Penanaman Sikap Sosial melalui Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas VIII SMP

Authors

  • Chusnul Oktavia Sari SMP Plus ja-alHaq Kota Bengkulu
  • Desy Eka Citra SMP Plus JA-Alhaq Kota Bengkulu
  • Saepudin Saepudin SMP Plus JA-Alhaq Kota Bengkulu
  • Asep Isma Nur Adhitya SMP Plus JA-Alhaq Kota Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i2.7120

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaiman sikap sosial melalui pembelajaran IPS pada siswa kelas VIII SMP. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif  delskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelnanaman sikap solsial mellalui pelmbellajaran IPS sudah melngarahkan siswa untuk saling tollolng melnollolng, belrtanggung jawab, belrsikap jujur dan solpan santun telrhadap selsama, namun masih telrdapat siswa belum melngelrti dan melmahami melngelnai sikap solsial telrselbut. Hal ini di tunjukkan delngan masih adanya siswa di kellas VIII SMP Plus Ja-alHaq Kolta Belngkulu yang kurang melnelrapkan sikap solsial dalam indikatolr keljujuran, relalitnya masih banyak siswa yang tidak mellaksanakan tanggung jawab, belgitu juga dalam indikatolr solpan satun dimana masih telrdapat siswa yang tidak melnelrapkan sikap solpan santun selpelrti melnggunakan bahasa yang tidak baik (belrbicara koltolr) baik di luar maupun di dalam prolsels pelmbellajaran. Simpulan penelitian ini bahwa penanaman sikap sosial melalui pembelajran IPS pada siswa dapat ditunjukkan melalui cara Guru IPS dalam melnanamkan sikap solsial, melalui prolsels Guru dalam melnanamkan sikap solsial dan mempraktikan sikap solsial pada siswa.

 

Kata Kunci: Penanaman Sikap, Pendidikan, Sikap Sosial.

 

Author Biographies

  • Desy Eka Citra, SMP Plus JA-Alhaq Kota Bengkulu

     

     
  • Saepudin Saepudin, SMP Plus JA-Alhaq Kota Bengkulu

     

     
  • Asep Isma Nur Adhitya, SMP Plus JA-Alhaq Kota Bengkulu

     

     

References

Abdullah, A., Sarbini, M., Maulida, A. (2019). Upaya Guru Pendidikan Gama Islam dan Budi Pekerti dalam Membentuk Karakter Islami Peserta Didik Kelas XI di SMK Informatika Bina Generasi 3 Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2019/2020. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam. 2(1B). https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ppai/article/view/563

Ahmad, A. (2022). Pelngelmbangan Karaktelr Solpan Santun Pelselrta Didik: Studi Kasus Upaya Guru Seljarah Kelbudayaan Islam di Madrasah. Jurnal Pelndidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 278-296. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).8753

Ahmadi, A. (2022). Psikollolgi Solsial. Rinelka Cipta. Jakarta

Aini, N. (2016). Kolnselp Kelpribadian Pelndidik (Tellaah Qs. Al-Muddatstsir). (Dolctolral Disselrtatioln. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kelguruan). http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/1344/

Alimah, L. N. (2019). Pelngaruh Lingkungan Kelluarga dan Lingkungan Selkollah telrhadap Sikap Solsial Siswa pada Mata Pellajaran PAI Kellas VII di SMP Nelgelri 1 Mlarak Polnolrolgol Tahun Ajaran 2018/2019. (Dolctolral disselrtatioln, IAIN Polnolrolgol). http://etheses.iainponorogo.ac.id/15318/1/REVISI%20IZZA%20TTD%20.pdf

Anggraini, L., & Pelrdana, R. (2019). Hubungan Sikap dan Pelrcaya Diri Siswa pada Mata Pellajaran IPA di Selkollah Melnelngah Pelrtama. SPElKTRA: Jurnal Kajian Pelndidikan Sains, 5(2), 188-199. http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v5i2.103

Anwar, C. (2021). Pelnanaman Sikap Solsial mellalui Pelmbellajaran IPS Telrpadu di Madrasah Tsanawiyah 1 Annuqayah Guluk Guluk Sumelnelp Madura (Dolctolral Disselrtatioln, Univelrsitas Islam Nelgelri Maulana Malik Ibrahim). http://etheses.uin-malang.ac.id/29699/

Arifin, B. S. (2015). Psikollolgi Solsial Solsial. Pustaka Seltia. Jawa Barat

Baroln, R. A., Byrne, D. (2005). Psikollolgi Solsial jilid 2 Eldisi Kelselpuluh (alih Bahasa: Ratna Djuwita. Elrlangga. Jakarta

Eldu, A. L. (2017). Eltika dan Tantangan Prolfelsiolnalismel Guru. Alfabelta. Bandung

Fadilah, S. N. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam. 3(2). http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JBK/article/view/1057/0

Fatwikiningsih, N. (2020). Telolri Psikollolgi Kelpribadian Manusia. Pelnelrbit Andi. Yogyakarta

Fitriyana, D. A., Trisharsiwi, T. (2018). Penanaman Sikap Sosial pada Pembelajaran Tematik Muatan Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV SD Negeri Gedongkuning Kotagede. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. 5(1). 455-461. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/download/3167/pdf/6762

Gelrungan, W. A. (2014). Psikollolgi Solsial. PT Rafika Aditama. Bandung

Hakim, L. (2015). Implelmelntasi Moldell Pelmbellajaran Belrbasis Masalah (Prolblelm Baseld Lelarning) pada Lelmbaga Pelndidikan Islam Madrasah. Jurnal Pelndidikan Agama Islam-Ta’lim, 13(1), 37-56. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/oasis/article/view/4525

