Upaya Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Life Kill Santri
DOI:
https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i2.6879Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem pendidikan pondok pesantren Al-Ihsan dalam meningkatkan life skill santri. Metode penelitian kualitatif observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya sistem pendidikan pondok pesantren dalam meningkatkan life skill santri di Pondok Pesantren Al-Ihsan telah menerapkan model pendidikan kecakapan hidup (life skill) melalui program-program yang disediakan di pondok pesantren. Pendidikan life skill yang diterapkan yaitu personal skill: shalat 5 waktu berjamaah, social skill: Organisasi Santri Al-Ihsan Sungai Rumbai (OSAR), academic skill: Pendidikan adab, muhadharah dan penggunaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, vocational skill: ekstrakulikuler pramuka, hadroh, seni baca Al-Quran dan terdapat juga faktor penghambat dari faktor guru, faktor santri, faktor orang tua serta faktor sarana dan prasarana. Simpulan penelitian ini dalam meningkatkan life skill santri di Pondok Pesantren Al-Ihsan sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari terlaksananya kegiatan life skill di Pondok Pesantren Al-Ihsan dan berbagai prestasi yang telah diraih oleh santri.
Kata Kunci: Kecakapan Hidup. Pondok Pesantren, Sistem Pendidikan.
References
Fitriani, E., Warisno, A., Setyaningsih, R., & Apriyani, N. (2022). Upaya Pondok Pesantren dalam Membentuk Life skillKemandirian Santri Putri di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Sidoharjo Jati Agung Lampung Selatan. Unisan Jurnal, 1(4), 50–59. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/654.
Hidayatulloh. S. (2018). Sistem Pendidikan Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Life Skill Santri (Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Falah Gunung Kasih Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus). http://repository.radenintan.ac.id/4856/1/SUKRON%20HIDAYATULLOH.pdf
Ikmal, H. (2018). Pengembangan Kurikulum Teori & Aplikasi. CV. Pustaka Ilalang. Lamongan
Katun, S. (2016). Integrasi Life skillEducation dalam Proses Pembelajaran untuk Mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang Unggul di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 4(5), 274-275. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3599
Khoiri, Q. (2019). Globalisasi dan Respon Pesantren. Nuansa, 12(1), 101-102. http://dx.doi.org/10.29300/nuansa.v12i1.2170
Muzaki, I. A., Ahmadi, A., Sahibudin, S., Subhan, M. (2021). PESANTREN: Tantangan dan peluang pendidikan Islam masa kini. Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ke Islaman, 8(1), 15-27. https://doi.org/10.31102/alulum.8.1.2021.15-27
Nurbaiti, M. S. (2020). Integrasi Ilmu dan Kontribusinya Terhadap Pembentukan Karakter Islami Mahasiswa. CV Qalbun Salim. Tangerang
Syafe'i, I. (2017). Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 69-70. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/2097/0
Syah, G. R., Jinan, M. (2023). Upaya Pondok Pesantren Assalaam Surakarta dalam Meningkatkan Life Skill Santri. https://eprints.ums.ac.id/117574/1/Naskah%20Publikasi.pdf
Umam, A. K. (2017). Pemberdayaan Santri Melalui Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills) (Studi di Pondok Pesantren Darul A'mal Kota Metro). Jurnal Ilmiah Pendidikan, 01(1), 163-179. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v1i01.1015
Wahidmurni, W. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. Malang
Widiyono, S. (2018). Keluarga Merupakan Tempat Yang Baik Untuk Mengembangkan Pengetahuan Tentang Life Skills Pada Anak. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 4(2), 24. https://doi.org/10.30738/trihayu.v4i2