Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Bases Learning (PBL) terhadap hasil belajar sejarah siswa SMA PGRI 2 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Exsperiment. Teknik analisis data menggunakan uji validasi, uji reliabilitas, uji homogenitas, uji normalitas dan uji t. Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis independen sample t-test dengan hasil diperoleh nilai sig. 2 tailed yaitu 0,032 dan taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian 0,032 < 0,05 maka dapat disimpulkan ditolak dan diterima. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PBL) mempengaruhi hasil belajar Sejarah di SMA PGRI 2 Palembang.
Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Project Based Learning.
References
Wardani, A. P. K., DArsono, D., Rohani, C. (2017). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Dasar. 1-9. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/13317/9565
Adela, F., Ahyani, N., & Nindiati, D. S. (2022). Pengaruh penerapan Model Project based Learning Berbasis Video Vlog dalam Proses Pembelajaran sejarah. Kalpataru: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, 7(2), 83-89. https://doi.org/10.31851/kalpataru.v7i2.7154
Fathurrohman. M. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. AR-Ruzz Media. Yogyakarta
Pertiwi, N. K. R., Murda, I. N., & Rati, N. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(1), 73-83. https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2878
Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta. Bandung
Thomas, J. (2000). A Review Of Research On Project Based Learning. California
Trianto, T. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progesif dan Aplikasi. Prenadamedia Group. Jakarta
Copyright (c) 2023 Fitriatin Nasyikah, Nur Ahyani, Eva Dina Chairunisa, Dina Sri Nindiati, Wandiyo Wandiyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.