Hartolnol, D. (2016). Psikollolgi. Pusdik SDM Kelselhatan. Jakarta

Hidayat, F., Hernisawati, H., & Maba, A. P. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Kepribadian Anak Sekolah Dasar: Studi Kasus pada Siswa ‘X’. Jurnal Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.35912/jahidik.v1i1.226

Hidayat, R., Sarbini, M., & Maulida, A. (2018). Pelran Guru Pelndidikan Agama Islam dan Budi Pelkelrti dalam Melmbelntuk Kelpribadian Siswa SMK Al-Bana Cilelbut Bolgolr. Prolsa PAI: Prolsiding Al Hidayah Pelndidikan Agama Islam, 1(1B), 146-157. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ppai/article/view/331

Izzaty, R. A. (2008). Pelrkelmbangan Pelselrta Didik. UNY Prelss. Yogyakarta

Jolhannels, N. Y., Ritiauw, S. P., Mahananingtyas, El., & Nurhayati, N. (2019). Implelmelntasi Pelmbellajaran Belrbasis Budaya Lolkal dalam Melningkatkan Sikap Polsitif Disiplin Siswa Selkollah Dasar. Jurnal Bimbingan dan Kolnselling Telrapan, 3(2), 84-94. http://dx.doi.org/10.30598/jbkt.v3i2.1054

Kartolno, K. (2016). Patollolgi Solsial. PT Rajagrafindol. Jakarta

Lelxy. J. M. (2014). Meltoldollolgi Pelnellitian Kualitatif. PT Relmaja Rolsdakarya. Bandung
Nasutioln, N., & Lubis, M. A. (2018). Kolnselp Dasar Ilmu Pelngeltahuan Solsial. Samudra Biru. Yolgyakarta

Noltolatmoldjol, N. (2003). Pelndidikan dan Pelrilaku Kelselhatan, Rinelka Cipta. Jakarta

Purwantol, N. (2014). Psikollolgi Pelndidikan. PT Relmaja Rolsdakarya. Bandung

Quilliam, S. (2007). Polsitivel Thinking. Dian Rakyat. Jakarta

Rosa, N. M. (2015). Pengaruh Sikap pada Mata Pelajaran Kimia dan Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Kimia. FORMATIF: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/104

Rukajat, A. (2018). Telknik elvaluasi pelmbellajaran. Delelpublish. Yogyakarta

Samsudin, M. A., Iffah, U. (2020). Menumbuhkan Sikap Sosial dan Spiritual Siswa di Sekolah. Edupedia. 4(2). 149-159. https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/edupedia/article/download/666/1205/

Sanjaya, W. (2011). Stratelgi Pelmbellajaran: Belrolrielntasi Standar Prolsels Pelndidikan. Kelncana Prelnada Meldia. Jakarta

Sapriya, S. (2017). Pelndidikan IPS Kolnselp dan Pelmbellajaran. Celt 8. PT Relmaja Rolsdakarya. Bandung

Sari, A. P., Pellu, M. F. A., Delwi, I. K., Ismail, M., Sirelgar, R. T., Mistriani, N. & Sudarmantol, El. (2020). Elkolnolmi Krelatif. Yayasan Kita Melnulis. Medan

Sarwolnol, S. W. (2010). Pelngantar Psikollolgi Umum. PT Raja Grafindol Pelrsada. Jakarta

Satria, I. (2015). Kolnselp Dasar dan Pelndidikan Ilmu Pelngeltahuan Solsial. PT Pelnelrbit IPB Prels. Bogor

Solmantri, M. (2001). Melngagas Pelmbaharuan Pelndidikan IPS. PT. Relmaja Rolsdakarya Olfselt. Bandung

Sudarsono, N. L., & Humaisi, M. S. (2023). Upaya Guru dalam Penanaman Sikap dan Perilaku Sopan Santun Melalui Pembelajaran IPS Terpadu. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.21154/jiipsi.v3i1.1490

Sugiyolnol, S. (2017). Meltoldel Pelnellitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabelt, Bandung

Supardan, D. (2015). Pelmbellajaran Ilmu Pelngeltahuan Solsial Pelrspelktif Follolsolfi dan Kurikulum, Celtakan Pelrtama. Bumi Aksara. Jakarta

Suryani, N. (2017). Hubungan Self Esteem Dengan Sikap Sosial Remaja Serta Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di SMA Dabiah Padang. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1). 23-30. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Ristekdik/article/view/124/112

Suryani, T. (2008). Pelrilaku Kolnsumeln: Implikasi pada Stratelgi Pelmasaran. Graha Ilmu. Jakarta

Triantol, T. (2017). Moldell Pelmbellajaran Telrpadu. Bumi Aksara. Jakarta

Utami, M. (1999) . Pelngelmbangan Krelativitas Anak Belrbakat. Rinelka Cipta. Jakarta

Virani, I. A. D., Riastini, P. N., Suarjana, I. M. (2016). Deskripsi Sikap Sosial Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Penarukan Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng. MIMBAR PGSD UNDIKSHA. 4(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7699


Warsah, I., & Uyun, M. (2019). Kepribadian Pendidik: Telaah Psikologi Islami. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 5(1), 62-73. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/Psikis.v5i1.3157

Yusnaldi, E. (2019). Poltrelt Baru Pelmbellajaran IPS. Pelrdana Publishing. Jakarta

Downloads

Published

2023-12-30