Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA

  • Fitriatin Nasyikah Universitas PGRI Palembang
  • Nur Ahyani Universitas PGRI Palembang
  • Eva Dina Chairunisa Universitas PGRI Palembang
  • Dina Sri Nindiati Universitas PGRI Palembang
  • Wandiyo Wandiyo Universitas PGRI Palembang

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Bases Learning (PBL) terhadap hasil belajar sejarah siswa SMA PGRI 2 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Exsperiment. Teknik analisis data menggunakan uji validasi, uji reliabilitas, uji homogenitas, uji normalitas dan uji t. Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis independen sample t-test dengan hasil diperoleh nilai sig. 2 tailed yaitu 0,032 dan taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian 0,032 < 0,05 maka dapat disimpulkan  ditolak dan  diterima. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PBL) mempengaruhi hasil belajar Sejarah di SMA PGRI 2 Palembang.

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Project Based Learning.

 

Author Biographies

Nur Ahyani, Universitas PGRI Palembang

 

 
Eva Dina Chairunisa, Universitas PGRI Palembang

 

 
Dina Sri Nindiati, Universitas PGRI Palembang

 

 
Wandiyo Wandiyo, Universitas PGRI Palembang

 

 

References

Alfiani, S. N. (2021). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 43–49. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.31623

Wardani, A. P. K., DArsono, D., Rohani, C. (2017). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Dasar. 1-9. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/13317/9565

Adela, F., Ahyani, N., & Nindiati, D. S. (2022). Pengaruh penerapan Model Project based Learning Berbasis Video Vlog dalam Proses Pembelajaran sejarah. Kalpataru: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, 7(2), 83-89. https://doi.org/10.31851/kalpataru.v7i2.7154

Fathurrohman. M. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. AR-Ruzz Media. Yogyakarta

Pertiwi, N. K. R., Murda, I. N., & Rati, N. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(1), 73-83. https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2878

Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta. Bandung

Thomas, J. (2000). A Review Of Research On Project Based Learning. California

Trianto, T. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progesif dan Aplikasi. Prenadamedia Group. Jakarta
Published
2023-12-30
Abstract viewed = 10 times
PDF downloaded = 11 times