Evaluasi Pelaksanaan Program Live In Pesantren

  • Abdurrohman Abdurrohman Universitas Hamzanwadi
  • I Wayan Widiana rmindo.dmk@gmail.com
  • I Gede Ratnaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nurun Sholeh Universitas Hamzanwadi
  • Lalu M. Istiqlal Universitas Hamzanwadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi program "live-in" di Pondok Pesantren Abul Barokat Wannafahat NWDI dan efektivitasnya dengan model evaluasi CIPP. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Menggunakan model evaluasi CIPP (Konteks, Input, Proses, dan Produk). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, dengan analisis data menggunakan pendekatan kualitatif model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menemukan bahwa program "Live-in" Pesantren berhasil membentuk karakter "kesantrian" melalui pendalaman ilmu agama dan transfer nilai, meski waktu pelaksanaan perlu kritik; afektifitas dan pemahaman kognitif mahasiswa mencerminkan karakter santri, namun diperlukan pengembangan berkelanjutan. Simpulan penelitian ini adalah program "live-in" di Pesantren berhasil membentuk karakter santri melalui pendalaman ilmu agama, transfer nilai afektif, dan pemahaman kognitif terhadap tradisi pesantren, namun perlu pengembangan lebih lanjut.

 

Kata Kunci: Evaluasi, Live in Pesantren, Model CIPP

References

Antariksa, W. F., Fattah, A., & Utami, M. A. P. (2022). Evaluasi Program Pendidikan Pesantren Mahasiswa Model CIPP (Context, Input, Process, Product). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 75-86. http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v6i1.848

Asdar, M., & Munir, M. (2021). Evaluasi Model CIPP pada Program Studi Al-Qur’an Intensif (SAINS) Universitas Negeri Makassar. Al-Musannif, 3(2), 83-100. https://doi.org/10.56324/al-musannif.v3i2.51.

Azra, A. (2007). Jaringan Ulama: Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVII: Akar Pembaruan Islam Indonesia. Prenada Media Group. Jakarta

Dhofier, Z. (2019). Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. LP3ES. Jakarta

Herman, H. (2013). Sejarah Pesantren di Indonesia. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(2), 145-158. https://dx.doi.org/10.31332/atdb.v6i2.311

Kurniawati, E. W. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Perspektif Model CIPP (Context, Input, Process, Product). GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 19-25. https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/168

Bruinessen, M. V. (1994). NU: Tradisi, Relasi-Relasi Kuasa, Pencarian Wacana Baru. LKIS Pelangi Aksara. Yogyakarta

Laili, Y. N., & Zaki, I. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Pondok Pesantren Dalwa Berdasarkan Model Evaluasi Sumatif CIPP. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 7(7), 1214-1230. https://doi.org/10.20473/vol7iss20207pp1214-1230

Francoise, J. (2017). Pesantren As The Source of Peace Education. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 25(1). 41-46. https://doi.org/10.21580/ws.25.1.1161

Faizin, I. (2020). Lembaga Pendidikan Pesantren dan Tantangan Global. Madaniyah, 10(1), 89-116. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/171

Ismail, M. (2011). Pesantren dan Perubahan Sosial. The Sociology of Islam, 1(1). https://doi.org/10.15642/jsi.2011.1.1.%25p

Lacey, A., & Luff, D. (2009). Qualitative Data Analysis (320-357). Sheffield: Trent focus.
Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. At-Ta'dib, 6(1). 111-125. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v6i1.551

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Sage Publication. London

Mufid, M. (2020). Evaluasi Model Context, Input, Process and Product (CIPP) Program Baca Tulis Al-Qur’an di Institut Agama Islam Negeri Pekalongan. Quality, 8(1), 1-14. http://dx.doi.org/10.21043/quality.v8i1.6908

Muyasaroh, M., & Sutrisno, S. (2014). Pengembangan Instrumen Evaluasi Cipp pada Program Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 18(2), 215-233. http://dx.doi.org/10.21831/pep.v18i2.2862

Stufflebeam, D. L., & Coryn, C. L. (2014). Evaluation Theory, Models, And Applications (Second Edition.). A Wiley Brand. San Francisco

Sukardi, H. M. (2008). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Bumi Aksara. Jakarta

Saifulah, S. (2014). Dakwah Multikultural Pesantren Ngalah dalam Meredam Radikalisme agama. Islamica: Jurnal Studi Keislaman, 8(2), 421-446. https://doi.org/10.15642/islamica.2014.8.2.421-446

Sunyoto, A. (1991). Ajaran Tasauf dan Pembinaan Sikap Hidup Santri Pesantren Nurul Haq Surabaya: Studi Kasus (Doctoral Dissertation, KITLV). Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Malang

Siswanto, S. (2014). Madrasah Unggulan Berbasis Pesantren. Ulumuna, 18(1), 159-180. https://doi.org/10.20414/ujis.v18i1.157
Published
2023-09-17
Abstract viewed = 31 times
PDF downloaded = 39 times