/tanjak.v3i1.422
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung
Sumarto, S. (2018). Mewujudkan Sekolah Efektif Melalui Manajemen Mutu. Al-Ashlah. 2(1). 175-176. http://jurnal.staimaarifjambi.ac.id/index.php/Al-Ashlah/article/download/17/11/
Sumarto, S. (2019). Budaya, Pemahaman dan Penerapannya: Aspek Sistem Religi, Bahasa, Pengetahuan, Sosial, Keseninan dan Teknologi. Jurnal Literasiologi, 1(2), 16. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v1i2.49
Sumarto, S., & Harahap, E. (2019). Mengembangkan Moderasi Pendidikan Islam Melalui Peran Pengelolaan Pondok Pesantren. Ri'ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan, 4(01), 21-30. Retrieved from https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/riayah/article/view/1488
Syahrin, A., Mustika, B. (2020). Makna Hijrah bagi Kalangan Remaja Non Santri: Dampak Penggunaan Media Sosial. Jurnal Studi Agama dan Masyarakat. 16(1). 61-72. https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/jsam/article/view/1901
Usiono, U. (2017). Potret Rasulullah Sebagai Pendidik. Jurnal Ansiru. 1(1). 202–218. https://media.neliti.com/media/publications/287357-potret-rasulullah-sebagai-pendidik-4a650629.pdf
Warlizasusi, J. (2017). Reformasi Pendidikan dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan di Kabupaten Rejang Lebong. TADBIR: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan. 1(2). 125–62. http://dx.doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.243
Warsah, I. (2018). Pendidikan Keluarga Muslim di Tengah Masyarakat Multi-Agama: Antara Sikap Keagamaan dan Toleransi (Studi di Desa Suro Bali Kepahiang-Bengkulu). Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. 13(1). 1-24. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/view/2784
Warsah, I., & Uyun, M. (2019). Kepribadian Pendidik: Telaah Psikologi Islami. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 5(1), 62-73. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/Psikis.v5i1.3157
Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Yulianingrum, T. A. (2021). Manajemen Program Tahfiz Al-Qur’an Di Madrasah Aliyah Tahfizul Quran Istiqomah Sambas Purbalingga. https://repository.uinsaizu.ac.id/10372/1/Tesis%20Tri%20Asih%20Yulianingrum%20181765011.pdf
Copyright (c) 2023 Endah Cahyo Rini, Hamengkubuwono Hamengkubuwono, Abdul Sahib
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.