Pengembangan Media Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPS Kelas V SD

Authors

  • Sinta Liana Universitas PGRI Silampari
  • Drajat Friansah Universitas PGRI Silampari
  • R. Angga Bagus Kusnanto Universitas PGRI Silampari

DOI:

https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i2.7121

Abstract

Tujuan penelitan ini untuk mengembangkan media pop up book berbasis kearifan lokal. Menguji kevalidan dan kepraktisan media pop up book berbasis kearifan lokal pada pembelajaran IPS kelas V SD Negeri 63 Rejang Lebong. Metode penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswai kelas V SD Negeri 63 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket. Hasil penelitian ini berdasarkan hasil validitas media pop up book berdasarkan penilaian ahli bahasa, materi dan media menunjukan bahwa media pop up book memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 0,80. Sedangkan dari analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa diperoleh bahwa media pop up book berbasis kerarifan lokal memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata 93,44%. Simpulan penelitina ini bahwa media pop up book berbasis kearifan lokal terbukti valid dan praktis pada pembelajaran IPS SD Negeri 63 Rejang Lebong.

 

Kata Kunci: Kearifan lokal, Media Pembelajaran, IPS, Pengembangan, Pop Up Book.

 

Author Biographies

  • Drajat Friansah, Universitas PGRI Silampari

     

       
  • R. Angga Bagus Kusnanto, Universitas PGRI Silampari

     

     

References

Abubakar, A. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta

Dian Apriliani, I. G. A., Husniati, H., & Sobri, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Keanekaragaman Budaya Sasambo pada Muatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1522–1533. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1525

Febriandi, R., Susanta, A., Wasidi, W. (2019). Validitas LKS Matematika dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Outdoor pada Materi Bangun Datar. JP3D: Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar. 2(2). 148-158. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/dikdas/article/view/10612

Gustami, G. (2023). Pengembangan Media Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Musi Rawas pada Tema 8 di SDN 1 Air Satan Musi Rawas. Diakses dari: http://e-theses.iaincurup.ac.id/4896/1/gabunganskripsigustami.pdf

Hamzah, H. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Riset and Development). Literasi Nusantara. Batu

Helaluddin, H. (2020). Penelitian dan Pengembangan Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik dalam Bidang Pendidikan. Media Madani. Banten

Lestari, F., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 394–405. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.628

Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475

Puspita, A. M. I., & Setyaningtyas, D. (2022). Pengembangan Media Pop-up Book Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Gotong Royong. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 915–922. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2907

Yanti, D. R. (2023). Pengembangan Media Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDS Muhammadiyah III Al- Hilal Tarakan. Perpustakaan UBT: Universitas Borneo Tarakan. https://repository.ubt.ac.id/index.php?p=show_detail&id=13848&keywords=

Downloads

Published

2023-12-30