Penerapan Model Pembelajaran Role Playing pada Materi Proklamasi Kemerdekaan untuk Mengukur Hasil Belajar IPS Kelas V SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar Materi Proklamasi Kemerdekaan Hasil Belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Kertosari setelah menggunakan Model Pembelajaran Role playing. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian pre-experimental one group pre-test post-test group. Subjek penelitian ini adalah 16 siswa kelas V di SD Negeri Kertosari. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji z. Hasil penelitian menunjukkan hasil pre-test memiliki nilai rata-rata sebesar 38,62 dan hasil post-test memiliki nilai rata-rata sebesar 73,87. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih besar daripada nilai rata-rata pre-test dengan selisih nilai sebesar 35,25. Setelah dihitung dengan menggunakan uji Z diperoleh nilai zhitung sebesar 2,39 yang dibandingkan dengan nilai ztabel dengan taraf signifikan 0,05 adalah 1,64. Jadi nilai zhitung > ztabel atau 2,39 > 1,64. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Kertosari setelah diterapkan model pembelajaran Role playing signifikan tuntas.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Role playing.
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta
Bera, L. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Role playing pada Mata Pelajaran IPS di SD Inpres Waioti. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10476–10483. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4088%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/4088/3430
Dewi, C., & Rohmanurmeta, F. M. (2019). Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar. UNIPMA PRESS (Anggota IKAPI), Universitas PGRI Madiun
Hidayati, H., & Pramoda Wardhani, D. A. (2022). Penerapan Metode Role playing untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 5 Jatiguwi. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 20-28. https://doi.org/10.33654/jpl.v17i1.1800
Jakni, J. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Alfabeta. Bandung
Rahmawati, D., Rahmawati, I., & Subekti, E. E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Role playing pada Mata Pelajaran IPS dalam Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas V SDN Mranggen 02. Seminar Nasional PGSD 2017 Tema “Menyiapkan Generasi Unggul melalui Pembelajaran Bermakna,” 2781–2791. https://prosiding.upgris.ac.id/index.php/SD2017/pgsd20172/paper/view/2365/2377
Riduwan, R. (2018). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Alfabeta. Bandung
Rukmaningsih., Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif Penelitian Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas. Erhaka Utama. Yogyakarta
Siregar, M. F. & Nugrahadi, E. W. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Jobsheet terhadap Hasil Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XII IS SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jurnal Akutansi dan Pembelajaran. 8(3), 167-176. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/karmapsi/article/download/16136/12590
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung
Copyright (c) 2023 Octa Ferdiansyah, Viktor Pandra, Armi Yuneti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.