Pengembangan Media Miniatur Berbasis Kontekstual pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah produk berupa media miniatur berbasis kontekstual pada pembelajaran IPS materi lingkungan sahabat kita yang valid dan praktis untuk dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli bahasa, ahli materi, ahli media dan angket kepraktisan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan analisis oleh ketiga ahli yaitu skor yang diperoleh ahli bahasa 0, 72, ahli media 0,66 dan ahli materi 0,79 rata-rata keseluruhannya 0,72 dengan kategori valid. Sedangkan hasil analisis lembar kepraktisan guru dan siswa memperoleh 0,84% dengan kategori sangat praktis. Sehingga media miniatur berbasis kontekstual memenuhi kriteria valid dan praktis serta dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Simpulan penelitian ini bahwa komik dapat dikatakan valid, hal ini ditunjukkan dari validasi ahli yang meliputi ahli media, bahasa, dan materi. Validator memberikan penilaian berupa revisi yang dilakukan oleh peneliti yang terdapat kritik dan saran pada penilaian komik
Kata Kunci: Media Miniatur, Model Pengembangan 4D, Pembelajaran IPS.
References
Anggara, B., Harmoko, H., & Kusnanto, R. A. B. (2022). Development of Interactive Video Media in the Thematic Learning of Class IV SD Negeri 56 Lubuklinggau. Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(1), 177-189. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v10i1.16944
Ardiani, R. L., Purnasari, N. (2020). Kajian Metode Discovery Learning dan Resitasi dalam Meningkatkan Minat belajar IPA Siswa SD. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam. 5(2). 83-101. https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/at-tarbawi/article/view/2562/1124
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Charli, L. Amin, A, & Agustina, D. (2018). Penerapan Model THINK PAIR SHARE pada Pembelajaran Fisika. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 1(2), 74-80. https://doi.org/10.31539/joeai.v1i2.396
Charli, L. Ariani, T & Asmara, L. (2019) Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Phsics Education Journal (SPEJ), 2(2), 55-60. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727
Dahlia, D. (2022). Pengembangan Media Miniatur Tiga Dimensi Terintegrasi Bahan-bahan Lokal pada Materi Lingkungan Alam dan Buatan di Kelas III SDN 92 Karetan. http://repository.iainpalopo.ac.id/5594/1/Skripsii%20DAHLIA%20UT%20REVISI%20FIX%20BANGET.pdf
Febriandi, R. (2019). Validitas Lembar Kerja Siswa Matematika dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Outdoor untuk Siswa Kelas IV SD Pada Materi Bangun Datar. JP3D: Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar. 2(2). 148-158 https://ejournal.unib.ac.id/index.php/dikdas/article/download/10612/5247
Helmawati, H. (2014). Pendidikan Keluarga. Remaja Rosdakarya. Bandung
Illahi, N. R., & Hariani, D. (2020). Validitas LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains pada Submateri Sistem Indera Kelas XI SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(1), 102-112. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n1.p102-112
Kurniawati, R., & Maulidya, L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Turbaya (Miniatur Budaya) Rumah Adat Tematik Tema 7 Indahnya Keragaman di Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 1(1), 69-76. https://doi.org/10.55732/jmpd.v1i1.2
Ningrum, C. M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Permainan Roda Jelajah Indonesia untuk Siswa Kelas V SDN Tugurejo 01 Kota Semarang. http://lib.unnes.ac.id/39277/1/1401416310.pdf
Oktavrianis, D. (2018). Pengembangan Media Miniatur Berbasis Kontekstual Pelajaran Matematika Materi Skala dan Pengukuran di Kelas V Sekolah Dasar. https://repository.unja.ac.id/7056/4/BAB%20I.pdf
Rahayu, A. B., & Wahyudi, W. (2022). Pengembangan Media Konvensional Miniatur pada Pembelajaran IPS Materi “Keragaman Budaya di Provinsi Jawa Timur” Kelas IV SD Islam Al Badar. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran), 5, 1142–1154. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2411
Riduwan, R. (2018). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta. Bandung
Setiani, A. Nuraeni, R. (2018). Riset Keperawatan. LovRinz Publishing. Cirebon
Setiyaningsih, I. (2019). Laporan Hasil Observasi dan Laporan Percobaan. PT Aksara Sinergi Media. Surakarta
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuaitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung
Suryani, N., Setiawan, A., Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. PT Remaja Rosdakarya. Bandung
Copyright (c) 2023 Winda Sintia Putri, Leo Charli, Elya Rosalina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.