Pengorganisasian Program Bina Pribadi Islami (BPI) dalam Membentuk Sikap Religius Siswa

  • Endah Cahyo Rini Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
  • Hamengkubuwono Hamengkubuwono Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Abdul Sahib Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengorganisasian program Bina Pribadi Islami (BPI) dalam upaya membentuk sikap religius dan menjelaskan bentuk strategi dalam membentuk sikap religious siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa terdapat tiga tahapan, membentuk sikap religius. Tahapan pertama meliputi merinci, tugas dan pekerjaan, untuk mencapai tujuan yang akan dicapai. Tahapan kedua, melakukan pembagian terhadap sumber daya manusia yang terdapat dalam kegiatan BPI. Tahapan ketiga, melakukan pengembangan serta pengadaan mekanisme dalam pelaksanaan kegiatan BPI. Simpulan penelitian ini bahwa Pembentukan karakter religious juga dilakukan melalui upaya keteladanan, teguran dan arahan, mengkondisikan lingkungan sekolah bernuansa religius, pengintegrasian dalam mata pelajaran, dan pelaksanaan budaya sekolah.

 

Kata Kunci: Pengorganisasian Bina Pribadi Islami, Sikap Religius

 

Author Biographies

Hamengkubuwono Hamengkubuwono, Institut Agama Islam Negeri Curup

 

 
Abdul Sahib, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup

 

 

References

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Prakasa Paedagogia. 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312

Aisyah, S. (2020). Literasi Al-Quran Dalam Mempertahankan Survivalitas Spiritual Umat. Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan. 4(1). 203–28. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/aliman/article/view/3960

Akyuni, Q. (2018). Pengorganisasian Dalam Pendidikan Islam. Serambi Tarbawi: Jurnal Studi Pemikiran, Riset dan Pengembangan Pendidikan Islam. 6(2). 91–102. https://www.ojs.serambimekkah.ac.id/tarbawi/article/view/766

Alias, U. K., Ishak, H., and Mohamad, S. (2019). Kaedah-Kaedah Bacaan Al-Qur`an Dalam Kalangan Orang Kurang Pendengaran. Al- TTurath. 4(2). 59–67. https://spaj.ukm.my/jalturath/index.php/jalturath/article/view/97/91

Amin, M. M. (2016). Manajemen Mutu Aplikasi Dalam Bidang Pendidikan. Media Akademi. Yogyakarta

Angdreani, V., Warsah, I., and Karolina, A. (2020). Implementasi Metode Pembiasaan: Upaya Penanaman Nilai-Nilai Islami Siswa SDN 08 Rejang Lebong. At-Ta`lim. 19(1). 1–21. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/3207

Asha, L. (2019). Langkah Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Agama Islam di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Curup. Fokus: Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan. 4(2). 118–30. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JF/article/view/1120

Bali, M. M. EI. Iq., Fadilah, N. (2019). Internalisasi Karakter Religius di Sekolah Menengah Pertama Nurul Jadid. Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam. 9(1). 1–25. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/4125/3262

Efendi, N. (2020). Implementasi Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Lolong Belanti Padang. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 62–71. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.460

Effendi, R., & Warlizasusi, J. (2022). Meningkatkan Kedisiplinan Guru SMK IT Khoiru Ummah Rejang Lebong dengan Program Fingerprint “Renkehatu”. Jurnal Literasiologi, 7(3). 69–76. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v7i3.317

Fazry, L., Apsari, N. C. (2021). Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Cyberbullying di Kalangan Remaja. Jurnal Pengabdian dan Penelitian Kepada Masyarakat (JPPM). 2(1). 28–36. https://jurnal.unpad.ac.id/jppm/article/view/34679

Gunawan, S., Noor, T., & Kosim, A. (2022). Pembentukan Karakter Religius melalui Program Hafal Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11812–11818. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4323

Hamengkubuwono, H. (2021). Manajemen Berbasis Madrasah pada Kurikulum SIT di Unit Khoiru Ummah Yayasan Al Amin Curup. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10, 670. https://doi.org/http://doi.org/10.30868/ei.v10i02.1254

Hamengkubuwono, H. (2021). Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri 1 Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan dan Hukum Islam, 19(2), 254-267. Retrieved from https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/view/944.

Hamengkubuwono, H., Susanti, E. (2021). Hambatan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMAN 8 Rejang Lebong. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 5(2). 139–57. https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/evaluasi/article/view/651

Hanik, E. U., Ahsani, E. L. F (2021). Manajemen Pendidikan Karakter dalam Menumbuhkan Sikap Religius Peserta Didik MI Mafatihul Akhlak Jepara. Quality. 9(2). 279–92. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Quality/article/view/12533

Harahap, E. K. (2020). Benchmarking Head of Madrasah in Jambi Province. International Journal of Southeast Asia. 1(1). 14–33. https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/journijsa/article/download/85/108

Hardani, H. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., and Auliya, A. N. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group. Yogyakarta

Irawati, D., and Siswanto, S. (2021). Pola Manajemen Kepala Sekolah dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa (Studi di SMK IT Khoiru Ummah). Andragogi. 3(3). 401–9. https://jurnalptiq.com/index.php/andragogi/article/view/236

