Pengembangan Media Miniatur Berbasis Kontekstual pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN

  • Winda Sintia Putri Universitas PGRI Silampari
  • Leo Charli Universitas PGRI Silampari
  • Elya Rosalina Universitas PGRI Silampari

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah produk berupa media miniatur berbasis kontekstual pada pembelajaran IPS materi lingkungan sahabat kita yang valid dan praktis untuk dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli bahasa, ahli materi, ahli media dan angket kepraktisan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan analisis oleh ketiga ahli yaitu skor yang diperoleh ahli bahasa 0, 72, ahli media 0,66 dan ahli materi 0,79 rata-rata keseluruhannya 0,72 dengan kategori valid. Sedangkan hasil analisis lembar kepraktisan guru dan siswa memperoleh 0,84% dengan kategori sangat praktis. Sehingga media miniatur berbasis kontekstual memenuhi kriteria valid dan praktis serta dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Simpulan penelitian ini bahwa komik dapat dikatakan valid, hal ini ditunjukkan dari validasi ahli yang meliputi ahli media, bahasa, dan materi. Validator memberikan penilaian berupa revisi yang dilakukan oleh peneliti yang terdapat kritik dan saran pada penilaian komik

 

Kata Kunci: Media Miniatur, Model Pengembangan 4D, Pembelajaran IPS.

 

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

 

 
##submission.authorWithAffiliation##

 

 

Referensi

Aldian, G., Frima, A., & Egok, A. S. (2022). Development of Hand Doll Media on Science Learning Students of Class V Elementary School 6 Srikaton. Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(1), 161-176. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v10i1.16943

Anggara, B., Harmoko, H., & Kusnanto, R. A. B. (2022). Development of Interactive Video Media in the Thematic Learning of Class IV SD Negeri 56 Lubuklinggau. Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(1), 177-189. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v10i1.16944

Ardiani, R. L., Purnasari, N. (2020). Kajian Metode Discovery Learning dan Resitasi dalam Meningkatkan Minat belajar IPA Siswa SD. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam. 5(2). 83-101. https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/at-tarbawi/article/view/2562/1124

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Charli, L. Amin, A, & Agustina, D. (2018). Penerapan Model THINK PAIR SHARE pada Pembelajaran Fisika. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 1(2), 74-80. https://doi.org/10.31539/joeai.v1i2.396

Charli, L. Ariani, T & Asmara, L. (2019) Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Phsics Education Journal (SPEJ), 2(2), 55-60. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727

Dahlia, D. (2022). Pengembangan Media Miniatur Tiga Dimensi Terintegrasi Bahan-bahan Lokal pada Materi Lingkungan Alam dan Buatan di Kelas III SDN 92 Karetan. http://repository.iainpalopo.ac.id/5594/1/Skripsii%20DAHLIA%20UT%20REVISI%20FIX%20BANGET.pdf

Febriandi, R. (2019). Validitas Lembar Kerja Siswa Matematika dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Outdoor untuk Siswa Kelas IV SD Pada Materi Bangun Datar. JP3D: Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar. 2(2). 148-158 https://ejournal.unib.ac.id/index.php/dikdas/article/download/10612/5247

Helmawati, H. (2014). Pendidikan Keluarga. Remaja Rosdakarya. Bandung
Illahi, N. R., & Hariani, D. (2020). Validitas LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains pada Submateri Sistem Indera Kelas XI SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(1), 102-112. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n1.p102-112

Kurniawati, R., & Maulidya, L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Turbaya (Miniatur Budaya) Rumah Adat Tematik Tema 7 Indahnya Keragaman di Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 1(1), 69-76. https://doi.org/10.55732/jmpd.v1i1.2

Ningrum, C. M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Permainan Roda Jelajah Indonesia untuk Siswa Kelas V SDN Tugurejo 01 Kota Semarang. http://lib.unnes.ac.id/39277/1/1401416310.pdf

Oktavrianis, D. (2018). Pengembangan Media Miniatur Berbasis Kontekstual Pelajaran Matematika Materi Skala dan Pengukuran di Kelas V Sekolah Dasar. https://repository.unja.ac.id/7056/4/BAB%20I.pdf

Rahayu, A. B., & Wahyudi, W. (2022). Pengembangan Media Konvensional Miniatur pada Pembelajaran IPS Materi “Keragaman Budaya di Provinsi Jawa Timur” Kelas IV SD Islam Al Badar. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran), 5, 1142–1154. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2411

Riduwan, R. (2018). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta. Bandung

Setiani, A. Nuraeni, R. (2018). Riset Keperawatan. LovRinz Publishing. Cirebon

Setiyaningsih, I. (2019). Laporan Hasil Observasi dan Laporan Percobaan. PT Aksara Sinergi Media. Surakarta

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuaitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung

Suryani, N., Setiawan, A., Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. PT Remaja Rosdakarya. Bandung
Diterbitkan
2023-12-30
Abstrak viewed = 3 times
PDF (English) downloaded = 3 times