Karmila, W., Tarmana, U. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Islami Melalui Program BPI (INA Pribadi Islam) di SMPIT Al-Khoiriyah Garut. Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam. 6(1). 88-96. https://jurnal.staip.ac.id/index.php/hasanah/article/download/33/19

Komarudin, O., Ahmas, N., Suhartini, A. (2021). Model Pesantren Berbasis Industri dan Pinter Ngaji. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Affan. 1(2). 217-226. http://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/

Kuntoro, A. T. (2019). Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan, 7(1), 84–97. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2928

Maisaro, A., Wiyono, B. B., andArifin, A. (2018). Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan. 1(3). 302–12. http://dx.doi.org/10.17977/um027v1i32018p302

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung

Nurohman, N., Huda, M. N., and Zahro, L. (2019). Pendidikan Karakter dalam Pengembangan Budaya Sekolah. International Proceeding of Icess. 1(1). 58-62. https://proceedings.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/icess/article/download/57/44/

Paisal, P., Mirro, A. B. (2020). Dampak Media Sosial terhadap Perilaku Keagamaan Remaja di Desa Barakkae Kec. Lamuru Kab. Bone. Jurnal Al-Nashiyah. 4(1). 24-33. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/al-nashihah/article/view/5389

Prsetyo, D., Marzuki, M., Riyanti, D. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru. Harmony: Jurnal Pembelajran IPS dan PKN. 4(1). https://doi.org/10.15294/harmony.v4i1.31153

Qurrotaa'yun, N. M. (2020). Implementasi Manajemen Mutu terpadu dalam Mengembangkan Budaya Religius di SD Brawijaya Smart School Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/22131/1/16170043.pdf

Sahib, A. (2022). Strategi Mudarris Tahfiz dalam Meningkatkan Hafalan Al-Quran Santriwati. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11 (1). 1249–1261. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/2898

Sari, N. K., Puspita, L. D. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Dikdas Bantara. 2(1). 57–72. https://doi.org/10.32585/jdb.v2i1.182

Shobirin, M. (2018). Pembelajaran Tahfidz Al-Quran dalam Membentuk Penanaman Karakter Islami. Quality: Journal of empirical Reseacrh in islamic Education. 6(1). 16–30. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Quality/article/view/5966

Sidiq, U., Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. CV. Nata Karya. Ponorogo

Siswanto, S., Nurmal, I., Budin, S. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar. 5(1). 2–11. http://dx.doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2627

Siyoto, S., Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing. Sleman

Subekti, I. (2022). Pengorganisasian dalam Pendidikan. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 3(1), 19–29. https://doi.org/10.35961/tanjak.v3i1.422

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung

Sumarto, S. (2018). Mewujudkan Sekolah Efektif Melalui Manajemen Mutu. Al-Ashlah. 2(1). 175-176. http://jurnal.staimaarifjambi.ac.id/index.php/Al-Ashlah/article/download/17/11/

Sumarto, S. (2019). Budaya, Pemahaman dan Penerapannya: Aspek Sistem Religi, Bahasa, Pengetahuan, Sosial, Keseninan dan Teknologi. Jurnal Literasiologi, 1(2), 16. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v1i2.49

Sumarto, S., & Harahap, E. (2019). Mengembangkan Moderasi Pendidikan Islam Melalui Peran Pengelolaan Pondok Pesantren. Ri'ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan, 4(01), 21-30. Retrieved from https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/riayah/article/view/1488

Syahrin, A., Mustika, B. (2020). Makna Hijrah bagi Kalangan Remaja Non Santri: Dampak Penggunaan Media Sosial. Jurnal Studi Agama dan Masyarakat. 16(1). 61-72. https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/jsam/article/view/1901

Usiono, U. (2017). Potret Rasulullah Sebagai Pendidik. Jurnal Ansiru. 1(1). 202–218. https://media.neliti.com/media/publications/287357-potret-rasulullah-sebagai-pendidik-4a650629.pdf

Warlizasusi, J. (2017). Reformasi Pendidikan dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan di Kabupaten Rejang Lebong. TADBIR: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan. 1(2). 125–62. http://dx.doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.243

Warsah, I. (2018). Pendidikan Keluarga Muslim di Tengah Masyarakat Multi-Agama: Antara Sikap Keagamaan dan Toleransi (Studi di Desa Suro Bali Kepahiang-Bengkulu). Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. 13(1). 1-24. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/view/2784

Warsah, I., & Uyun, M. (2019). Kepribadian Pendidik: Telaah Psikologi Islami. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 5(1), 62-73. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/Psikis.v5i1.3157

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Yulianingrum, T. A. (2021). Manajemen Program Tahfiz Al-Qur’an Di Madrasah Aliyah Tahfizul Quran Istiqomah Sambas Purbalingga. https://repository.uinsaizu.ac.id/10372/1/Tesis%20Tri%20Asih%20Yulianingrum%20181765011.pdf
Published
2023-12-23
Abstract viewed = 7 times
PDF downloaded = 9 times